Ustadz Khalid Basalamah; Jangan Ajarkan Anak Menabung, Itu Tidak Mendidik

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Kebanyakan dari kita kenal peribahasa; menabung pangkal kaya. Peribahasa ini kemudian menjadi ajaran yang diajarkan oleh banyak orang tua kepada anaknya. Bahkan di banyak sekolah ajaran ini diajarkan dan dipraktikkan untuk membentuk kebiasaan menabung. 

Selain menabung dianggap perilaku yang baik, menabung dianggap menghindarkan anak dari perilaku boros, dan gemar menyisihkan uang untuk sesuatu yang lebih penting untuk diri sendiri pada saat yang akan datang. 

Namun justru prinsip ini ditentang oleh Ustadz Khalid Basalamah. Dalam sebuah kesempatan, belum lama ini, Ustadz Khalid mengungkapkan dia tidak setuju pada prinsip dan ajaran tentang menabung tersebut.  

Kata Ustadz Khalid, untuk membiasakan anak menabung, banyak orang tua memberikan anaknya celengan dan sisa uang jajannya anak masukkan ke dalam celengan itu untuk ditabung. Pembiasaan ini kata Ustadz Khalid, tidak mengajarkan anak untuk bersedekah. 

Baca juga : Cerita Penderitaan Mahasiswa Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang Ke Jerman

Ajaran tentang sedekah, secara prinsip bertentangan dengan ajaran tentang menabung tersebut. Anak disuruh menabung sementara anak sendiri tidak perlu tabungan tersebut. Banyak orang tua mengatakan, tabungan tersebut untuk pendidikan masa depan anak. 

Kata Ustadz Khalid, ini tidak mendidik. Kenapa? Kalau kita kasih anak celengan, dan dia menyimpan uangnya di celengan itu, anak akan menjadi orang yang bakhil, atau anak akan menjadi pribadi yang kikir. 

Bahkan kata Ustadz Khalid lagi, kakaknya atau adiknya, memegang celengannya saja, anak bisa marah. Dia menabung dan tidak mau sedekah. Menurut Ustadz Khalid, mendidik anak menjadi kikir ini sangat berbahaya. 

Harusnya, kata Ustadz Khalid, bukan menabung yang diajarkan dan dibiasakan orang tua. pada anak sejak kecil. Ajarkan anak bersedekah sejak dari kecil. Konsep yang benar bukan menabung pangkal kaya, tetapi sedekah pangkal kaya. 

Baca juga : Universitas Muhammadiyah Jakarta, Menyusul Menjadi Universitas Ke-10 Di Lingkungan Muhammadiyah, Dengan Akreditasi Unggul

Menabung pangkal kaya, itu konsep kapitalis. Bukan konsep Islam. Konsep Islam adalah bersedekah pangkal kaya, kata Ustadz Khalid. Secara konsep, konsep kapitalis memang tidak akan ketemu dengan konsep Islam. 

Tetapi, dalam kehidupan, keadilan dan pemerataan bisa bermula dengan sedekah. Dan yang namanya modal, itu tidak selalu berbentuk uang. Tolong menolong melalui bersedekah, itu modal juga, tetapi modal sosial bagi orang yang menolong, juga bagi orang yang ditolong dengan sedekah tersebut.  

Maka Ustadz Khalid menyarankan orang tua mengajar anak bersedekah, bukan menabung. Menurutnya pola ini perlu diterapkan. Perlu dijadikan nilai bersama. Ini akan menjadikan kehidupan bersama menjadi lebih adil dan merata.    

Foto: Rumah Amal Salaman

4.3 3 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments