Webometrics Rilis 10 Universitas Terbaik di Indonesia

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Kelompok riset Webometrics yang bekerja sama dengan Consenjo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) melakukan riset dan kajian tentang peringkat universitas terbaik di Indonesia.

Adapun tujuan dari pemeringkatan ini adalah untuk mempromosikan akses terbuka terhadap ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh universitas.

Dalam setahun Webometrics mengeluarkan dua kali rilis peringkat perguruan tinggi di seluruh dunia, yakni pada bulan Februari dan bulan Juli. Rilis yang Eduers baca ini adalah rilis terbaru dari lembaga tersebut.

Baca Juga: Binus University Dan 8 Universitas Negeri Dari Indonesia, Masuk Top 1000 Ranking Universitas Dunia

Adapun indikator dalam penelitian ini adalah dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas web kampus. Selain dari tampilan web, ada juga beberapa indikator lainnya.

“Kami memperhitungkan komitmen mengajar, hasil penelitian, prestise internasional yang dirasakan, hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi, universitas,” katanya seperti dikutip dari laman resminya, 4 Juli 2021.

Menariknya, kegiatan ini melibatkan universitas di Indonesia sebagai objek riset Webometrics. Dari hasil riset tersebut, diperoleh hasil sepuluh universitas terbaik beserta peringkatnya secara global.

  1. Universitas Indonesia (Peringkat ke-657)
  2. Universitas Gadjah Mada (Peringkat ke-813)
  3. Institut Pertanian Bogor (Peringkat ke-1089)
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Peringkat ke-1091)
  5. Universitas Brawijaya (Peringkat ke-1221)
  6. Universitas Airlangga (Peringkat ke-1323)
  7. Telkom University (Peringkat ke-1376)
  8. Institut Teknologi Bandung (Peringkat ke-1650)
  9. Universitas Bina Nusantara (Peringkat ke-1912)
  10. Universitas Sebelas Maret Surakarta (Peringkat ke-2000)

Jika dicermati, peringkat ini tidak mengambarkan perkembangan yang luar biasa dari perkembangan mutu pendidikan tinggi di Indonesia karena hanya universitas yang itu itu saja.

Selain itu, dari sepuluh universitas tersebut, seluruhnya adalah universitas yang beroperasi di Jawa. Tidak ada satupun universitas negeri di luar Jawa yang masuk dalam jajaran tersebut. Peringkat dunia yang mereka duduki pun belum ada yang mencapai 500 besar dunia.

Namun data lain yang menggembirakan adalah pada jajaran sepuluh besar tersebut masih terselip dua universitas swasta yakni Universitas Telkom dan Bina Nusantara University. Bagi Universitas swasta tentu saja ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

Pencapaian universitas swasta ini tentu saja menggambarkan mutu tatakelola dan capaian yang luar biasa. Oleh karena itu harusnya mendapat apresiasi dari pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga: Lima Puluh Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Di Indonesia Versi Webometrics

Universitas swasta dengan capaian seperti ini memperoleh kemudahan seperti terbebaskan dari proses seperti akreditasi dari pemerintah dan memperoleh kemudahan dalam membuka program studi yang baru.

Bagi universitas swasta, capaian seperti ini harus disosialisasikan dengan sebaik-baiknya agar dapat berdampak pada proses pendaftaran mahasiswa baru. Karena hingga saat tidak semua orang mengetahui bahwa universitas seperti Bina Nusantara University, mencapai peringkat dunia.

Kita berharap publikasi peringkat Universitas seperti ini, memicu pemerintah untuk bekerja lebih baik untuk mendorong pengembangan mutu pendidikan tinggi, tidak hanya di Jawa tetapi juga diluar Jawa. Juga diharapkan memacu perguruan tinggi swasta untuk megembangkan universitasnya.

Foto: binus.ac.id

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments