Kenalilah Kebiasaan Makanmu. Adakah yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuhmu?

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Cara utama untuk melindungi diri dari penyakit adalah dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Karena daya tahan tubuh yang kuat adalah benteng pertahanan pertama dari berbagai kuman penyebab infeksi.

Oleh karena itu upaya menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat adalah upaya yang sangat penting.

Terkait hal tersebut, kompas.com edisi 22 Mei 2022 menjelaskan bahwa upaya mempertahankan kekebalan tubuh harus dilakukan secara dua arah, yakni melakukan kebiasaan yang meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari perilaku yang dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Melakukan kebiasaan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh telah banyak dibahas, misalnya melalui kebiasaan makan yang bergizi seimbang termasuk rutin mengkonsumsi vitamin C, istirahat yang cukup, rajin olah raga, dan menghindari merokok.

Yang jarang dibahas adalah bagaimana menghindari perilaku yang dapat melemahkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas lima hal yang dapat melemahkan kekebalan tubuh, terutama terkait kebiasaan makan.

Pembahasan topik kebiasaan makan dipandang penting karena bagi banyak orang, makan adalah cara menikmati hidup. Oleh karena itu kita cenderung memilih makanan yang enak menurut selera kita, bukan makanan yang sehat. Berikut ini uraiannya.

  • Terlalu banyak konsumsi alkohol

Hasil penelitian membuktikan bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan, bahkan untuk jangka pendek dapat menurunkan tingkat kekebalan tubuh.

Kompas.com mengutip jurnal alcohol research yang mencatat adanya hubungan antara asupan alkohol yang berlebihan dengan kekebalan tubuh yang melemah.

Baca juga : Mau Kuliah Gratis Sampai Lulus? Daftar Di Kampus Ini!

Efeknya dapat berupa peningkatan kerentanan terhadap pneumonia dan kemungkinan yang lebih besar untuk mengembangkan sindrom stress pernafasan akut.

Selain itu, pada pemakai alkohol rutin ditemukan penyembuhan luka yang buruk, pemulihan infeksi yang lebih lambat, dan kasus komplikasi pasca operasi lebih tinggi.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi garam

Kelebihan konsumsi garam kerap diasosiasikan dengan masalah seperti retensi cairan, dan tekanan darah tinggi.

Namun Kompas.com mengutip sebuah studi dari University Hospital of Bonn, yang dilakukan pada manusia dan tikus, menyimpulkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat menyebabkan defisiensi imun.

Para peneliti juga menemukan bahwa ketika ginjal mengeluarkan kelebihan natrium, terjadi efek domino yang mengurangi kemampuan tubuh melawan infeksi bakteri.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi gula

Seperti garam secukupnya, tubuh juga membutuhkan gula secukupnya. Dan kandungan gula langsung pada makanan, terutama karbohidrat, sebetulnya sudah cukup. Oleh karena itu, tidak diperlukan gula tambahan, apalagi secara berlebihan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa setelah puasa semalam, seorang yang diberi makan 100 gram gula tambahan, mengalami penurunan kemampuan sel kekebalan untuk menelan bakteri.

  • Asupan kafein berlebih

Karena kandungan anti oksidan kopi dan teh dapat meningkatkan kesehatan terutama terkait anti peradangan. Namun terlalu banyak kafein dapat mengganggu tidur dan akibatnya dapat meningkatkan peradangan. Oleh karena itu mengganggu kekebalan.

Baca juga : Li Ka-Shing; Keluarkan Uangmu Untuk Tiga Hal Ini Dan Setelah Itu Alami Misterinya

Maka dianjurkan untuk mengurangi minuman berkafein tanpa nutrisi dengan gula tambahan, misalnya pada minuman bersoda atau minuman untuk meningkatkan energi.

Untuk menghindari gangguan tidur akibat kafein, kurangi konsumsi kafein setidaknya enam jam sebelum tidur.

  • Kurang makanan berserat

Makanan berserat mendukung kesehatan pencernaan yang baik dan membantu mengubah susunan bakteri usus dengan cara yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan serat makanan dan prebiotic yang lebih tinggi mendukung fungsi kekebalan yang lebih sehat, termasuk perlindungan terhadap virus.

Maka dianjurkan untuk meningkatkan asupan serat melalui makanan yang mengandung biji-bijian, sayur-sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

Akhirnya, kenalilah kebiasaan makan mu. Jika termasuk yang melemahkan sistem kekebalan tubuhmu, lakukanlah perubahan segera.

Karena pada dasarnya kita makan bukan semata-mata sebagai cara menikmati hidup, tetapi makan sebagai cara mengupayakan hidup sehat. Maka, makanlah makanan sehat, bukan makan makanan enak.

Foto:worldPres.com

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga: Kenalilah Kebiasaan Makanmu. Adakah Yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuhmu? […]

trackback

[…] Baca Juga: Kenalilah Kebiasaan Makanmu. Adakah Yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuhmu? […]