Ingin Hidupmu Berdampak di tahun 2022? Bangun Kebiasaan Baik Ini!

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Kita telah memasuki tahun 2022 setelah melewati banyak peristiwa di tahun 2021. Selain banyak pengalaman suka dan duka, harusnya ada banyak pembelajaran melalui peristiwa-peristiwa tersebut.

Pembelajaran dari suka dan duka, melalui peristiwa-peristiwa tersebutlah yang membawa pertumbuhan dalam hidup kita. Selain kemampuan belajar dari peristiwa hidup, pertumbuhan juga terjadi ketika kita mulai memiliki komitmen untuk membangun kebiasaan-kebiasaan baik dalam hidup kita.

Namun membangun kebiasaan baik tidak selalu mudah. Diperlukan landasan berpikir yang benar dan komitmen yang kuat untuk dapat bertahan dengan kebiasaan baik tersebut. Apalagi sebelumnya kita memiliki kebiasaan yang buruk.

Berikut ini enam kebiasaan baik yang dapat kita mulai untuk hidup lebih berdampak di tahun yang baru:

  1. Fokuslah pada tujuanmu

Harusnya kita selalu memiliki tujuan setiap kali kita mengerjakan sesuatu. Namun untuk mencapai tujuan tersebut, selalu ada masalah yang menghadang.

Banyak orang fokus pada masalah tersebut dan berhenti karena masalah tersebut. Padahal harusnya, jika tujuan belum tercapai, kerja masih harus terus dilakukan.

Baca Juga : Akhir Tahun Dan Spirit Kemanusiaan Yang Tak Berakhir

Pekerja yang baik harus berpikir sekuat tenaga untuk memecahkan masalah. Tidak ada masalah yang tidak bisa dipecahkan. Kreativitas manusia diuji di sini.Jadi fokuslah pada tujuan, bukan masalahnya.

Bahkan kita bekerja agar masalah dipecahkan untuk mencapai tujuan. Sebelum tujuan tercapai, jangan pernah berhenti berupaya sebesar apapun masalah tersebut menghadangmu. Dan kualitasmu akan muncul di titik tersebut.

  1. Berhentilah bertindak untuk menyenangkan orang lain

Banyak orang kecewa bahkan menderita, lantaran tindakannya tidak membuat orang lain senang. Mereka menjadikan kesenangan orang lain sebagai tujuan dari tindakannya.

Padahal kesenangan orang lain harusnya bukan tujuan dari tindakan kita. Kesenangan haruslah merupakan efek dari tindakan kita. Selain itu, kesenangan orang lain bukan tanggung jawab kita.

Kita tidak diciptakan untuk menjadi seorang people pleasure. Berfokuslah pada hidupmu, melakukan semua hal baik, dan berdampak positif bagi sesama. Kesenaganmu dan kesenagan orang lain akan muncul sebagai efeknya.

Kesenangan orang lain juga bukan tugasmu. Fokuslah pada tujuan baikmu. Jika tujuan baikmu tercapai, akan berdampak membahagiakan orang lain.

  1. Biasakan sikap tanggung jawab

Sikap tanggung jawabmu membuatmu selalu tampil menjadi aktor, bukan reaktor, dalam berbagai peristiwa. Apapun yang kita lakukan adalah tanggung jawab kita sepenuhnya.

Baca Juga : Kenalilah Delapan Jam Biologis Tubuhmu, Untuk Hidup Lebih Sehat

Jika ada masalah, seorang aktor bertanggung jawab untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah. Ia tidak menjadi reaktor yang menyalahkan orang lain dan mencari pembenaran dari  kesalahan tersebut.

Ketika kita bertanggung jawab terhadap hidup kita, maka hidup kita akan menjadi lebih dinamis, kita akan lebih puas, tidak larut dalam penyesalan dan saling menyalahkan.

  1. Menuntaskan hal yang sudah dimulai

Banyak orang memulai sesuatu dengan baik, namun berhenti di tengah jalan, padahal tujuannya belum tercapai, pekerjaannya belum tuntas.

Jika ini terjadi pada tahun-tahun yang lewat, tahun ini bangun kebiasaan baru, jadilah orang yang bertanggung jawab. Tuntaskan sesuatu yang sudah dimulai, apapun masalahnya.

  1. Mengawali hari dengan optimisme

Setiap hari selalu ada tantangan, peluangnya, dan kejutannya tersendiri. Jika situasi hari ini negatif, belum tentu situasi tersebut berulang besok.

Maka janganlah memulai harimu dengan kegelisahan, suasana muram, dan pesimisme karena situasi kemarin.

Mulailah harimu dengan cara berpikir positif, semangat dan optimisme. Karena cara berpikirmu menentukan tindakanmu.  Pikiran, semangat dan optimismemu akan mempengaruhi tindakanmu.

Baca Juga : Hidup Bahagia Vs Hidup Bermakna

Tindakanmu akan menjadi tindakan positif, semangat dan optimismemu mempengaruhi orang di sekitarmu dan kolaborasi dengan orang di sekitarmu terjadi. Pada gilirannya tujuanmu akan jadi lebih mudah tercapai.

  1. Biasakan hidup seimbang

Semua orang punya jumlah waktu yang sama yakni 24 jam sehari. Kita ditantang untuk menggunakan waktu ini dengan efektif.

Harus ada keseimbangan antara waktu yang kita pakai untuk bekerja, bergaul secara sosial, berolah raga, dan beristirahat.

Untuk hidup sehat, para ahli kesehatan menyarankan istirahat yang cukup (tidur pada malam hari) setidaknya 7-8 jam per hari. Selain itu, dianjurkan rutin berolah raga, setidaknya 20 menit setiap hari.

Istirahat yang cukup pada malam hari membuat kita lebih bugar dan lebih siap menghadapi tantangan harian kita.

Sedangkan olah raga yang rutin, selain baik untuk kesehatan, olah raga rutin mengeluarkan hormon endorphin yang membuat kita lebih bahagia dan semangat.

Itulah enam kebiasaan baik yang perlu kita upayakan dengan cara berpikir yang benar dan dengan komitmen yang kuat, agar hidup yang kita jalani di tahun 2022 menjadi lebih berdampak dan bermakna bagi orang di sekitar kita.

Foto:bandungkita.id

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Ingin Hidupmu Berdampak Di Tahun 2022? Bangun Kebiasaan Baik Ini! […]