Peran Bimbingan Karir di Sekolah dalam Memperkenalkan Profesi-profesi pada Peserta Didik

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Ada banyak profesi terbaru saat ini. Profesi terdahulu ada yang hilang dan ada yang dapat bertahan. Menurut KBBI profesi adalah adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan dan sebagainya) tertentu.

Bicara mengenai profesi, kita seperti dibawa kembali mengenai pertanyaan yang selalu diajukan orang dewasa pada kita, ketika kita masih kecil “kalau sudah besar mau menjadi apa?” atau “cita-citanya apa?” demikian pertanyaan orang dewasa.

Saya sendiri sering menjawab ingin menjadi dokter karena kakak saya pun setiap kali ditanya, selalu memberikan jawaban ingin menjadi dokter. Tetapi kalau dilihat dengan kondisi saat ini, kakak saya bukan berprofesi sebagai dokter tetapi berprofesi sebagai internal audit di sebuah perusahaan swasta.

Sedangkan saya, berprofesi sebagai guru di sebuah sekolah negeri. Hal itu terjadi karena ketidaktahuan saya tentang profesi apa yang akan saya tekuni saat saya mulai berkarir.

Profesi yang akan digeluti peserta didik merupakan salah satu bagian penting dalam bidang layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Bidang layanan bimbingan dan Konseling tersebut adalah bidang layanan Bimbingan karir.

Baca Juga : Profesi Baru Ini Perlu Diketahui Oleh Orang Tua Dan Konselor Sekolah

Pada Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 dikatakan bimbingan dan konseling karir merupakan proses pemberian bantuan konselor atau guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik/ konseli untuk mengalami pertumbuhan, perkembangan, eksplorasi, aspirasi dan pengambilan keputusan karir sepanjang rentang hidupnya secara rasional dan realistis.

Proses tersebut dilakukan berdasar informasi potensi diri dan kesempatan yang tersedia di lingkungan hidupnya sehingga murid menemukan karirnya, menekuni karir tersebut, hingga mencapai kesuksesan dalam karir dan kehidupannya.

Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 juga memaparkan tujuan Bimbingan dan konseling karir adalah menfasilitasi perkembangan, eksplorasi, aspirasi dan pengambilan keputusan karir sepanjang rentang hidup peserta didik/konseli.

Peserta didik diharapkan akan memiliki pemahaman diri mengenai kemampuan, minat dan kepribadian yang terkait dengan pekerjaan; peserta didik diharapkan dapat memiliki pengetahuan mengenai dunia kerja dan informasi karir yang menunjang kematangan kompetensi karir yang dipilihnya.

Selain itu, peserta didik juga diharapkan memiliki sikap positif terhadap dunia kerja, memahami relevansi kemampuan menguasai pelajaran dengan persyaratan keahlian atau keterampilan bidang pekerjaan yang menjadi cita-cita karirnya masa depan.

Baca Juga : Aku Tahu Apa Yang Kumau

Melalui bimbingan dan konseling karir juga diharapkan, peserta didik memiliki kemampuan untuk membentuk identitas karir, dengan cara mengenali ciri-ciri pekerjaan, persyaratan kemampuan yang dituntut, lingkungan sosiopsikologis pekerjaan, prospek kerja, dan kesejahteraan kerja.

Selanjutnya melalui bimbingan karir peserta didik, mampu merencanakan masa depan secara rasional untuk memperoleh peran-peran yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan kondisi kehidupan sosial ekonomi.

Peserta didik dapat memiliki kemampuan atau kematangan untuk mengambil keputusan karir tidak dapat dipisahkan dari layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah baik mulai usia dini sampai jenjang pendidikan tinggi.

Oleh sebab itu sebagai guru Bimbingan dan Konseling kita harus memiliki metode atau konsep dalam memberikan informasi terkait profesi kepada peserta didik.  Ada satu konsep yang dapat diterapkan, yaitu siswa terlebih dahulu membayangkan mengenai profesi apa yang akan di tekuni kelak.

Setelah menemukan profesi yang akan ditekuni yang sesuai dengan bakat-minat, kelemahan-kelebihan dalam dirinya, kita dapat mengarahkan peserta didik untuk menemukan jurusan yang tepat untuk profesi tersebut. Lalu terakhir menentukan perguruan tinggi untuk mencapai profesi tersebut.

Foto:ainamulyana.blogspot.com

Penulis adalah guru Bimbingan dan Konseling di SMAN 5 Tangerang Selatan

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of