Kepala Sekolah Terkaya dengan Harta 1,6 Trilyun Berasal dari Kota Tangerang

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Berdasarkan laporan yang tertera pada laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Kepala SMKN 5 Kota Tangerang Nurhali, sebagai pejabat, memiliki kekayaan sebesar Rp 1,6 trilyun.

Dengan kekayaan sebesar ini, Nurhali berada di urutan ke-7 dari 10 pejabat terkaya di Indonesia. Dengan kekayaan senilai itu, Nurhali berada dua level di bawah Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, yang memiliki kekayaan sebesar Rp 2,02 trilyun.

Tentang kebenaran laporan tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten, Komarudin, seperti dikutip detiknews menyatakan bahwa laporan Kepala SMKN 5 Kota Tangerang tersebut adalah benar. Dia menyebut isian laporan ke KPK masuk akal.

“Itu sudah dikonfirmasi kita, dan kita cek juga. Memang benar. Cara mengisinya juga benar, perolehan benar, dan masuk akal,” kata Komarudin.

Baca Juga: Banyak Guru ASN Dapat Kehilangan Pekerjaan Jika Tidak Mampu Beradaptasi

Pada laman LHKPN KPK, tampak bahwa sebagai pejabat, Nurhali rutin menyampaikan LHKPN sejak 12 Juli 2019, 14 Januari 2020, dan terakhir disampaikan tanggal 17 Februari 2021.

Nurhali mengaku sebagai ASN dirinya wajib melaporkan harta kekayaan yang ia miliki seperti yang diinstruksikan oleh KPK

“Saya melaporkan berdasarkan apa yang ada dan dimiliki. Ada harta bergerak dan ada yang tidak bergerak,” kata Nurhali.

Tentang harta tersebut, Nurhali sempat menjadi sorotan karena ia dan istrinya diketahui tidak punya bisnis apapun. Sedangkan, pekerjaan Nurhali hanya sebagai ASN, dan menjabat sebagai Kepala Sekolah sejak 2011.

Baca Juga: Kesejahteraan Guru Hendak Diupayakan Melalui Revisi UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003

Kepada wartawan ia kemudian menjelaskan harta yang tidak bergerak di antaranya berupa tanah di Pantai Indah Kapuk seluas 80.000 meter persegi seharga Rp 1,6 trilyun. Tanah ini adalah warisan dari orang tua istri. Semasa hidup mertuanya memang pedagang.

Selain tanah warisan tersebut, ia juga memiliki 5 bidang tanah lain di Tangerang dan Jakarta Utara, berupa tanah warisan maupun hasil sendiri. Di samping itu, Nurhali juga memiliki dua mobil; satu mobil Pajero Dakar tahun 2015, Honda Jazz tahun 2011 dan satu sepeda motor serta harta lain, sehingga total harta kekayaan bruto nya adalah Rp 1.602.018.500.000

Pada laman LHKPN tersebut juga tercatat Nurhali memiliki utang sebesar Rp 46.000,000. Sehingga total harta kekayaan bersih Nurhali sebesar Rp 1.601.972.500

Meskipun memiliki harta sebanyak itu, Nurhali tetap sederhana dan rendah hati. Nurhali mengaku tidak merasa menjadi orang kaya. Kondisi keluarga mereka menurutnya biasa-biasa saja.

“Saya tidak merasa menjadi orang kaya. Biasa-biasa saja kok. Rumah saya bahkan dekat kuburan. Biasa saja,” jelas ayah 4 anak yang 1 Maret 2022 nanti akan memasuki masa pensiun ini menjelaskan

Foto: kabar6.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of