Mengenal 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Tiga Lembaga Peringkat Dunia

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Informasi mengenai universitas terbaik di Indonesia banyak dicari calon mahasiswa yang masih bimbang menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Ada sejumlah lembaga pemeringkatan yang rutin melakukan penilaian terhadap universitas yang ada di seluruh dunia.

Lembaga tersebut termasuk melakukan penilaian terhadap universitas di Indonesia. Universitas terbaik di Indonesia berdasarkan hasil pemeringkatan beberapa lembaga pemeringkatan internasional bisa menjadi referensi calon mahasiswa.

Ranking perguruan tinggi esensinya menghasilkan acuan kepada perguruan tinggi yang lain. Karena ranking menjadi poin utama dalam melihat suatu sistem pendidikan yang dijalankan sudah baik atau belum.

Dan perguruan tinggi yang memiliki ranking yang baik sebenarnya mereka menjadi perguruan tinggi yang dapat dicontoh siswa dalam menentukan pilihan.

Beberapa lembaga pemeringkatan internasional seperti Times Higher Education World University Rankings 2022 (THE WUR), Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) hingga 4 International College and Universities (4ICU) UniRank.

Lantas seperti apa profil ketiga lembaga ini. Pertama TheWur sendiri merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia.  Penilaian yang mereka lakukan mengacu pada lima bidang yakni teaching (pengajaran), research (penelitian), transfer knowledge (transfer pengetahuan), dan international outlook.

Baca juga : UGM Tutup 15 Prodi D3 Dan Gantikan Dengan Prodi Sarjana Terapan

Kedua QS World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). QS World University Rankings sebelumnya dikenal sebagai THE-QS World University Rankings, bekerja sama dengan majalah Times Higher Education (THE) untuk menerbitkan tabel liga internasional dari tahun 2004-2009 sebelum keduanya mulai mengumumkan versi mereka sendiri.

Ketiga Uni Rank. UniRank merupakan lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang berpusat di Sydney, Australia. Melansir laman UniRank, Jumat (12/8/2022) memberitahukan ada 3 kriteria UniRank dalam menentukan perguruan tinggi terbaik, yakni: Telah diakui dan terakreditasi oleh lembaga pendidikan tinggi Indonesia.

Universitas terbaik di Indonesia versi THE WUR 2022 Untuk pemeringkatan 2022, THE World University Rankings melibatkan lebih dari 1.600 universitas di 99 negara. Secara keseluruhan, THE WUR 2022 mengumpulkan lebih dari 430.000 data dari lebih dari 2.100 institusi. Berikut ini peringkatnya.

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  4. Universitas Airlangga (Unair)
  5. Bina Nusantara (Binus) University
  6. Universitas Brawijaya (UB)
  7. Universitas Diponegoro (Undip)
  8. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  9. Universitas Hasanuddin (Unhas)
  10. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Lembaga Universitas terbaik versi QS WUR 2022 Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR memberi catatan peringkat sebagai berikut:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Peringkat dunia: 254
  2. Universitas Indonesia (UI) Peringkat dunia: 290
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB) Peringkat dunia: 303
  4. Universitas Airlangga (Unair) Peringkat dunia: 465
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB) Peringkat dunia: 511-520
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Peringkat dunia: 751-800
  7. Universitas Padjadjaran (Unpad) Peringkat dunia: 801-1.000
  8. Bina Nusantara University (Binus) Peringkat dunia: 1.001-1.200
  9. Universitas Diponegoro (Undip) Peringkat dunia: 1.001-1.200
  10. Telkom University

Baca juga : Praktik Pembelajaran Demokrasi Siswa Dari Depok, Jakarta Utara, Hingga Manggarai Flores

Selanjutnya lembaga pemeringkatan perguruan tinggi 4 International College and Universities (4ICU) merupakan lembaga pembuat ranking perguruan tinggi internasional yang berpusat di Sydney, Australia. Berikut 10 universitas terbaik di Indonesia versi UniRank 2022:

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Universitas Brawijaya (UB)
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  5. Universitas Airlangga (Unair)
  6. Universitas Bina Nusantara (Binus)
  7. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  9. Universitas Diponegoro (Undip)
  10. Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dengan mendapatkan legitimasi posisinya sebagai yang terbaik, sebuah perguruan tinggi akan mendapat kepercayaan yang lebih besar dari pemerintah, swasta, juga masyarakat.

Hal ini tentunya berdampak pada meningkatnya kerjasama dengan pemerintah maupun swasta. Dan yang paling penting, perguruan tinggi ini semakin mampu meluluskan alumni yang bermutu sehingga berdampak lebih positif dalam pembangunan negeri ini.

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Mengenal 10 Universitas Terbaik Di Indonesia Versi Tiga Lembaga Peringkat Dunia […]