IPB dan ITS Membuka Dua Prodi S1 Baru : Bagaimana Prospek Kerjanya?

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Melalui kebijakan kampus merdeka, perguruan tinggi diberi otonomi untuk mendirikan program studi (prodi) baru.

Oleh karena itu, bermunculan prodi-prodi baru di banyak perguruan tinggi, terutama pada perguruan tinggi negeri, maupun swasta yang memiliki akreditasi A dan B.

Dari prodi baru yang bermunculan tersebut, ada dua prodi baru yang menarik, dari dua perguruan tinggi negeri yakni dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan dari Institut Teknologi Sepulus Nopember(ITS) Surabaya.

Baca Juga: Memahami Empat Penyebab Internet Lemot, Yang Sering Membuat Kita Emosi

Dari IPB ada prodi baru yang menarik dan langka di Indonesia yakni prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen. Sedangkan dari ITS muncul prodi baru yang menarik dan langka yakni prodi Teknologi Kedokteran.

Tulisan ini bermaksud memperkenalkan kedua prodi ini, terutama bagi lulusan SMA/MA/SMK maupun murid yang masih belajar. Siapa tau dari mereka ada yang berminat pada dua prodi tersebut.

  1. Prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen

Sejak tahun 2005, di IPB ada prodi Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Prodi ini telah berkembang menjadi prodi Gizi Masyarakat dan Sumberdaya keluarga (GMSK) dan berkembang lagi menjadi prodi Gizi Masyarakat yang menjadi cikal bakal prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen pada tahun 2022 ini.

Meskipun prodi GMSK dan prodi IKK menggunakan pendekatan yang berbeda namun misi keduanya sama yakni pengkaji perilaku keluarga dalam mengupayakan tingkat kesejahteraan keluarga.

Prodi IKK menggunakan pendekatan ilmu yang baru sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan untuk memahami bidang kajian keluarga dan konsumen. Mahasiswa akan mempelajari ilmu dasar seperti psikologi, sosiologi, komunikasi, manajemen dan ekonomi.

Baca Juga: Teknik Informatika ITS Jadi Jurusan Yang Banyak Diminati Mahasiswa

Mahasiswa juga mempelaari teori yang berhubungan dengan keluarga, perkembangan anak, konsumen dan ekonomi keluarga. Mereka diharapkan dapat megelola ketahanan keluarga, kualitas anak, ketangguhan konsumen secara mandiri dan kelompok.

Lulusan dari prodi IKK akan memiliki peluang kerja di beberapa sektor industri

  • Perusahaan jasa konsultan keluarga, tumbuh kembang anak dan pemberdayaan Wanita.
  • Pendidikan dan pengelola pendidikan anak usia dini dan usia sekolah.
  • Tenaga akademik dan peneliti di bidang keluarga, tumbuh kembang anak dan konsumen.
  • Spesialis riset pemasaran, konsumen dan penanganan pelayanan konsumen.
  • Pemerintah terutama dalam bidang pemberdayaan keluarga, konsumen dan tumbuh kembang anak.
  1. Prodi Teknologi Kedokteran

Tahun ini Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka program studi baru yaitu Teknologi Kedokteran untuk jenjang S1. Teknologi Kedokteran merupakan pengembangan dari prodi Teknik Biomedik.

Secara teknis prodi ini akan berada di bawah Departeman Teknik Biomedik. Prodi ini dibuka baik melalui jalur mandiri mapun jalur kemitraan dengan pihak lain.

Meskipun prodi Teknologi Kedokteran baru dibuka tahun 2022, namun sudah dicetuskan sejak 1984. Selain Teknologi Kedokteran, kedepan ITS juga akan memunculan prodi rumpun kesehatan lainnya.

Kepala Departemen Teknik Biomedik Dr. Achmad Arifin ST, MEng menjelaskan meskipun  prodi biomedik dan teknologi kedokteran ini serumpun namun keduanya berbeda.

“Teknik biomedik berada pada ranah riset, pengembangan dan pembuatan teknologinya. Sedangkan teknologi kedokteran berada pada ranah aplikasi teknologi yang dibuat tersebut”, jelas Achmad Arifin.

Foto: akupintar.id

Lebih lanjut Achmad menuturkan, karena pasih serumpun para murid SMA/MA/SMK yang meminati bidang elektronik dan kesehatan dapat mengikuti seleksi masuk prodi Teknologi Kedokteran.

Selanjutnya Achmad menggambarkan model perkuliahannya. Pada tahun pertama, kurikulum yang digunakan mirip dengan mahasiswa prodi Teknik Biomedik.

Kemudian pada tahun kedua dan seterusnya, mahasiswa akan difasilitasi untuk lebih banyak praktek langsung mengoperasikan tekonologi kesehatan bersama dokter.

Lulusan prodi teknologi kedokteran akan bekerja pada rumah sakit-rumah sakit modern. Mereka diandalkan untuk mengoperasikan teknologi kesehatan untuk merumuskan informasi tentang kondisi pasien..

Dengan informasi tersebut, lulusan teknologi kedokteran,  memasok informasi bagi  dokter, agar dokter dapat melakukan diagnosa dan memutuskan tindakan pengobatan yang efektif.

Baca Juga: Para Ketua OSIS SMA/MA, Rebut Peluang Masuk Tanpa Tes Di Enam Universitas Negeri Ini!

Rencananya pada angkatan pertama, prodi S1 Teknologi Kedokteran akan menerima 40 orang mahasiswa.

Ayo, Lulusan SMA/MA/SMK peminat Teknologi Kedokteran, masih terbuka kesempatan mendaftar, melalui jalur mandiri di ITS.

Itulah dua prodi baru, baik di IPB maupun di ITS. Mudah mudahan informasi ini bermanfaat baik bagi lulusan SMA/MA/SMK, maupun para murid yang masi belajar untuk merencanakan karir pasca sekolah menegah atas.

Foto: okezone.edukasi

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga: IPB Dan ITS Membuka Dua Prodi S1 Baru : Bagaimana Prospek Kerjanya? […]

trackback

[…] Baca Juga: IPB Dan ITS Membuka Dua Prodi S1 Baru : Bagaimana Prospek Kerjanya? […]