Beasiswa Indonesia Maju, Untuk Murid Kelas XII Melanjutkan Studi S1 di Luar Negeri

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) me-launchingProgram Beasiswa Indonesia Maju. Pupresnas adalah lembaga yang merupakan bagiann dari Kementrian Pendidikan, Keudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenbudristek).

Beasiswa Indonesia Maju didisain untuk mendukung murid kelas XII SMA/SMK/MA berprestasi pada ajang seperti lomba, kompetisi, atau festival di bidang Sains, Inovasi, Riset dan Teknologi, untuk melanjutkan studi S1 di perguruan tinggi di luar negeri.

Menurut Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja sama dan Hubungan Masyarakat Kemenbudristek, Anang Ristanto, pada angkatan pertama ini beasiswa disediakan untuk 100 orang calon penerima.

Menurut Anang, 100 orang penerima ini, setelah diterima, mereka harus mengikuti dua tahap, yakni tahap pembinaan, dan tahap kuliah. Tahap pembinaan tersebut terdiri dari asesmen dan bimbingan dalam menentukan pilihan program studi, dan universitas tujuan.

Setelah tahap pembinaan diselesaikan, ditandai dengan penerimaan di perguruan tinggi pilihan, penerima beasiswa mulai beraktivitas sebagai mahasiswa di universitas pilihannya. Selama proses tersebut  penerima beasiswa didanai penuh mencakup biaya pendidikan dan biaya penunjang selama empat tahun.

Baca Juga : Ini Cara Belajar Efektif Menurut Harvard University

Setelah lulus, penerima beasiswa wajib menjalani ikatan dinas pada negara dalam waktu tertentu.

Pada angkatan pertama ini, tersedia 36 perguruan tinggi tujuan yang tersebar di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Singapura, Taiwan, Kanada, dan China. Ke-36 perguruan tinggi di negara-negara tersebut adalah perguruan tinggi terbaik.

Syarat Menerima Beasiswa Indonesia Maju

Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelamar.

  • Pelamar adalah warga negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.
  • Terdaftar sebagai nurid kelas XII di SMA/SML/MA, dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai rapor kelas X, XI, dan kelas XII semester 5.
  • Tercatat sebagai pemenang atau finalis pada lomba, kompetisi, atau festival tingkat nasional, internasional dalam bidang inovasi sains, riset, dan teknologi, yang diikuti dalam dua tahun terakhir oleh Kemendikbudristek. Dilampiri sertifikat,piagam pemenang, atau surat keputusan.
  • Melampirkan sertifikat kemampuan bahasa asing (optional)
  • Mengisi profil dalam formulir pendaftaran online pada laman https://pusatprestasinasional.kemendikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/
  • Membuat surat pernyataan mengikuti program beasiswa bermaterai Rp 10.000 dengan format yang ditentukan.

Baca Juga : Dampak Adiksi Gadget, Gangguan Kecemasan, Dan Bullying Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik

  • Melampirkan surat persetujuan dari orang tua untuk mengikuti program beasiswa, ditandatangani di atas materai Rp 10.000, dengan format yang ditentukan.
  • Menyusun tiga essai aplikasi yang terdiri dari total 600-900 kata dengan Bahasa Inggris.

Cara Mendaftar Beasiswa Indonesia Maju

Jika memenuhi persyaratan dapat mendaftar beasiswa ini. Namuh sayangnya jadwal pendaftaran untuk tahun ini sudah ditutup. Meskipun demikian, pengetahuan tentang keberadaan beasiswa ini tetap penting, karena akan dibuka setiap tahun.

Cara mendaftarnya dilakukan secara online pada laman:

https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/

Pendaftar melengkapi dan menggungah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.

Pendaftar yang telah mengunggah semua persyaratan,  akan menerima e-mail notifikasi yang menyatakan bahwa ia telah terdaftar.

Bagi murid SMA/SMK/MA, khususnya kelas XI, yang berminat memanfaatkan tawaran ini, peluang akan datang  kembali tahun depan. Apalagi bila Anda telah meraih prestasi pada ajang lomba tertentu. Selamat menyiapkan diri. 

Foto:okezone.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of