12 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Menurut Kemenristekdikti Tahun 2019

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Setiap tahun Kemenristekdikti mengeluarkan daftar perguruan tinggi negeri dan swata setelah melakukan pengklasteran dengan menggunakan kriteria tertentu. Tujuan dari proses pengklasteran dan pemeringkatan tersebut adalah agar Kemenristekdikti dapat membuat kebijakan sesuai dengan kondisi perguruan tinggi masing-masing. Tujuan lanjutannya adalah mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas dan menjadi universitas kelas dunia.

Pada tanggal 16 Agustus 2019, satu hari menjelang peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, di Gedung D Kemenristekdikti Senayan, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengumumkan daftar peringkat terbaru, bagian dari upaya pemetaan mutu pendidikan tinggi.

Kriteria Penilaian

Peringkat tersebut dibuat berdasarkan empat kriteria utama dan enam kriteria tambahan. Empat kriteria utama tersebut dalam prosentase tertentu adalah input sebesar 15%. Kriteria berikutnya adalah proses sebesar 25%. Kriteria selanjutnya adalah output sebesar 25% dan kriteria terakhir adalah outcome sebesar 35%.

Di samping kriteria utama tersebut, juga berlaku enam kriteria tambahan yakni jumlah dosen asing, pembelajaran daring, kelengkapan laporan pangkalan data pendidikan tinggi (PD Dikti), laporan keuangan, prosentase lulusan yang memperoleh pekerjaan setelah 6 bulan, jumlah sitasi per dosen dan jumlah paten per dosen.

Dengan kriteria tersebut, diperoleh sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Indonesia tahun 2019. Data yang dilaporkan pada artikel ini adalah data perguruan tinggi swasta, setelah perguruan tinggi negeri dipisahkan. Data yang dilaporkan Depoedu.com hingga 12 besar universitas swasta saja, sebagai berikut.

  1. Univeritas Telkom
  2. Universitas Islam Indonesia
  3. Universitas Bina Nusantara
  4. Universitas Katolik Parahyangan
  5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  6. Universitas Surabaya
  7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta
  8. Universitas Tarumanagara
  9. Universitas Muhammadyah Yogyakarta
  10. Universitas Ahmad Dahlan
  11. Universitas Muhammadyah Malang
  12. Universitas Sanata Dharma

Kedua belas universitas ini adalah universitas yang berada di Pulau Jawa. Daftar ini mencerminkan kesenjangan pengembangan pendidikan tinggi antara di Pulau Jawa dengan di luar Jawa. Dalam jangka waktu yang panjang, hampir semua aspek pembangunan, termasuk pembangunan pendidikan tinggi, apalagi perguruan tinggi swasta di luar Jawa, diabaikan oleh pemerintah.

Mudah-mudahan di periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi, terjadi pemerataan pengembangan pendidikan tinggi di luar Jawa, bukan cuma perguruan tinggi negeri, tetapi juga perguruan tinggi swasta. (Foto: hanirahayuning.blogspot.com)

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: 12 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Menurut Kemenristekdikti Tahun 2019 […]