Strategi Sukses Studi di Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indra dan pengalamannya.

Oleh sebab itu, apabila setelah belajar mahasiswa tidak ada perubahan tingkah laku yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuannya tidak bertambah, maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna

Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara sesorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

Salah satu pertanda bahwa sesorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, ketrampilan, atau sikapnya.

Mencicipi bangku perkuliahan merupakan suatu proses pembelajaran dan sebuah idaman dan impian bagi setiap anak. Terkhusus bagi mereka yang ingin mengembangkan dirinya lebih jauh pada bidang yang diminatinya.

Baca Juga: Beasiswa Indonesia Maju, Untuk Murid Kelas XII Melanjutkan Studi S1 Di Luar Negeri

Namun, tak pelak, perkuliahan juga menawarkan sejuta masalah bagi mereka yang tetap ingin mencicipinya. Dimulai dari biaya yang mahal, perlunya menyewa kamar kos untuk sementara disinggahi, sampai uang makan yang terkadang paling membuat kantong kering.

Duduk di bangku perkuliahan saat ini bisa dibilang sesuatu yang mewah, megah, dan eksklusif. Karena tidak semua penerus bangsa ini dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Data yang terakhir saya dapatkan menyatakan bahwa hanya sedikit penerus bangsa ini yang bisa merasakan indahnya bangku kuliah. Untuk berhasil dalam perkuliahan dibutuhkan strategi dan cara yang tepat.

Setiap mahasiswa memiliki kemampuan belajar secara alami. Sejak dilahirkan, banyak hal yang dipelajari, mulai dari menyusu, berjalan, berbicara, hingga aktivitas lainnya. Seiring bertambahnya usia, kegiatan belajar pun disempurnakan dengan pendidikan formal di sekolah. Adapun cara belajar di Perguruan Tinggi agar mahasiswa berhasil adalah.

  1. Menjadikan Belajar Sebagai Kebutuhan

Kebutuhan merupakan suatu hal yang harus dipenuhi agar bisa bertahan hidup. Ketika belajar dialami sebagai kebutuhan, maka mahasiswa akan semakin bersunguh-sungguh dalam melakukannya. Belajar tak lagi dilakukan dalam kondisi tertekan, tetapi bisa dilakukan dengan suka cita. Hasilnya, setiap materi yang dipelajari dapat lebih mudah diingat.

  1. Memahami lingkungan dan suasana kampus

Banyak hal yang harus dipahami berkaitan dengan lingkungan dan suasana kampus. Suasana kampus dapat terlihat alamiah seperti fasilitas-fasilitas yang tersedia. Tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah suasana aktivitas dan interaksi yang terjadi antar sivitas akademika atau dengan pihak masyarakat.

Lingkungan kampus dapat berupa lingkungan internal maupun eksternal. Lingkungan internal kampus lebih banyak didominasi oleh kegiatan yang bersifat kurikuler dan ko-kurikuler

Baca Juga: Mengenal Pertumbuhan Cyber University Di Indonesia

Sementara lingkungan eksternal kampus lebih luas lagi mencakup aktivitas masyarakat dan pemerintahan secara sosial, ekonomi, politik, agama dan budaya. Lingkungan yang harus dikenal mahasiswa seperti lingkungan tempat kost-an atau asrama.

Mahasiswa tentunya harus mampu mengenal lingkungan dan suasana kampus dengan baik, agar dapat menghindarkan diri dari kegiatan yang tidak bermanfaat bahkan merugikan diri sendiri.

  1. Berperan Menjadi Guru

Setelah belajar, seorang mahasiswa harus berperan menjadi seorang guru. Jelaskan kembali materi yang telah mahasiswa pelajari dengan gaya bahasa sendiri kepada diri sendiri. Mahasiswa juga bisa meminta bantuan teman atau keluarga untuk mendengarkan materi yang mahasiswa jelaskan.

Kebiasan mengulang kembali adalah cara belajar efektif untuk mengingat semua materi yang sudah dipelajari. Ketika mahasiswa menjelaskan kembali, kemungkinan ada beberapa hal yang terlewat. Namun justru inilah yang bisa menjadi patokan untuk mahasiswa mengulang kembali bagian tersebut.

  1. Berdiskusi

Belajar kerap kali dilakukan seorang diri. Namun, beberapa orang lebih menyukai gaya belajar secara berkelompok. Mahasiswa dengan gaya belajar tipe ke dua perlu mencari teman yang bisa diajak diskusi. Dari proses diskusi, mahasiswa akan mendapatkan lebih banyak hal yang mungkin tak akan didapatkan saat belajar secara mandiri.

Demikianlah empat cara belajar efektif yang bisa mahasiswa lakukan untuk mencetak prestasi gemilang di bangku kuliah.

Foto: republika.co.id

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga:Strategi Sukses Studi Di Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa […]