Coronavirus Yang Menginfeksi Akal Sehat

DEPO Peduli
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Novel Corona Virus memang belum bisa dibendung. Hingga hari ini virus penyebab pneumonia akut ini telah menginfeksi 7.711 orang di 18 negara di dunia. Virus Corona 2019-nCoV   telah merenggut 170 jiwa (cnbcindonesia.com 30/01/2020).

Dari penyebaran dan kecepatan virus ini menginfeksi jelas mengkhawatirkan. Namun yang lebih mencemaskan adalah ternyata virus corona juga telah menginfeksi akal sehat banyak orang.  Virus ini ternyata menyerang dan membunuh nurani dan kemampuan berpikir banyak orang.

Sebagian orang menjadi begitu mudah memproduksi informasi diluar akal sehat, dan sayangnya hal itu kemudian disebar oleh tidak sedikit orang. Entah apapun motifnya, banyak hal ini memang tidak bisa diterima nalar.

Berikut beberapa informasi nirnalar tentang coronavirus yang kami sarikan dari berbagai media online.

Virus Corona “beragama”.

Netizen +62 (sebagian kecil) memang kreatif. Virus Corona merebak diklaim karena masyarakat Wunan mengkonsumsi hewan liar yang diharamkan oleh agama.  Tidak berhenti disini. Corona jenis baru ini juga menyebar karena China berlaku tidak adil kepada masyakata agama minoritas di sana.

Baca Juga: Empat Cara Jitu Hilangkan Pikiran Negatif

Detik.com (29/01/2020) mengutip salah seorang netizen yang membagi foto yang memperlihatkan  puluhan orang bergeletakkan di jalan dengan narasi korban coronavirus.

“Keterangan foto mayat orang cina bergelimpangan di jalan-jalan kota Wuhan Cina foto di ambil dari Satelit *Azab China Komunis*,” tulis netizen yang dikutip detik.com.

Foto yang sama di sebar juga melalui akun atas nama Wibi Jaya. Ia bahkan menulis bahwa korban yang bergeletakkan di jalan itu adalah makar Allah. Wibi menyeruhkan agar kecebong mebukakan hati dan bertobat agar diampuni. (liputan6.com 29/01/2020)

Hasil penelusuran, baik oleh detik maupun liputan6 mengungkapkan bahwa foto tersebut ternyata adalah foto seni pertunjukan di jalan, yang dibuat untuk mengenang 528 korban  korban kamp konsentrasi Nazi ‘Katzbach’. Foto ini diambil  di Frankfrut – Jerman pada 24 Maret 2014.

Virus Corona adalah Santet kiriman Dukun Indonesia.

Mojok.co (23/01/2020) melansir sebuah artikel dengan judul “Apa itu virus corona? Apa benar Santet Ki Joko Bodo Penyebabnya?” Mojok.co rupanya mengutip ciutan twiter seorang netizen tentang Ki Joko Bodo dan (5) lima orang lainnya yang siap mempertahankan kedaulatan Indonesia di Natuna.

Virus Korona disebar Melalui Ponsel

Setelah lewat santet, Virus Corona rupanya naik kelas. Kali ini ia lewat teknologi canggih. Ponsel Xiaomi jadi biang keladi menurut netizen.

Akun twiter @coromodal misalnya menulis “virus corona menyebar lewat hp xiaomi. Kalo habis salaman sama teman yang pake xiaomi buru-buru cuci tangan pake sabun” (kompas.com -29/01/2020).

Lain kompas.com lain pula cnbcindonesia.com. Laman ini melansir foto broadcast lewat aplikasi pesan WhatsApp. “Yang punya hp xiaomi cepat buang HP kalian, karena virus Corona berasal dari China, dan menyebar melalui server, dikeluarkan dari speaker Xiaomi” tulis pesan broadcast tersebut.

Broadcast ini disebar ditambakan dengan narasi “Virus corona sudah menyebar melalui hp xiaomi. Buat pengguna xiaomi, lebih baik membuang hp anda, nyawa lebih penting….. Sebarkan ke pengguna wa lainnya, agar bisa terhindar dari virus ini” (cnbcindonesia.com (28/01/2020).

Menyebar lewat belanja online dari China.

Akun Facebook atas nama Chayani pada 27 Januari lalu menulis “Buat yang sering belanja online shop di shop** atau yg lainnya, yang pengirimannya dari china mending di stop dulu aja yah! Buat kebaikan bersama. Bukan menyebar hoax, tapi apa salahnya kita mencegah sebelum mengobati. Apa lagi sekarang kan banyak banget tuh pakaian2 preloved dari cina”

Sayangnya postingan ini ternyata sudah disebar lebih dari 1.200 kali (liputan6.com – 29/01/2020).

Baca Juga: KOMBUCHA, Minuman Sehat untuk Memelihara Kesehatan dan Mencegah berbagai Penyakit

Tidak hanya informasi diluar akal sehat. Virus corona ternyata juga dijadikan bahan candaan. Netizen lainnya pada momen tahun baru Imlek menulis “Gong Xi Fa Cai! Apakah di Tiongkok pas angpao dibuka isinya virus Corona?” (antaranews.com 25/01/2020)

Bencana apapun, apalagi yang mengakibatkan banyak korban jiwa, yang diutamakan adalah memberi empati. Novel Corona Virus atau 2019-nCoV adalah bencana besar yang sudah menelan lebih dari seratus korban jiwa dan menginfeksi ribuan lainnya.

Apapun motifnya menjadikan bencana sebagai komoditi politik atau bahan candaan sungguh sangat jauh dari nilai kemanusiaan. Terkait Novel Corona Virus,  kami berharap Digiers bukan bagian dari netizen yang kehilangan akal sehatnya. (Tulisan ini sebelumnya tayang di eposdigi.com. Kami tayangkan kembali dengan izin dari penulis. / Foto : rri.co.id)

Sebarkan Artikel Ini:

6
Leave a Reply

avatar
6 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Coronavirus Yang Menginfeksi Akal Sehat […]

trackback

[…] Baca Juga: Coronavirus Yang Menginfeksi Akal Sehat […]

trackback

[…] Baca Juga: Coronavirus Yang Menginfeksi Akal Sehat […]

trackback

[…] Baca Juga: Coronavirus Yang Menginfeksi Akal Sehat […]

trackback

[…] Baca Juga: Coronavirus Yang Menginfeksi Akal Sehat […]

trackback

[…] Baca Juga: Coronavirus Yang Menginfeksi Akal Sehat […]