Relasi Antar Alumni adalah Aset yang Luar Biasa

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Dalam sebuah seminar Bimbingan dan Konseling yang diselengarakan di Sekolah Santa Maria Jakarta dua tahun lalu, telah terbentuk Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma untuk wilayah Jabodetabek. Terpilih sebagai ketua adalah Juniar, alumni angkatan tahun 1990. Pembentukan Ikatan alumni wilayah Jabodetabek ini merupakan langkah awal dari upaya memenuhi harapan yang secara khusus diungkapkan oleh Dr. Gendon Barus, Kaprodi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, bagi terbentuknya Ikatan Alumni di seluruh wilayah Indonesia. Demikian dinyatakan oleh Aegidius Sunusmo, ketua Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma.

Menyusul pembentukan di wilayah Jabodetabek, tengah berlangsung proses serupa untuk wilayah Jawa Timur, bahkan Kalimantan (Samarinda dan sekitarnya). “Diharapkan, ikatan alumni dapat menjadi sarana bagi para alumni untuk saling bersinergi untuk pengembangan karier, maupun untuk memberikan kontribusi bagi almamater”, jelas alumni BK angkatan 1995 ini.

Pernyataan ini disampaikan dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni wilayah Jabodetabek, Minggu 15 Juli 2018, di Restoran D”Munik, Matraman, Jakarta Timur. Pertemuan tersebut dihadiri oleh alumni angkatan tahun1988 hingga tahun 2103.

Dalam diskusi lebih lanjut, para alumni yang hadir sepakat bahwa memiliki banyak relasi dan terus membina relasi antar alumni adalah aset yang luar biasa dan sangat diperlukan. Karena sebagai profesi, Bimbingan dan Konseling sangat memerlukan sinergi, tidak hanya antar alumni, tetapi juga sinergi dengan profesi yang lain. Oleh karena itu, organisasi seperti ini sangat dibutuhkan oleh para alumni.

Di samping itu, para alumni pun sepakat bahwa profesi guru Bimbingan dan Konseling sangat dibutuhkan di sekolah, meskipun mereka menyadari bahwa problem yang dihadapi pun sangat banyak. Oleh karena itu, Program Studi Bimbingan dan Konseling Sanata Dharma perlu terus membaharui kurikulumnya, agar lulusan tetap relevan dengan kebutuhan di lapangan. Pertemuan lanjutan akan diselenggarakan pada bulan September yang akan datang di Sekolah Stella Maris Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan. Para alumni Jabodetabek diharapkan menghadiri pertemuan tersebut, berdiskusi dan berbagi informasi. (Sipri Peren)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of