Memasuki Usia 4 Tahun, Depoedu.com Terus Menginspirasi Guru dan Orang Tua untuk Mendidik Lebih Baik

Event
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Tanpa disadari, hari ini, Rabu 28 Juli 2021, Depoedu.com memasuki usia 4 tahun. Ibarat perkembangan manusia, pada usia 4 tahun, anak mulai memasuki awal masa prasekolah.

Pada usia tersebut, anak masih sangat rentan dalam pertumbuhannya tetapi sudah melewati salah satu masa krisis yang penting. Anak sudah punya daya tahan lebih baik tapi masih tetap rentan dari segi kesehatan fisik.

Ibarat perkembangan anak, pada usia 4 tahun, anak memasuki masa prasekolah. Anak mulai berkenalan dengan lingkungan yang lebih luas, dan mulai berhadapan dengan aturan sosial, mulai belajar menyesuaikan diri.

Pada usia prasekolah, apalagi prasekolah awal, anak dilatih untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan sosial, karena pada usia 6 hingga 7 tahun, anak memasuki usia sekolah.

Pada saat memasukki sekolah, anak harus dapat beradaptasi terhadap tuntutan sosial karena di usia sekolah, kemampuan adaptasi sangat penting dimiliki agar anak mengalami pertumbuhan di sekolah.

Sistem prasekolah berbeda dengan sistem sekolah. Pada sistem sekolah, jika anak gagal melakukan adaptasi, anak dapat dikenai pinalti seperti misalnya tidak naik kelas.

Baca Juga : Guru Honorer Wajib Baca Ini; Informasi Tentang Pendaftaran PPPK

Ibarat perkembangan seorang anak pada usia 4 tahun ini, Depoedu.com berada pada tahap ini. Sekarang kekurangannya mungkin masih dipahami orang.

Namun latihan ke arah kemandirian tetap harus dijalani dengan sebaik-baiknya, karena masa di mana Depoedu dipahami itu akan berakhir. Masa baru akan menjelang di mana kemampuan adaptasi diperlukan agar anak tidak terkena pinalti.

Pesannya adalah, dalam periode dua tahun kedepan, Depoedu.com harus mampu meletakkan dasar-dasar untuk kemandirian sebagai media. Karena pada usia 7 tahun Depoedu.com dan Eposdigi.com harus menunjukkan kemandirian dan kemampuan adaptasinya.

Apa pesan dari ibarat ini?

Pesan dari ibarat ini adalah jika sekarang para pekerja termasuk para penulisnya memahami dan rela tidak dibayar, paling tidak dua tahun ke depan, situasi ini harus diakhiri.

Untuk mengakhiri ini, diperlukan keseriusan, kerja sama, dan sinergi, para pengelola agar peletakan dasar ke arah kemandirian operasional dapat terjadi.

Sebagai portal, kuncinya adalah naikkan mutu tulisannya, tulisannya harus lebih inspiratif, lebih bermutu informasi beserta datanya, lebih menarik penyajian tulisannya, lebih aktual isuenya, serta lebih menyangkut kepentingan umum.

Baca Juga : Empat Aplikasi Ini Dapat Mengambil Alih Pekerjaan Guru Bahasa Inggris?

Di samping itu, para pengelolanya harus lebih aktif memperkenalkan Depoedu.com dan Eposdigi.com agar dibaca lebih banyak orang. Pada zaman media sosial ini, harusnya hal tidak sulit dilakukan para pengelolanya.

Caraya, para pengelolanya bersedia menggunakan media sosialnya untuk mempromosikan Depoedu.com dan Eposdigi.com dengan men-share link dari dua portal ini dan menggalang diskusi di portal ini pada kolom komentar.

Ini semua hanya dapat terwujud jika para pengelola bersedia bekerja lebih keras lagi, bekerja lebih cerdas lagi. Di samping itu, harus berani merealisasikan rencana terkait me-launching portal baru dan memasuki platform baru seperti versi audio visual.

Langkah-langkah ini harus dilakukan intensif di dua tahun ke depan hingga kita memasuki ulang tahun ke-7. Kita juga berharap ada dana untuk melakukan prommosi melalui media. Promosi untuk memperkenalkan diri pada para pembaca baru.

Pengalaman dan capaian di usia ke-4

Meskipun usia 4 tahun ibarat usia kanak-kanak awal, tapi beberapa capaian cukup membuat kita optimis, misalnya setiap hari kita terus terbit menjumpai pembaca bahkan tanpa jeda dengan kualitas tulisan yang terus meningkat.

Di antara tulisan-tulisan tersebut, dibaca hingga 20.029 ribu – 22.607 ribu pembaca. Ini informasi yang menggembirakan di tengah-tengah menurunnya budaya membaca karena maraknya budaya menonton.

Baca Juga : Banyak Guru ASN Dapat Kehilangan Pekerjaan Jika Tidak Mampu Beradaptasi

Dari segi manfaat, tulisan pada Depoedu.com dan Eposdigi.com dijadikan bahan diskusi baik di antara guru dan orang tua murid.

Capaian lainnya, hingga kini, jumlah penulis baru yang bergabung terus bertambah dari berbagai daerah mulai dari Jawa Tengah, Malang, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, Bengkulu, Lampung, Palembang, Manggarai, Flores Timur, Papua Barat, selain penulis aktif disekitar Jabodetabek.

Tak hanya itu, capaian lain yang perlu dicatat adalah bersama dengan ulang tahun ke-4 Depoedu.com dan Eposdigi.com me-launching channel baru dengan platform baru versi audio visual.

Kita berharap capaian baru terus diraih sehingga Depoedu.com dapat berkontribusi lebih konstruktif dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

Beberapa rencana akan direalisasikan, seperti menyelenggarakan webinar untuk guru, kepala sekolahS dan orang tua. Juga mensponsori studi banding bagi guru-guru untuk belajar di sekolah-sekolah bagus di Jawa.

Akhirnya Depeodu.com dan Eposdigi.com telah menjadi media kita bersama. Maka pada perayaan ulang tahun ke-4 ini, kami menyampaikan terimakasih untuk para pembaca dan para penulis di seluruh tanah air atas dukungan yang sangat berharga selama ini.

Melalui Depoedu.com, mari kita terus menginspirasi insan pendidikan di tanah air, untuk mendidik lebih baik.

Foto : rosediana.net

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of