Presentasi, Upaya Membangun Sikap Percaya Diri Siswa

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Pendidikan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini bangsa Indonesia sedang berupaya meningkatkan mutu pendidikan dalam menghadapi perkembangan zaman. Dunia pendidikan diharapkan mampu mewujudkan cita-cita bangsa dan tujuan pendidikan nasional.

Tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan untuk mengembangkan potensi seseorang tidak akanterwujud begitu saja apabila tidak diupayakan.

Seberapa jauh upayaindividu menjadipenentuterwujudnyapotensi yang dimiliki secara aktual dalam sikap kepribadiannya. Untukmeraihhasil di atas, seseorangperluterlebihdahulumemiliki rasa percayadiri. Kondisitersebut dapat meningkatkan perkembangandiridanmembantupencapaiantujuan, baik yang diupayakanolehdirinya sendiri maupun denganbantuanlingkungannya.

Kurangnya rasa percaya diri bisa disebabkan oleh kecemasan, kegelisahan, serta dampakyang mengikutinya seperti kemalasan, sikap reaktif, perasaanterhambatdankecenderunganmudahmengeluh, atau rendah diri. Hal ini yang membuat individu menjadi ragu akan kemampuan dalam dirinya.

Rasa percaya diri merupakan suatu keyakinan terhadap segala aspek yang dimiliki.Keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. Jadi orang yang percaya diri memiliki rasa optimis dengan kelebihan yang dimiliki dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan

Presentasi merupakan salah satu metode belajar bagi anak dalam upaya mengembangkan rasa percayadiri. Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan orang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat, topik, atau informasi. Presentasi juga merupakan salah satu bentuk komunikasi. Tujuan lainnya dari presentasi tentunya untuk menyampaikan ide ataupun gagasan.

Di mata para siswa, tugasmemberikan presentasi terkadang dialamisebagaimenakutkan, Manakala guru berkata, “Sekarang buat kelompok, minggu depan kalian presentasi ya tiap kelompok!” Maka yang terpatri pada hampir semua peserta didik adalah: Ngomong di depan kelas, bikinslide-slide power point.

Tugaspresentasijugadirasakanpesertadidiksebagaihal yang merepotkan. Bagaimana tidak? Kadang sulit mengkondisikan kelompok untuk bisa bekerja sama. Dari mulai menyamakan waktu, sekolah sudah sampai sore, belum mengerjakan tugas rumah mata pelajaran lain, hari Minggu kadang ada acara keluarga, belum lagiwaktu untuk hiburan.

Oleh karena itu, pemberian tugas presentasi di depan kelas di lingkungan sekolah  hendaknya disertai tujuan yang jelas. Tujuan presentasi umumnya agar siswa lebih memahami materi, karena dengan menerima tugas mereka pasti membaca. Tujuan lainnya adalahagar pesertadidikbelajar bekerja dalam kelompok, mampu mempresentasikan suatu materi, mengasah kemampuan berbicara dan menjawab pertanyaan di depan umum, serta banyak lagi tujuan lainnya. Semua yang terjadi memang membutuhkan proses.

Sebarkan Artikel Ini:

2
Leave a Reply

avatar
2 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Presentasi, Upaya Membangun Sikap Percaya Diri Siswa […]

trackback

[…] Baca Juga : Presentasi, Upaya Membangun Sikap Percaya Diri Siswa […]