Tujuh Skills Yang Dibutuhkan Dunia Usaha, Sekolah Wajib Kembangkan

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cenderung semakin pesat, menghadapkan generasi milenial dengan tantangan yang luar biasa besar.

Menghadapi tantangan tersebut, memiliki pengetahuan saja tidak cukup. Selain pengetahuan, mereka juga harus didorong untuk memiliki skills, tidak hanya hard skills, tetapi juga soft skills.

Karena tanpa skills mereka hanya dapat melakukan pekerjaan yang repetitif. Ke depan, semua pekerjaan yang repetitif sudah akan digantikan oleh teknologi berbasis kecerdasan buatan seperti robot.

Sebuah panel dari World Economic Forum (WEF) memprediksi bahwa pada tahun 2025, sekitar 85 juta jenis pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot pintar.

Baca Juga: Ke Mana Orientasi Pelajaran Olahraga Di Sekolah Kita?

Namun pada saat itu, hanya mereka yang memiliki hard skills dan soft skills-lah yang tetap dibutuhkan dunia kerja, karena pekerjaan mereka tetap diperlukan karena tidak dapat digantikan oleh robot.

Oleh karena itu, dunia pendidikan harus menjadi ajang untuk menyiapkan generasi milenial sedini mungkin sebelum mereka memasuki dunia kerja.

Tulisan ini bermaksud memperkenalkan skills yang dicari dunia usaha seperti dilansir pada laman Kompas.com, dan wajib dikembangkan di sekolah.

  • Social intelligence

Skill spesifik dari social intelligence adalah kemampuan berempati, pemilikan rasa percaya diri, kemampuan membangun relasi, dan kemampuan bekerja sama dengan orang lain.

Orang dengan social intelligence skill, terutama karena kemampuan empatinya, peka akan masalah sosial di sekitar dan tergerak untuk mencari solusi terhadap masalah sosial tersebut. Individu dengan social intelligence skill sangat dibutuhkan oleh dunia usaha,

  • Embracing change

Salah satu ciri yang menonjol dari individu dengan embracing change skill adalah memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan, termasuk perubahan lingkungan kerja, karena mereka memiliki wawasan yang benar.

Orang dengan skill ini biasanya adalah orang yang mampu melakukan updating wawasan dengan informasi baru karena memiliki minat belajar sehingga otak mereka bersifat fleksibel.

Baca Juga: Orang Tua: Anak Disekolahkan Agar Soft Skill-Nya Berkembang

Mereka tidak hanya menjadi terampil namun juga menjadi inovator. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan mengelola tekanan dan stress, bahkan memiliki kemampuan mengelola perubahan. Individu dengan skill ini sangat dibutuhkan oleh dunia kerja.

  • Leadership

Leadership skill merupakan skill yang kompleks, karena pada leadership skill ada banyak skill spesifik seperti, skill komunikasi, skill manajemen termasuk manajemen waktu dan skill mengelola stress.

Penguasaan skill ini menyebabkan individu memiliki nilai yang sangat berbeda. Oleh karena itu, robot canggih yang dapat menghitung dan melakukan diagnostic sekalipun tidak akan dapat menggantikan manusia menjadi pemimpin. Individu dengan leadership skill sangat dibutuhkan oleh dunia usaha.

  • Kreatif dan inovatif

Individu dengan skill kreatif dan inovatif akan menjadi sumber daya perusahaan yang sangat penting. Karena hidup perusahaan sangat bergantung oleh kreativitas dan inovasi individu dalam perusahaan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan untuk kelangsungan perusahaan.

Maka perusahaan yang ingin memiliki masa depan pasti mencari dan merekrut orang-orang kreatif dan inovatif. Selain itu, posisi orang kreatif dan inovatif di perusahaan, tidak akan dapat digantikan oleh robot.

  • Komunikasi

Skill lain yang pemilikannya membuat individu sangat bernilai adalah skill komunikasi. Pasalnya semua tahap penting di perusahaan didahului, diproses dan diakhiri dengan proses komunikasi.

Individu dengan pendapat yang berisi, dikomunikasikan dengan baik, dapat mencegah terjadinya banyak masalah, bahkan menyelesaikan banyak masalah. 

Skill komunikasi dapat menyerdehanakan banyak masalah, membuat proses perusahaan menjadi efisien dan suasana perusahaan menjadi menumbuhkan.

  • Critical thinking

Perusahaan akan sangat efektif bila semua pengambilan keputusan perusahaan dilandasi dengan kemampuan critical thinking pimpinan dan staf terkait.

Dengan critical thinking para pemimpin dan staf terkait, mengevaluasi pelaksanaan, capaian program, melakukan umpan balik, untuk memperbaiki proses. Kesalahan berpikir karena tidak terampil dalam critical thinking dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan.

Baca Juga: 16 Keterampilan Yang Harus Dikuasai Oleh Anak Milenial Di Abad 21

Oleh karena itu jika harus memilih individu untuk sebuah kepentingan, perusahaan akan memilih individu yang memiliki skill dalam critical thinking. Dengan demikian critical thinking menjadi salah satu skill yang penting.

  • Mahir teknologi

Teknologi akan terus berkembang. Penguasaan teknologi sekarang akan menjadi landasan bagi penguasaan perkembangan teknologi berikutnya. Oleh karena itu, mahir teknologi sekarang akan memudahkan untuk menguasai perkembangan teknologi berikutnya.

Lebih dari itu, hampir semua aspek pekerjaan individu dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien jika menguasai teknologi. Maka, mahir teknologi menjadi hard skill yang sangat penting dan individu dengan skill mahir teknologi sangat dibutuhkan dunia usaha.

Itulah tujuh skills yang sangat dibutuhkan oleh dunia usaha. Jika kita sepakat bahwa orientasi sekolah untuk hidup, maka para murid harus harus dibekali sedini mungkin dengan skills yang mereka perlukan untuk hidup mereka di masa depan.

Foto: kajianpustaka.com

4 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Tujuh Skills Yang Dibutuhkan Dunia Usaha, Sekolah Wajib Kembangkan […]

trackback

[…] Baca juga : Tujuh Skills Yang Dibutuhkan Dunia Usaha, Sekolah Wajib Kembangkan […]

trackback

[…] Baca juga : Tujuh Skills Yang Dibutuhkan Dunia Usaha, Sekolah Wajib Kembangkan […]