Ini Cara Memilih Sekolah untuk Anak, Pendaftaran Murid Baru di Sekolah Swasta Sudah Dibuka

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Tahun ajaran 2021/2022 baru berjalan dua bulan, namun saat ini sekolah-sekolah swasta sudah mulai membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2022/2023. Orang tua murid yang memiliki anak usia 4 tahun, atau anak TK B, anak SD kelas VI, atau SMP kelas IX, sudah harus mencari sekolah untuk anak. Saat ini tersedia banyak sekolah dengan diferensiasi dan fasilitas yang sangat beragam.

Oleh karena itu, mencari sekolah yang cocok untuk anak bukan hal yang mudah. Artikel ini bermaksud memandu Eduers dalam memlih sekolah untuk anak. Selamat Membaca.

Ada berbagai cara melacak dan menyimpulkan mutu sebuah sekolah. Cara yang umumnya dilakukan adalah melihat hasil akreditasinya. Apakah sekolah tersebut tidak terakreditasi atau belum terakreditasi? Berikut hasil akreditasinya. Sekolah dengan hasil akreditasi A harusnya bermutu baik.

Namun cara ini banyak kali tidak akurat dalam menggambarkan mutu sebuah sekolah yang sesungguhnya, mengingat berbagai kelemahan yang melekat pada proses akreditasi itu sendiri. Di antaranya waktu akreditasi terlalu pendek untuk memotret dan menyimpulkan proses yang dilakukan sekolah tersebut.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah melacak media sosial sekolah tersebut. Lihat kegiatan sekolah tersebut. Kegiatan-kegiatan sekolah akan cukup menggambarkan program pengembangan yang disusun sekolah untuk pengembangan diri murid dan guru. Namun media sosial cenderung menggambarkan mutu sekolah menurut versi sekolah tersebut.

Baca Juga: Harvard University, Tolak Calon Mahasiswa Karena Komentar Rasis Di Media Sosial

Berita dari media online juga dapat memberi gambaran tidak hanya tentang kegiatan sekolah tersebut, tetapi juga permasalahan yang dihadapi oleh sekolah tersebut. Dari sana dapat disimpulkan mutu dari sekolah tersebut.

Pada saat melihat berita tentang sekolah di media online, jangan lupa lihat fitur komentar pada berita tersebut. Komentar oleh pembaca dapat memberi gambaran lebih sesungguhnya tentang berita terkait sekolah tersebut.

Selain itu, materi yang sudah diperoleh pada proses sebelumnya, dijadikan bekal  menyusun pertanyaan untuk diajukan ketika mengunjungi sekolah. Orang tua perlu melengkapi informasi sebelum mengambil keputusan dengan mengunjungi sekolah tersebut.

Pada saat berkunjung, lihatlah bagaimana guru berinteraksi dengan murid-murid. Jangan lupa lihat kebersihan toilet. Selain itu, lihat juga kantin sekolahnya, makanan yang disediakan di kantin tersebut. Apakah makanan yang tersedia adalah makanan yang sehat?

Setelah mengunjungi sekolah, jika dirasa masih kurang, bisa juga bertanya pada orang tua yang sudah lebih dahulu menyekolahkan anaknya pada calon sekolah untuk anak eduers.

Baca Juga: Dalam PPDB, Bagaimana Pemerintah Memproteksi SMA Swasta Bagi Masyarakat Kelas Menengah?

Sebagai calon orang tua, hal yang perlu digali pada saat bertanya, seperti bagaimana sekolah menerima masukan? Apakah sekolah bersikap defensif atau reaktif terhadap masukan? Termasuk apakah sekolah secara proaktif, rutin mencari masukan dan meminta evaluasi, misalnya melalui angket?

Dan yang paling penting, terhadap masukan dan angket tersebut adalah apa tindak lanjut dari sekolah setelah itu. Apakah sekolah segera menindaklanjuti setelah masukan tersebut diterima atau tidak ada tindak lanjutnya?

Jika sekolah memiliki sikap yang tepat terhadap masukan, bahkan secara proaktif meminta masukan atau evaluasi melalui angkaet, dan segera melakukan tindak lanjut, maka Eduers boleh yakin bahwa calon sekolah anak  adalah sekolah yang baik.

Setelah mempertimbangkan berbagai informasi  tersebut, Eduers baru menentukan pilihan. Pilihlah sekolah yang program dan suasananya menunjang pertumbuhan anak.

Jangan sampai salah memilih sekolah. Jika salah pilih, dapat menginterupsi pertumbuhan anak. Padahal setiap tahap pertumbuhan menjadi landasan pertumbuhan pada tahap berikutnya. Akhirnya, selamat memilih

Foto: m.lampost.co

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of