Program Beasiswa KIP Kuliah Semakin Ramah Pada Mahasiswa dari Keluarga Miskin

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Pemerintah terus berusaha memperbaiki pelayanan kepada masyarakat misalnya melalui program seperti Beasiswa KIP Kuliah. Pasalnya saat ini, pemerintah memberikan biaya kuliah secara penuh hingga mahasiswa lulus kuliah, termasuk biaya hidup bulanan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Abdul Kahar pada wartawan di Jakarta.

Oleh karena itu para mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah tinggal fokus belajar untuk menyelesaikan studi mereka. Jika prestasi mereka dapat dipertahankan, maka mereka bisa memperoleh beasiswa hingga lulus kuliah.

“Para penerima beasiswa KIP Kuliah, tidak perlu membayar UKT, tidak perlu membayar SPP bahkan memperoleh subsidi untuk biaya hidup. Orang tua tidak perlu memikirkan pembayaran kost perbulan karena sudah ditanggung oleh pemerintah,” jelas Abdul Kahar.

Baca Juga: Jumlah Perokok Terus Meningkat Meskipun Merokok Berbahaya Bagi Kesehatan

Oleh karena itu Abdul Kahar meminta para penerima beasiswaa KIP Kuliah untuk menjadikan ini menjadi momentum untuk belajar agar sungguh-sungguh berprestasi.

Bagi calon mahasiswa baru yang membutuhkan program pembiayaan studi seperti beasiswa KIP Kuliah, pendaftaran dimulai dengan pembuatan akun KIP Kuliah yang akan dibuka pada bulan Februari.

Dilanjutkan dengan pendaftaran beasiswa KIP Kuliah sesuai dengan seleksi masuk PTN dan PTS yang dipilih calon mahasiswa. Para pendaftar pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) bisa mendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu.

Penerima KIP Kuliah Dievaluasi.

Mulai tahun ini para penerima KIP Kuliah dievaluasi oleh universitas tempat belajar para mahasiswa penerima beasiswa.

Hasil evaluasi tersebut digunakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan untuk menentukan, apakah beasiswa seorang penerima KIP Kuliah memenuhi persyaratan untuk diteruskan atau dihentikan, karena tidak lagi memenuhi persaratan.

“Jadi penerima beasiswa KIP Kuliah tidak otomatis menerima beasiswa setiap tahun. Penerimaan beasiswa berlanjut atau tidak bergantung pada hasil evaluasinya,” jelas Abdul.

Baca Juga: KIP-K Merdeka, Wujud Terbaru Kehadiran Negara Bagi Kelangsungan Pendidikan Anak Keluarga Miskin

Jika menurut hasil evaluasi mahasiswa yang bersangkutan tidak lagi memenuhi persyaratan termasuk persyaratan prestasi maka beasiswa KIP Kuliah dapat dihentikan di tengah jalan.

Kata Abdul Kahar, ada dua persyaratan yang harus dipenuhi oleh penerima beasiswa KIP Kuliah. Pertama, para penerima harus berasal dari keluarga tidak mampu, yang dibuktikan dengan sejumlah dokumen sehingga mengurangi kemungkinan salah sasaran.

Kedua, penerima beasiswa KIP Kuliah harus memenuhi standar minimum prestasi akademik dari perguruan tinggi, yang diukur berdasarkan indeks prestasi kumulatif dan kriteria lain yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.

Ketentuan Tentang Besarnya Biaya Pendidikan dan Biaya Hidup

Besarnya biaya pendidikan ditetapkan pemerintah berdasarkan akreditasi program studi tempat mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah belajar sebagai berikut:

  • Bantuan biaya kuliah pada program studi terakreditasi A: maksimal Rp.12 juta per semester
  • Bantuan biaya kuliah pada program studi terakreditasi B: maksimal4 juta per semester.
  • Bantuan biaya kuliah pada program studi terakreditasi C: maksimal Rp. 2.4 juta per semester

Sedangkan biaya hidup yang akan diterima oleh para penerima Beasiswa KIP Kuliah ditetapkan oleh pemerintah yang besarannya disesuaikan dengan indeks harga daerah berdasarkan kluster yang ditetapkan oleh pemerintah:

  • Biaya hidup kluster 1: Rp.800.000 perbulan
  • Biaya hidup kluster 2: Rp.950.000 perbulan
  • Biaya hidup kluster 3: Rp.1.1 juta perbulan
  • Biaya hidup kluster 4: Rp.1.25 juta perbulan
  • Biaya hidup kluster 5: Rp. 1.4 juta perbulan

Program Beasiswa KIP Kuliah memberi kesempatan kepada keluarga miskin untuk menyiapkan diri melakukan mobilitas sosial ke kelas masyarakat yang lebih baik. Mudah-mudahan program ini terus diperbaiki oleh pemerintah dan dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa penerima.

Foto: Desa Sidanegara

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Program Beasiswa KIP Kuliah Semakin Ramah Pada Mahasiswa Dari Keluarga Miskin […]