Guru dan Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas MenPAN RB Dalam Rekrutmen CPNS Tahun 2024

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Pada edisi 23 Desember yang lalu, www.depoedu.com menurunkan artikel tentang peluang rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru tahun 2024, setelah diumumkan oleh Men-PAN RB Ir. Abdullah Azwar Anas.

Pada artikel tersebut juga dinyatakan bahwa peluang tersebut dibuka lebar karena pada tahun 2024 ada 1,3 juta pegawai negeri yang pensiun. Oleh karena itu, rekrutmen CPNS baru tersebut dilakukan untuk menggantikan posisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa purna bhakti tersebut. 

Pada artikel tersebut juga dikatakan bahwa peluang tersebut terbuka bagi fresh graduate. Jadwal rekrutmennya masih belum keluar karena jumlah 1,3 juta tersebut masih dipetakan secara detail oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

Baca juga : Membingkai Natal Dalam Semangat Solidaritas

Lebih lanjut Men-PAN RB Ir. Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa guru dan tenaga kesehatan akan menjadi prioritas dalam rekrutmen CPNS tahun 2024 tersebut. Ia menegaskan bahwa rekrutmen ini juga akan menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah tenaga honorer. 

Namun Men-PAN RB juga menegaskan bahwa selain menyelesaikan masalah honorer, terbuka peluang juga talenta baru fresh graduate. Menurut Men-PAN RB, arah kebijakan rekrutmen CPNS tahun 2024 adalah bagian dari upaya pemerintah pada pemenuhan kebutuhan CPNS pada bidang pelayanan dasar. 

Pelayanan dasar prioritas yang dimaksud oleh Men-PAN RB dalam rekrutmen CPNS tersebut adalah guru dan tenaga kesehatan. Meskipun demikian, kuota untuk fresh graduate juga akan diperbesar. 

Meskipun masih menunggu pemetaan detail dari Kementerian Keuangan, namun untuk instansinya adalah untuk instansi pemerintah pusat, instansi pemerintah daerah, baik dari kalangan honorer, fresh graduate maupun lulusan sekolah kedinasan. 

Baca juga : Menag Yaqut; Cair, Tunjangan Inpassing Guru Madrasah Non-ASN Akhir Bulan Ini

Sasaran lain dari rekrutmen CPNS 2024 adalah untuk menangani ekses dari transformasi digital yang sekarang sedang giat didorong oleh pemerintah. Oleh karena itu, kata Azwar Anas, rekrutmen tahun 2024 ini merupakan peluang juga bagi talenta digital. 

Itulah informasi tentang rekrutmen CPNS tahun 2024. Para peminat diharapkan mulai menyiapkan diri untuk merebut peluang ini mulai dari sekarang. Pasti ada persaingan yang sangat ketat dalam proses ini. 

Oleh karena itu, para honorer, maupun fresh graduate, diharapkan menyiapkan diri mulai dari sekarang. Misalnya dengan mulai mengikuti bimbingan belajar online seperti Bimbel JadiASN. Ini adalah aplikasi bimbingan belajar yang dapat diunduh melalui Google  Play Store.

Foto: KemenPAN RB

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments