Ini Jadwal Pendaftaran dan Ketentuan Uji Kompetensi Calon Penerima Beasiswa Universitas Al-Azhar Mesir

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Universitas Al-Azhar Mesir telah membuka pendaftaran bagi mahasiswa asing. Bersama dengan itu, Universitas Al-Azhar menyampaikan persetujuannya untuk menerima calon mahasiswa pemegang ijazah Muadalah Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, tanggal 14 Agustus 2022, melalui Kedutaan Mesir yang ada di Jakarta.

Jadwal pendaftaran Universitas Al-Azhar bagi fakultas-fakultas umum (ilmiy) telah dibuka sejak 1 Agustus sampai dengan 15 September 2022.

Sedangkan jadwal pendaftaran untuk Fakultas Sosial Keagamaan (adabiy) juga telah dibuka sejak 1 Agustus sampai dengan 13 Oktober 2022.

Selain jadwal pendaftaran, Universitas Al-Azhar Mesir juga mengumumkan akan memberikan 20 kuota beasiswa bagi lulusan Madrasah Aliyah dan pondok pesantren dari Indonesia yang memenuhi persyaratan.

Baca juga : Panjat Pinang Dan Dampak Psikologisnya

Kementerian Agama RI mendorong dan memberikan kesempatan kepada lulusan Madrasah Aliyah dan pondok pesantren untuk melanjutkan studi di Universitas Al-Azhar Mesir, baik melalui jalur beasiswa maupun non beasiswa, dengan ketentuan:

  • Calon mahasiswa adalah lulusan Madrasah Aliyah dan pondok pesantren yang telah memenuhi persyaratan yang berlaku di Universitas Al-Azhar. Di antaranya memenuhi syarat kompetensi bahasa dari lembaga yang diakui oleh Universitas Al-Azhar.
  • Sebagai dasar rekomendasi beasiswa dan non beasiswa, Kementerian Agama akan bekerja sama dengan pusat bahasa Al-Azhar Markaz Syekh Zayd (MSZ) dalam menyelenggarakan uji kompetensi. Uji kompetensi meliputi Ikhtibar Tashfiyah, tes wawasan kebangsaan dan Fahdid Mustawa. Ketentuan teknis akan diumumkan terpisah oleh Markaz Syekh Zayed melalui cabangnya di Indonesia.
  • Dua puluh orang terbaik, berdasarkan hasil uji kompetensi akan diajukan sebagai calon penerima beasiswa penuh Al-Azhar tahun 2022-2023.

Sedangkan calon yang dinyatakan mencapai nilai lulus (passing grade), yang telah ditetapkan dalam ujian tersebut, berhak mendapat rekomendasi Kementerian Agama melalui jalur non beasiswa.

Baca juga : Ferdi Sambo Vs Bohong, Sebuah Tinjauan Psikologis

Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dapat mengikuti kelas matrikulasi pada lembaga yang telah diakui Universitas Al-Azhar dan dapat melakukan tahapan pemberkasan dan pendaftaran, baik secara perorangan maupun kolektif, melalui lembaga yang dipercaya dapat membantu tahap tersebut.

Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran calon mahasiswa asing dapat dilihat pada laman : https://www.azu.edu.eg/Azforeigners2022//.

Sedangkan informasi tentang fakultas dan program studi yang diselenggarakan di Universitas Al-Azhar, dapat diakses melalui laman: https://www.azhar.edu.eg/international.students.

Ayo lulusan MA dan pondok pesantren, jangan lewatkan kesempatan ini. Ini kesempatan untuk melakukan mobilitas sosial menuju kelas sosial yang lebih baik.

Foto:yunandra center

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Ini Jadwal Pendaftaran Dan Ketentuan Uji Kompetensi Calon Penerima Beasiswa Universitas Al-Azhar Mes… […]

trackback

[…] Baca juga : Ini Jadwal Pendaftaran Dan Ketentuan Uji Kompetensi Calon Penerima Beasiswa Universitas Al-Azhar Mes… […]