Bagaimana Membuat Orang Nyaman untuk Bekerja Sama Dengan Kita?

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com- Jika harus berada bersama beberapa orang dalam suatu waktu, apalagi karena terlibat dalam sebuah kerja tim, kita selalu berharap bisa nyaman berada di tim tersebut. Karena kenyamanan tersebut dapat membuat kita maksimal berkontribusi dan prduktif.

Sadar atau tidak, kenyamanan tersebut muncul dari perilaku tertentu, yang dengan konsisten dipraktekan oleh pribadi tertentu yang kemudian menjadi cici dari pribadi tersebut.

Orang selalu berharap berada satu tim dengan pribadi ini, karena akan ada suasana nyaman dan produktif dari tim, berkat kehadiran orang tersebut.

Baca Juga: Sikap Dan Perilaku Positif, Produktif, Dan Kontributif

Ciri kepribadian tersebut sebetulnya bisa dipelajari dan dipraktekan oleh semua orang, untuk mengupayakan kehidupan bersama yang produktif dan menumbuhkan.

Artikel ini membahas 5 perilaku, yang dapat membuat orang nyaman ketika harus terlibat pada sebuah tim.

  1. Senantiasa menjadi pendengar yang baik

Saat orang berbicara, hendaknya kita mendengarkan dengan penuh perhatian. Tidak mudah menyela atau bahkan langsung menghakimi.

Kebiasaan ini tidak hanya membuat Eduers dapat memahami dengan baik jalan pikiran penutur, sehingga dapat membuat respon yang sesuai dengan kebutuhan, tetapi membuat penutur merasa diperhatikan dan diterima.

Ini menimbulkan rasa nyaman dan membuat penutur dapat lebih leluasa mengungkapkan diri. Ini adalah awal dari produktivitas kelompok tersebut. Dalam kerja tim yang produktif, mendengarkan adalah hal yang sangat penting untuk diupayakan.

  1. Tahu cara menjaga batas dalam berbasa-basi

Dalam tim, kita perlu berbasa-basi namun basa-basi tersebut tidak menyebabkan orang lain tersinggung. Ruang pribadi tiap orang harus dihargai. Masing-masing orang dapat menjaga Batasan untuk tidak menyinggung hal-hal yang bersifat pribadi.

Misalnya, kepada anggota tim yang belum mempunyai anak padahal  telah menikah sekian lama, jangan ditanyaka kapan punya anak. Atau pertanyaan seperti, kapan beli rumah pada pasangan yang masih mengontrak.

  1. Tidak menjadi orang yang paling sok tahu

Ketika diskusi dan Eduers tidak paham topik diskusi dengan baik, sebaknya Eduers tidak lantas pura-pura tahu topik tersebut. Eduers perlu lebih jujur, sehingga orang lain dalam tim, dapat lebih leluasa dan nyaman dalam berbagi.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kerjasama Dari Anak

Itulah salah satu makna kerja tim. Dalam kerja tim, sinergi dapat terjadi jika kita jujur soal keterbatasan kita. Kejujuran tersebut membuka ruang untuk saling mengisi.

  1. Mempunyai empati yang tinggi

Masalah dan situasi orang, berpengaruh ketika orang berinteraksi dengan kelompoknya. Hal tersebut kelihatan dari pilihan kata dan cara menuturkan kata tersebut, yang juga disertai perasaan-perasaan tertentu.

Situasinya akan jadi lebih positif jika Eduers menunjukkan pemahaman pada apa yang dia pikirkan dan memiliki empati pada situasi dan perasaan yang muncul ketika, pikiran tersebut dia ungkap.

Empati terhadap apa yang dirasakan memberi ruang pada orang lain, untuk menjadi apa adanya, orang jadi tidak takut dihakimi. Ini akan menjadi ruang yang sangat kondisif untuk bertumbuh.

  1. Tampil percaya diri

Tidak ada manusia yang sempurna. Semua orang memiliki kelebihan namun juga memiliki kekurangan. Hal yang menumbuhkan kita adalah kita menerima kekurangan kita dan fokus pada upaya untuk mengembangkan kelebihan kita.

Kekurangan kita tidak jadi alasan untuk rendah diri. Ini membuat Eduers lebih memancarkan aura positif dan keberadaanmu membuat orang lain nyaman dan kerja sama akan menjadi peristiwa yang berkesan dan menumbuhkan.

Itulah lima hal yang dapat dipelajari dan dilatih dalam rangka membuat orang nyaman bekerja sama dengan dengan kita. Pada saat yang sama, kehadiran kita dapat menjadi berkat karena kita sedang saling menumbuhkan satu sama lain.

Foto:erekrut.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of