Mengenal kuliah di Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Apa Saja Keunggulannya?

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com- Saat ini, kita mendengar banyak orang yang berdebat apakah kuliah itu penting atau tidak. Hal ini lantaran banyak orang-orang sukses yang justru tidak berkuliah, sulitnya mencari pekerjaan sesuai dengan bidang perkuliahan, dan tingginya biaya yang harus dikeluarkan.

Hal ini spontan menimbulkan pemikiran, “Apakah kuliah itu penting?”. Pada prinsipnya kuliah itu penting karena dengan kuliah minimal seseorang memiliki pemikiran yang lebih terbuka.

Mereka lebih terbuka dengan ide dan solusi baru untuk memecahkan suatu masalah. Alhasil, hasil yang diberikan cukup bagus dan berisi hal-hal yang baru. Kemampuan inilah yang akan membantu seseorang ketika bekerja nanti.

Namun memilih kuliah dengan jurusan yang sesuai kebutuhan zaman tidak mudah. Salah satu jurusan yang menarik hari ini adalah kuliah pada jurusan perangkat lunak. Perkembangan perangkat lunak atau software sudah dimulai bahkan sejak terciptanya komputer elektronik.

Baca Juga: Pengajaran Di Era Teknologi Informasi

Perangkat lunak pertama kali digagas pada pertengahan tahun 1800-an oleh Charles Babbage. Namun, baru dikenalkan secara resmi kepada khalayak pada tahun 1935 oleh Alan Turing melalui esainya yang berjudul “Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung.”

Alan Turing yang merupakan seorang ahli matematika menjadi orang yang pertama kali mencetuskan bahwa komputer dapat menjalankan beragam program dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Selain itu, Pada tahun 1930, Alan Turing juga menjadi penemu dari mesin Turing yaitu sebuah alat yang dapat menjalankan serangkaian perintah.

Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris: software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer.

Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Program studi Perangkat Lunak memberikan pengetahuan tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat guna, tangguh, dan mudah digunakan.

Baca Juga: Social Engineering, Penipuan Berbasis Online

Tujuan dan juga fungsi yang pertama seorang mahasiswa  memilih kuliah perangkat lunak yaitu mempelajari rekayasa perangkat lunak ini agar kemudian mampu mengembangkan sebuah perangkat lunak yang berguna dan juga bermanfaat bagi usernya.

Sebuah perangkat lunak tentu saja tidak akan digunakan oleh user apabila tidak memiliki fungsi yang spesifik. Karena itu dengan mempelajari rekayasa perangkat lunak, akan membuat seseorang menjadi lebih paham mengenai pengembangan perangkat lunak yang fungsional.

Para mahasiswa dalam bidang ini akan mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis web/mobile.

Peningkatan sistem komputer dan banyaknya informasi menyebabkan diperlukannya ketersediaan perangkat lunak yang tangguh dalam mengintegrasikan keduanya. Selain itu, start-up dalam bisnis digital semakin bertumbuh dan berkembang yang menyebabkan terciptanya beragam model bisnis digital baru.

Baca Juga: 10 Faktor Penentu Sukses Ternyata Tak Terkait IQ Melainkan Soft Skill

Hal ini menyebabkan ide inovasi bisnis digital serta teknologi membutuhkan Software Engineer yang kreatif dan inovatif.

Tingginya peranan Software dan Software Engineer telah dibuktikan dalam penciptaan peluang bisnis baru and juga lapangan kerja sebagai Software Engineer yang terbuka lebar  Pada gilirannya lulusan jurusan ini dapat berkontribusi di berbagai sektor, seperti manufaktur, bank, konsultan, dan lainnya.

Lulusan jurusan ini juga dapat berprofesi sebagai ahli modeling dan desain, ahli programming dan pengembangan software, ahli pengelolaan basis data, ahli manajemen software, dan pelaku digital bisnis.

Program studi (prodi) RPL itu dirancang untuk menghasilkan lulusan yang dapat memahami dan menerapkan prinsip engineering.

Foto:kuliah.ferisulianta.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of