Durian Termahal di Dunia, Harga satu Biji Setara Harga Pajero Sport Terbaru

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Musim panen durian datang lagi. Berbagai jenis durian membanjiri pasar dengan harga yang bermacam-macam. Bagi penggemar durian yang berduit, harga mahal seringkali tidak jadi masalah.

Pada musim durian tahun lalu, satu biji buah durian jenis J-Queen di sebuah supermarket di Tasikmalaya, Jawa Barat, terjual dengan harga 14 juta rupiah. J-Queen merupakan durian varietas lokal yang dikembangkan oleh petani Banyumas, Jawa Tengah.

Durian jenis ini berbuah tiga tahun sekali. Ketika dimakan, rasanya manis dan gurih. Aroma wanginya menempel dan tidak mudah hilang di lidah dan tenggorokan, meski sudah ditelan. Sensasi inilah yang membuat para penggemar durian berani merogoh kocek untuk membayar mahal untuk se-biji buah durian J-Queen.

Namun harga durian J-Queen belum seberapa jika dibandingkan dengan durian yang satu ini. Baru-baru ini, di Thailand, dalam sebuah lelang di Nonthaburi, durian jenis Kanyao sebiji terjual seharga 1,5 juta Baht. Dibeli oleh pengusaha lokal kaya raya.

Jika di-kurs, 1,5 juta Baht hampir setara dengan Rp 681 juta. Harga ini hampir setara dengan harga mobil Pajero Sport Dakkar 4×4 WD keluaran tahun 2020, senilai Rp 700 juta.

Harga durian Kanyao tahun ini separuh lebih tinggi, mengalahkan rekor lelang tahun lalu, seharga 100 ribu Baht atau setara Rp 362 juta, pada festival King of Durian tahun 2019.

Okezone.com, mengutip Asiaone, menyatakan bahwa harga durian menjadi semahal ini karena bentuk, berat, dan kematangan yang sempurna. Durian Kanyao dianggap terbaik karena rasanya yang  manis serta teksturnya yang lembut.

Durian Kanyao sempat tidak ada di pasar selama beberapa tahun karena banjir besar yang melanda Thailand beberapa tahun lalu.

Durian Kanyao kemudian ditanam kembali oleh Maliwan Han Chai Tai di kebun Pa Toi Lung Ma. Ia terkejut, durian dari kebunnya bisa dijual semahal itu. Tadinya ia berpikir, dijual 1 juta Baht saja ia sudah senang.

Ia berharap pembelinya dapat menikmati durian Kanyao yang ia tanam. Ia yakin, durian jenis ini memang paling enak di dunia. Ia berjanji akan terus menanamnya.

Hasil lelang tahun ini sebesar 4,5 juta Baht, akan dibagikan oleh Maliwan Han Chai Tai kepada para petani. Ia pun berencana menyumbangkan sebagian dari hasil penjualannya pada yayasan lokal untuk membeli peralatan medis rumah sakit. (Foto: lifestyle.okezon.com)

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments