Candle Tree Senior High School: Online Novel Launching

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Pengalaman-pengalaman hidup yang membekas dalam hati nurani seorang manusia akan menjadi monumen mental bagi manusia tersebut. Monumen ini akan terus menggaung dalam ruang batin manusia tersebut selama dia hidup.

Ketika monument mental itu bersifat positif maka akan menambah energi positif dalam perkembangan pribadi manusia tersebut.

Seorang pendidik harus sungguh menyadari hal ini dan berupaya agar anak-anak didiknya memiliki monumen mental positif yang bermanfaat bagi perkembangan jiwanya di masa depan.

Dalam upaya untuk mewujudkan ini SMA Candle Tree pada tanggal 5 Juni 2021 yang lalu mengadakan acara Short Story Compilation and Novel Launching yang dilaksanakan secara daring. Di mana acara ini dikerjakan oleh para murid di bawah pendampingan guru-guru.

Baca Juga : SMA Candle Tree – Konsisten Sebagai School Of Leadership Melalui Pembuatan Leadgram Kelas

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, salah satu permanen program yang wajib dikerjakan adalah proyek penulisan novel dan cerpen berbahasa Inggris. Selama masa pandemic, program ini mengalami tantangan yang tidak mudah karena anak – anak tidak dapat bertemu secara fisik.

Semua dilakukan secara daring. Namun keterbatasan ini tidak memupus semangat anak-anak untuk tetap menjalani dan mewujudkan proyek ini.

Proyek launching novel ini merupakan kegiatan rutin tahunan sekolah, namun secara daring ini adalah yang pertama. Murid kelas XII IPA telah membuktikan bahwa kondisi pandemi seperti ini tidak akan menghalangi mereka dari mimpi mereka mengadakan novel launching yang menarik dan istimewa.

 

Para guru memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi angkatan ini karena mereka telah membuktikan bahwa mereka mampu melakukan hal-hal luar biasa yang bahkan melebihi dari yang seharusnya.

Mereka adalah generasi milenial, generasi yang sangat cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sehingga dengan cepat pula mereka berproses untuk mengubah masalah menjadi tantangan akhirnya melahirkan karya yang istimewa ini.

Buah dari proyek ini bukan hanya yang kelihatan seperti novel, buku kumpulan cerpen, dan acara launching ini. Namun juga yang tidak kelihatan yang lebih berdampak lama dan berguna bagi masa depan mereka.

Baca Juga : Edu Fair Virtual SMA Candle Tree 2020 – Tradisi SMA Candle Tree Mewujudkan Impian Siswanya

Buah yang tidak kelihatan seperti rasa percaya diri, kemandirian, optimisme dalam menghadapi tantangan, serta soft skills. Hal tersebut terlihat dari binar mata mereka, yang memancarkan kegembiraan.

Satu novel berjudul Bluebird dan kumpulan cerpen berjudul You, me and Indonesia telah mereka hasilkan. Bluebird adalah kerja kolaborasi antara 4 anak : Tania Mudita, Jessica Angelina, Jessica, dan Gloria Vionica.

Semua kumpulan cerpen adalah karya semua anak IPA yang bekerja secara kolaboratif. Acara launching sendiri di bawah koordinasi Bill Ritchie sebagai pemimpin proyek.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of