Perubahan Aturan SNPMB 2024: Lolos Jalur Prestasi, Dilarang Daftar Jalur Tes dan Jalur Mandiri

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Informasi mengenai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 yang ditunggu, telah disampaikan oleh Panitia SNPMB Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Jumat, (8/12/2023) dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung melalui youtube di Jakarta. 

Pada seleksi kali ini, BPPP melakukan beberapa perubahan untuk mengupayakan optimalisasi kuota dan upaya mewujudkan prinsip keadilan dalam proses seleksi. Selain itu, perubahan tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan proses seleksi secara keseluruhan. 

Perubahan tersebut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi proses seleksi tahun sebelumnya, yang dinilai sangat merugikan baik calon mahasiswa baru maupun  Perguruan Tinggi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud Ristek  Anindito Aditomo.  

“Ada perubahan ketentuan yang penting diketahui adalah, calon mahasiswa yang sudah diterima melalui jalur prestasi tidak dapat lagi mendaftar melalui jalur tes maupun jalur mandiri,” jelas Anindito dalam konferensi pers tersebut. 

Kata Anindito, jika masih diizinkan untuk mendaftar baik di jalur tes maupun jalur mandiri seperti tahun sebelumnya, maka banyak calon mahasiswa punya peluang untuk mencoba-coba. Jika calon mahasiswa tersebut diterima di jalur tes atau jalur mandiri maka kursinya di jalur prestasi tidak tergunakan. 

“Padahal jumlah kasus ini cukup banyak dan banyak kursi yang dengan sendirinya tidak terisi. Ini merugikan calon mahasiswa lain yang memiliki nilai di bawah ambang batas pada jalur prestasi, dan Perguruan Tinggi yang bersangkutan,” ungkap Anindito. 

Baca juga : Simulasi Tanggap Bencana Sekolah Tarakanita Rawamangun

Pada sesi berikutnya Prof. Nizam, Dirjen Dikti, menegaskan hal yang sama. Kata Prof. Nizam, di tingkat seleksi nasional ada dua jalur, jalur prestasi dan jalur tes. Selama ini, meskipun sudah diterima di jalur prestasi, tetapi karena belum merasa mantap maka ikut lagi jalur tes. 

Praktik ini kata Prof. Nizam, menyebabkan bangku kosong di jalur prestasi. Peluang mahasiswa lain jadi tertutup, padahal bangkunya kemudian kosong. Ini merugikan pihak Perguruan Tinggi Negeri dan calon mahasiswa lain yang harusnya bisa masuk. 

Oleh karena itu, Prof. Nizam menegaskan perubahan ini dilakukan agar terwujud prinsip utama memberikan pelayanan yang semakin baik pada calon mahasiswa dengan sistem yang berkeadilan dan transparan, efektif bagi semua pihak.

Jadwal SNBP dan Jadwal UTBK-SNBT tahun 2024

Selain perubahan di atas, pada kesempatan tersebut juga diumumkan dua jadwal penting yakni jadwal SNBP dan Jadwal UTBK-SNBT 2024 untuk menjadi perhatian orang tua murid dan Kepala Sekolah. Jangan sampai jadwal ini terlewatkan. 

  1. Jadwal SNBP tahun 2024
  • Pengumuman Kuota Sekolah: 28 Desember 2023. 
  • Masa Sanggah Kuota Sekolah: 28 Desember 2023 – 17 Januari 2024
  • Pengisian PDSS: 9 Januari – 9 Februari 2024 
  • Pendaftaran SNBP: 14 – 28 Februari 2024
  • Pengumuman hasil SNBP: 26 Maret 2024 

Seluruh kegiatan pada jadwal yang ditentukan akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB. 

Baca juga : Penjelasan Nadiem Makarim Tentang Peringkat PISA Indonesia Terbaru Dan Asesmen Nasional

Terkait jadwal pengisian PDSS, Prof. Ganefri, selaku Ketua Penanggung jawab SNPMB mengharapkan Kepala Sekolah dapat menggunakan waktu satu bulan tersebut. Menurutnya, itu adalah waktu yang cukup, tidak ada alasan bagi sekolah, kecuali bagi mereka yang menganggap remeh. 

  1. Jadwal UTBK – SNBT tahun 2024
  • Pendaftaran UTBK-SNBT: 21 Maret – 05 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK – SNBT Gelombang 1: 30 April dan 02-07 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK – SNBT Gelombang 2: 14 – 20 Mei 2024 
  • Pengumuman Hasil SNBT : 13 Juni 2024
  • Masa Unduh Sertifikat UTBK: 17 Juni – 31 Juli 2024. 

Sama seperti SNBP, seluruh kegiatan pada jadwal yang ditentukan akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB. 

Itulah informasi tentang pelaksanaan SNBP dan SNBT,. Mudah-mudahan informasi penting ini dapat membantu sekolah melakukan persiapan lebih baik, sehingga semakin banyak siswa menggunakan kesempatan masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan baik. 

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments