Sari Jahe Merah dapat Menangkal Virus Corona?

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Data terakhir tentang penyebaran virus corona secara global semakin menguatirkan. Sampai Jumat, 14 Februari 2020, jumlah orang yang terjangkit virus corona sudah menembus 64.447 kasus.

Sementara, korban yang meninggal dunia karena virus corona sebanyak 1.492 orang. Sedangkan pasien yang berhasil disembuhkan mencapai 7.081 orang.

Kita patut bersyukur karena hingga saat ini belum ditemukan satupun orang Indonesia yang terjangkit virus corona.

Dan yang menggembirakan lagi adalah, 285 warga Indonesia yang  baru dipulangkan dari Wuhan China dan sekitarnya, telah menjalani observasi dan pada Jumat, 14 Februari 2020, dinyatakan sehat. Sabtu, 15 Februari 2020, telah dipulangkan ke daerah asal mereka masing-masing.

Baca Juga: Coronavirus Yang Menginfeksi Akal Sehat

Namun demikian, pada zaman globalisasi seperti sekarang, penyebaran virus korona bisa saja terjadi melalui cara yang tidak kita duga. Oleh karena itu, badan kesehatan dunia (WHO) telah menetapkan siaga penyebaran virus corona atau dikenal dengan nama COVID-19 dan menghimbau masyarakat dunia untuk tetap waspada.

Di Indonesia, meski virus corona belum terkonfirmasi masuk, kementrian kesehatan sudah menghimbau agar masyarakat ikut mengambil langkah untuk mencegah infeksi virus corona.

Mulai dari sering mencuci tangan, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, hati-hati kontak dengan hewan dan orang yang menunjukkan gejala terinfeksi. Masyarakat pun dihimbau tidak mengkonsumsi daging yang tidak matang,  olah raga serta istirahat yang cukup, agar tubuh tetap fit.

Baca Juga: Siap Siaga Menghadapi Infeksi Coronavirus

Selain itu, dalam rangka menjaga tubuh tetap fit, konsumsi jahe merah, salah satu tumbuhan herbal asli Indonesia, direkomendasikan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan jahe merah diyakini dapat menuatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi oleh bakteri jahat dan virus.

Detiknews, mengutip penelitian Dugasani,pada 2010 tentang kandungan dan khasiat jahe merah bagi kesehatan. Dalam penelitiannya ia membandingkan efek antioksidan dan anti inflamasi dari gingerol dan shogaol dalam jahe merah.

Baca Juga: Coronavirus: Boleh Waspada; Fobia : Jangan!

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kandungan gingerol dan shogaol dalam jahe merah terbukti memiliki efek antioksidan. Maka sari jahe merah bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi sari jahe merah. Agar lebih berkhasiat, sari jahe merah dicampur dengan madu terlebih dahulu. Rutin mengkonsumsi, akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mudah-mudahan, sifat virus corona sama seperti virus pada umumnya, yang tidak dapat menyerang jika tubuh kita dalam keadaan memiliki daya tahan yang kuat. (Foto: facebook.com)

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Sari Jahe Merah dapat Menangkal Virus Corona? […]