IGI Flores Timur Gelar Turnamen Gelora Lamaholot Cup

Event
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Flores Timur yang saat ini dinahkodai oleh Damsianus Sepulo Tukan, S. Pd, Guru SMP Negeri 1 Larantuka, menggelar turnamen perdana Gelora Lamaholot Cup IGI (GLC-IGI) Bola Voli SMP/MTs Tingkat Kabupaten Flores Timur.

Melalui kepanitiaan, sebanyak 18 tim yang telah mendaftar dan terlibat dalam turnamen ini antara lain, 3 tim dari pulau Adonara yakni, SMP Panca Karya Lite, SMPN 1 Adonara Tengah dan SMPK Phaladya Waiwerang.

Lima belas  tim dari Daratan Flores Timur (SMPS PGRI Larantuka yakni, SMPN 1 Larantuka tim A dan B, SMPN 1 Wulanggitang, SMPN Satu Atap Nobo tim A dan B, SMPN 1 Titehena, SMPS St. Isidorus Lewotala, SMPN 2 Larantuka.

Enam SMP sisanya dari daratan Flores adalah,  SMPN 1 Demon Pagong, SMPS St. Antonius Padua Leworahang, SMPN 1 Tanjung Bunga, SMPN 2 Tanjung Bunga, SMPS Katolik St. Gabriel Larantuka dan SMPN 3 Wulanggitang).

Baca juga : Kapan Dibuka Pendaftaran Calon Bintara POLRI, Berapa Kuotanya?

Adapun tujuan terselenggaranya kegiatan ini antara lain : 1) sebagai ajang silaturahmi antara peserta didik di sekolah-sekolah tingkat SMP se-Kabupaten Flores Timur, 2) menanamkan jiwa sportivitas dan rasa kebersamaan, 3) menyalurkan minat dan bakat dalam olahraga bola voli yang merupakan kegemaran sebagian besar para pemuda dan masyarakat Lamaholot.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Kabupaten Flores Timur, Drs. Petrus Pedo Maran, M.S.I (Sabtu, 19 Maret 2022) di Lapangan Bola Voli Setda Kabupaten Flores Timur.

Dalam amanat upacara pembukaan, Asisten II Kabupaten Flores Timur menyampaikan bahwa Pemerinta Daerah sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Organisasi Profesi Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Flores Timur.

“Melalui turnamen ini diharapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat dijadikan sebagai pedoman dalam berkolaborasi antara guru, siswa dan seluruh stakeholder pendidikan“, kata Pak Pit Pedo.

Lebih lanjut Beliau mengucapkan terima kasih kepada para siswa yang sudah mampu meninggalkan kebiasan menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar gadget, kini beralih untuk hal-hal yang positif termasuk terlibat dalam pertandingan ini.

Baca juga : Tujuh Skills Yang Dibutuhkan Dunia Usaha, Sekolah Wajib Kembangkan

Pemerintah berharap dengan adanya turnamen seperti ini dapat memunculkan bibit atlet bola voli yang berpotensi untuk tampil di tingkat provinsi maupun nasional.

Hadir dalam acara pembukaan di antaranya : Ketua Dewan Pakar Pembina IGI Daerah Flores Timur, RD. Thomas Darang Labina, Pr bersama anggota, Camat Larantuka, Aloysius Riberu, Kepala Seksi Ketenagaan Dikdas Dinas PKO Kabupaten Flores Timur, Rosalia Pung Muda, para Lurah dan Kepala Desa serta sejumlah Kepala Sekolah jenjang SD/MI hingga SMA/SMK.

Ketua Dewan Pakar Pembina IGI Daerah Flores Timur turut memberi semangat kepada Badan Pengurus IGI Daerah Flores Timur, Panitia Pelaksana serta segenap peserta turnamen.

“Pertandingan ini bukan hanya untuk mencari point atau angka, melainkan berjuang untuk mendapatkan nilai-nilai pendidikan melalui pertandingan”, kata Romo Thomas, Pr yang juga selaku Ketua Yapersuktim Keuskupan Larantuka.

Ketua Panitia Pelaksana, Paulus Kumanireng, S. Pd dalam laporan yang dibacakan oleh Sekretaris Panitia, Yohanes Jong Kwure, S. Pd menyatakan bahwa keberhasilan kegiatan ini sangat bergantung pada keterlibatan dari semua pihak yang peduli akan pengembangan potensi diri peserta didik Lamaholot.

Untuk itu panitia mengucapkan limpah terima kasih kepada Pemerintah Daerah Flores Timur, Pihak Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Flores Timur, Ketua bersama anggota Dewan Pakar Pembina IGI Flores Timur yang telah memberikan dukungan.

Juga Badan Pengurus dan segenap Panitia, para donatur serta para undangan yang dengan caranya masing-masing telah memberikan dukungan baik moril maupun materil untuk suksesnya turnamen ini.

IGI Flores Timur mengusung kegiatan dengan nama Gelora Lamaholot Cup. Sesuai dengan nama kegiatan penyelenggaraan pertandingan ini memiliki harapan tersendiri, para peserta pertandingan yang berasal dari siswa SMP/MTs se-Kabupaten Flores Timur.

Mereka diharapkan tidak hanya berpikir tentang kalah dan menang dalam pertandingan tetapi lebih dari itu berupaya memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan untuk tumbuh dan maju bersama membangun nilai-nilai luhur Lamaholot.

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments