Ini Jadwal Penting SNMPTN yang Harus Dicermati. Jangan Sampai Terlewatkan

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT) akan mengumumkan kuota SNMPTN 2022 pada tanggal 28 Desember 2022. Sekolah akan memperoleh jumlah kuota berdasarkan hasil akreditasi terakhir sekolah tersebut.

Kuota untuk sekolah dengan akreditasi A adalah 40% dari siswa terbaik. Sedangkan sekolah dengan akreditasi B memperoleh kuota sebesar25%. Dan sekolah dengan akreditasi C mendapat kuota sebesar 5% bagi siswa terbaiknya.

Namun distribusi kuota hanya dilakukan oleh LTMPT jika sekolah memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi ini. Diharapkan sekolah hanya memasukkan data siswa yang memenuhi persyaratan.

Pengumuman kuota akan dilakukan melalui website LTMPT, seperti disampaikan oleh Riza Satria Perdana dalam sosialisasi PDSS, SNMPTN dan SBMPTN 2022 pada Jumat (24/12/2021) yang lalu.

Baca Juga: Tingkat Drop Out Mahasiswa Tinggi Pada Lima Program Studi Ini. Apa Upaya Untuk Mencegahnya?

“Terkait kuota yang akan disampaikan pada 28 Desember nanti, kami sampaikan berdasarkan data yang kami peroleh dari Pusdatin Dapodik,” jelas Risa Satria.

Riza menegaskan bahwa jika nanti kuota yang diumumkan belum benar, maka sekolah silakan meng-up date data pada dapodik sekolah.

Selain itu, sekolah juga diharapkan menggunakan waktu sanggah jika kuota yang didistribusikan tidak sesuai dengan data sekolah. Masa sanggah tersebut berlangsung hingga Jumat, 17 Januari 2022 pukul 15.00 WIB.

Riza juga menegaskan bahwa jika dalam pelaksanaan pemerinngkatan dan pengisisan PDSS terdapat beberapa murid dengan jumlah nilai yang sama maka,  silakan menggunakan kriteria sekolah untuk menetapkan data salah satu murid yang masuk, sehingga tidak terjadi penambahan kuota.

Baca Juga: Beasiswa Indonesia Maju, Untuk Murid Kelas XII Melanjutkan Studi S1 Di Luar Negeri

Jadwal berikut yang harus dicermati sekolah adalah pembuatan akun LTMPT sekolah. Jika operatornya masih sama maka dapat menggunakan akun lama. Pembuatan akun dibuka tanggal 4 Januari-15 Januari 2022.

Data yang dibutuhkan dalam pembuatan dan pengisian akun LTMPT adalah NPSN sekolah, NISN murid dan tanggal lahir murid.

Sedangkan pengisian PDSS akan dibuka tanggal 8 Januari – 8 Februari 2022. Setelah proses ini, murid yang datanya masuk PDSS, mendaftar SNMPTN pada laman http://portal.ltmpt.ac.id, akan dibuka 14-28 Februari 2022.

Proses ini dilakukan oleh murid. Mereka harus memilih perguruan tinggi dan program yang dituju. Setelah itu mengunggah portfolio jika mendaftar program studi Olah Raga atau Seni.

Data ini akan diverifikasi dan diseleksi oleh perguruan tinggi dengan kriteria masing-masing PTN. Hasilnya akan diumumkan tanggal 29 Maret 2022. Selamat berproses. Semoga berhasil.

Foto: www.detik.com

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments