Mengejar Program Beasiswa Unggulan 2020

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Dalam dunia pendidikan beasiswa sering diberikan kepada pelajar atau mahasiswa berprestasi.

Ada pula beasiswa yang diberikan untuk memberikan apresiasi terhadap pelajar yang berprestasi tetapi kurang mampu dalam bidang ekonomi untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi.

Beasiswa merupakan bantuan biaya sehingga seorang pelajar bisa mengikuti kegiatan belajar dengan biaya yang lebih ringan.

Karena bersifat bantuan, besaran beasiswa yang diberikan ke penerima berbeda-beda, dapat berupa beasiswa penuh (full scholarship), beasiswa sebagian (partial scholarship) atau bantuan fasilitas tertentu saja yang menunjang pembelajaran.

Baca Juga : Billy Mambrasar Pemuda Papua Pertama Yang Menjadi Mahasiswa Harvard University

Pemberian beasiswa tentunya memiliki tujuan .  Tujuan diantaranya: Untuk membantu para pelajar atau mahasiswa supaya dapat mencari ilmu yang sesuai dengan bidang yang hendak dikuasai, yang paling utama bagi yang memiliki masalah dalam pembiayaan.

Selanjutnya  Membuat pemerataan suatu ilmu pengetahuan atau pendidikan terhadap masing-masing orang yang memerlukan. Serta membuat generasi baru yang lebih cerdas dan pintar.

Karena dengan adanya bantuan beasiswa ini maka seseorang terutama kaum muda dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga : Anda Membutuhkan Beasiswa Namun Tidak Tahu Di Mana Mencarinya?

Untuk mendapatkan sebuah beasiswa, pada umumnya calon penerima diharuskan mengikuti serangkaian tes dan seleksi yang diikuti oleh ratusan bahkan ribuan pemburu beasiswa lainnya.

Kalau berhasil lolos dalam seleksi tersebut, bisa jadi kebanggan tersendiri  bagi mahasiswa. Dan kalau beasiswanya benar-benar prestisius, akan sangat bagus  dicantumkan sebagai portofolio.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali membuka Program Beasiswa Unggulan 2020.

Pendaftaran beasiswa ini dilakukan secara online melalui laman beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id pada 21 September-3 Oktober 2020.

Baca Juga : Empat Strategi Mendapat Beasiswa Luar Negeri

Melansir situs resmi, program yang diberikan pemerintah ini bertujuan mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan, baik jalur gelar maupun non-gelar.

Beasiswa unggulan ini terbagi menjadi dua, yaitu beasiswa masyarakat berprestasi dan beasiswa pegawai kemendikbud. Pertama  Beasiswa masyarakat berprestasi yaitu program beasiswa unggulan masyarakat berprestasi dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral.

Beasiswa ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang telah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar.

Persyaratan umunya untuk beasiswa ini memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi tingkat internasional dan/atau nasional.

Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain Diterima pada perguruan tinggi terakreditasi.

Baca Juga : Tips & Trik Meraih Beasiswa Demi Mengejar Cita-Cita Dan Kuliah Bebas Biaya

Surat pernyataan lolos perguruan tinggi tujuan atau LoA Unconditional harus tanpa syarat tambahan, di mana bagi mahasiswa on-going (sudah mulai kuliah maksimal semester 2 saat mendaftar), dapat menggantinya dengan surat keterangan aktif yang dikeluarkan kampus.

Adapun perguruan tinggi tujuan minimal terakreditasi B dalam daftar Kemdikbud, yang dapat diakses melalui laman https:/ban-pt.ristekdikti.go.id/direktori/institusi/pencarian_institusi. Informasi lengkapnya dapat diakses di sini.

Kedua Beasiswa pegawai Kemendikbud Beasiswa ini diberikan kepada PNS di lingkungan Kemendikbud, guna melanjutkan studi Magister atau Doktor di dalam atau luar negeri dengan mekanisme tugas belajar.

Baca Juga : Mahasiswa Di 9 PTN, Raih Peluang Beasiswa Dari Tanoto Foundation

Program ini dapat dilaksanakan secara individu yang diusulkan oleh unit utama atau bersifat kolektif berdasarkan kebutuhan Kemendikbud.

Ditegaskan bahwa beasiswa ini tak bisa diikuti oleh pegawai pelajar on-going. Mengingat nilai beasiswa ini terbilang sangat besar, maka sangat wajar jika pemerintah akan menerapkan sejumlah persyaratan yang cukup ketat.

Kesempatan seperti ini harus dimiliki oleh mahaiswa  yang tepat, yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi orang lain di masa yang akan datang.

Baca Juga : Peluang Murid SMA Untuk Belajar Di Jepang Dengan Beasiswa Penuh

Pemikiran seperti inilah yang membuat pihak penyelenggara yaitu pemerintah juga sangat berhati-hati untuk melakukan seleksi dan memilih hanya kandidat terbaik untuk menerima fasilitas tersebut.

Jika melihat kenyataan ini, maka bisa dipastikan bahwa setiap calon penerima beasiswa  akan memiliki sejumlah saingan yang cukup banyak dalam pengajuan beasiswa tersebut.

Namun jangan berkecil hati, sebab jika calon  mempersiapkannya sejak awal, maka peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa tersebut tentu akan cukup besar.

Pastikan setiap calon  memiliki motivasi yang kuat untuk melanjutkan kuliah ini, sehingga niat untuk mendapatkan beasiswa ini juga akan semakin besar.

Baca Juga : Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Secara Virtual Yang Bermakna

Upayakan sejak awal, agar setiap proses yang calon  lakukan untuk seleksi nanti dapat berjalan dengan lancar dan meraih beasiswa. Selamat menjalani proses.

Foto : riauonline.co.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of