Untuk Remaja Perempuan, Dibuka Pertukaran Pelajar ASF Bidang STEM

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Publik di Indonesia pasti kenal program beasiswa America Field Service (AFS) lantaran banyak alumni dari program ini menjadi tokoh terkenal misalnya Anies Baswedan, Najwa Shihab, atau tokoh yang lebih senior seperti Taufik Ismail.

Dari peserta Indonesia, mereka memperoleh banyak manfaat dari program AFS terutama terkait interaksi dan pertukaran antar budaya, serta pengembangan kemampuan bahasa global seperti Bahasa Inggris. Oleh karena itu, program ini ditunggu oleh banyak anak muda  Indonesia.

Selama pandemi, program ini terus berjalan namun dengan bentuk yang sedikit berbeda. Seperti tahun ini, program tetap diselenggarakan namun secara online.

Program yang ditawarkan tahun ini ditujukan untuk remaja perempuan. Terutama bagi mereka yang tertarik di bidang Sains, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Pada program kali ini ASF menargetkan peserta sebanyak 150 orang.

Baca Juga: Strategi Sukses Studi Di Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa

Bagi peserta yang terpilih, mereka tidak pergi ke luar negeri seperti sebelum pandemi, namun interaksi antara budaya tetap dilaksanakan secara online dengan mengusung tema STEM.

Bagi peserta yang terpilih akan melaksanakan program selama 12 minggu secara virtual. Program ini mencakup pengembangan kemampuan di bidang STEM, kompetensi global dan dampak sosial. Pada program kali ini AFS bekerja sama dengan University of Pennsylvania.

Dalam program ini, para siswa akan diberi studi kasus untuk menganalisis dan mencari solusi dari tiap masalah dengan pendekatan budaya masing-masing. Program ini akan berjalan secara online dari tanggal 23 Juni-18 September 2022.

Bagi anda yang berminat, anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Kelahiran 1 Desember 2004 hingga 1 Juni 2007, sehingga ketika program dimulai berusia minimal 15 tahun hingga 17,5 tahun.
  • Bisa berbahasa Inggris. Program akan dilaksanakan dalam Bahasa Inggris secara penuh.
  • Berminat dengan STEM, energi berkelanjutan dan isu-isu global.
  • Memiliki minat dan kemauan untuk berinteraksi dengan rekan global dan menjelajahi budaya baru.
  • Dapat menyediakan teknologi sebagai berikut:
    • Komputer, Smartphone atau perangkat elektronik lainnya yang dapat mengakses program secara online.
    • Webcam dan microphone yang terintegrasi pada sesi diskusi.
    • Koneksi internet yang stabil (WiFi).
    • AFS dapat memberikan bantuan jika koneksi dan teknologi mengalami kendala
  • Wanita muda berbakat dari semua latar belakang yang mencerminkan keragaman populasi di seluruh dunia.

Baca Juga: Beasiswa BCA Untuk Lulusan SMA Dan SMK, Dibuka Kembali

Bagi anda yang memenuhi persyaratan silakan mendaftar pada laman https://afs.org/global-stem/accelators/#afs. Akan ada banyak manfaat yang anda dapat di antaranya memiliki jaringan dan kemampuan untuk adaptasi secara global.

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments