Memahami Empat Penyebab Internet Lemot, Yang Sering Membuat Kita Emosi

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Manfaat internet adalah untuk sarana konektivitas dan komunikasi; akses informasi, pengetahuan, dan edukasi; alamat dan pemetaan; kemudahan bisnis; serta hiburan.

Internet adalah jaringan luas yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Semua orang di dunia dapat berbagi informasi dan berkomunikasi dengan koneksi internet.

Saat ini, internet berperan penting di berbagai bidang.Tidak hanya di bidang ekonomi saja, namun juga dibidang politik, pendidikan, sosial, hukum dan sebagainya.

Pentingnya internet ini tentunya sangat disadari oleh pemerintah maupun swasta. Karena itu berbagai cara dilakukan oleh pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memastikan akses internet yang merata dan cepat di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Kenalilah Kebiasaan Makanmu. Adakah Yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuhmu?

Ketika koneksi internet lemot atau lambat sering kali bikin emosi, apalagi jika sedang dibutuhkan untuk hal penting seperti urusan sekolah dan pekerjaan.

Tentunya, semua orang menginginkan koneksi internet terbaik yang bisa mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari.Sayangnya, banyak orang tidak mengetahui penyebab dari jaringan internet yang lemot.

Sehingga mereka pun tidak bisa segera mengatasinya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan internet lemot, mulai dari sinyal WiFi atau selular, jumlah perangkat, hingga jangkauan sinyal.

Ingin tahu lebih lanjut hal-hal yang bisa menyebabkan internet lemot? Simak uraiannya berikut ini:

  1. Jaringan yang terlalu sibuk

Prime time bisa jadi salah satu masalah. Banyaknya orang yang menggunakan koneksi internet di saat bersamaan menjadikan jaringan terbagi-bagi sehingga mau tak mau menjadi lambat.

Konsepnya sama seperti pengguna WiFi yang terlalu banyak atau ada yang melakukan unduh dengan memakan banyak bandwidth. Kalau sudah seperti ini, satu-satunya solusi adalah menunggu hingga penggunanya berkurang.

  1. Faktor dari Operator

Untuk menguji kualitas jaringan operator, pengguna bisa mengukur kecepatan akses layanan data melalui beberapa aplikasi, seperti Speed Test atau Open Signal.

Tapi, jika ternyata hasil uji kecepatan internet yang yang diuji sudah bagus tapi internet tetap lemot, ada faktor lain yang bisa berpengaruh mengutip situs resmi Telkomsel.

Bisa jadi masalahnya ada di layanan pihak ketiga. Misal dari layanan aplikasi atau situs yang sedang kamu gunakan.

  1. Internet Lemot karena Paket Data Menipis

Kasus internet lemot juga sering terjadi ketika paket data kamu mulai menipis. Beberapa operator memberlakukan pengurangan kecepatan agar paket data yang kamu miliki tidak cepat habis. Meski begitu, hal ini memang terkadang cukup mengganggu aktivitas.

  1. Sinyal lemah pada internet satelit.

Layanan internet satelit disebut cenderung lebih rentan mengalami gangguan saat hujan dibandingkan dengan internet kabel. Pasalnya, layanan internet ini bergantung pada satelit yang letaknya di luar bumi, jauh dari daratan.

Jadi, sinyal satelit biasanya ditransmisikan melalui gelombang radio yang berjalan melalui udara terbuka dan dapat terhambat ketika menghadapi air, bangunan, bahkan dedaunan lebat.

Nah, saat hujan, air menjadi partikel yang memenuhi udara. Air adalah salah satu partikel yang dapat membelokkan gelombang radio. Makanya, ketika hujan lebat turun, partikel air di udara dapat melemahkan, memblokir, atau membelokkan sinyal satelit sehingga membuat sinyal tidak jelas atau lemah.

Baca Juga: Tiga Hal Utama Dalam Membingkai Masa Golden Age Anak

Alhasil, koneksi internet satelit bisa terganggu, lemot, atau bahkan terputus. Selain itu, koneksi internet yang lemot juga bisa dirasakan setelah hujan reda, khususnya ketika pengguna tinggal di area dengan pepohonan yang rimbun.

Pasalnya, pohon dan dedaunan yang memiliki kadar air yang tinggi dan juga dapat menghalangi atau melemahkan sinyal satelit sehingga memengaruhi kecepatan koneksi internet.  

Foto: kaskus.co.id

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga: Memahami Empat Penyebab Internet Lemot, Yang Sering Membuat Kita Emosi […]