Kiprah Ruang Guru dalam Peta Pendidikan Indonesia

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com: Ruang guru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Hari-hari ini telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruang guru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruang guru.

Ruang guru juga bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia.

Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia.

Di tahun 2019, mereka mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young. Ruang guru juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MITAtlassian PrizeUNICEF Innovation to WatchGoogle Launchpad Accelerator dan ITU Global Industry Award.

Baca juga: 5 Kemampuan Baru Yang Sebaiknya Dimiliki Guru

Hari-hari ini ruang guru berhasil masuk daftar perusahaan teknologi di bidang pendidikan (edtech) paling transformatif di dunia versi GSV Ventures. Ruang guru merupakan satu-satunya perusahaan asal Indonesia dan Asia Tenggara yang masuk di dalam daftar tersebut.

Selain Ruang guru, perusahaan lain kebanyakan berasal dari Amerika Serikat, Tiongkok, dan India. Ada 17 perusahaan asal Amerika Serikat, 16 perusahaan asal Tiongkok, dan 6 perusahaan asal India yang ada di dalam daftar ini.

Tentu prestasi ini hanya dapat tercapai berkat kerja keras seluruh tim di Ruang guru yang bekerja dengan semangat tulus untuk melayani 20 juta pengguna ruang guru.

Sebagai informasi, GSV Ventures merupakan platform global yang fokus memberikan perhatian dan mengangkat inovasi pada sektor pendidikan dan pekerjaan. Berdasarkan pernyataaan dari laman resmi GSV Ventures, platform yang berhasil masuk dalam daftar ini merupakan perusahaan yang berhasil membantu transisi ruang kelas dari offline ke online.

Ruang guru dalam kiprahnya memiliki banyak fitur untuk mendukung kegiatan belajar dan pembelajaran siswa di luar sekolah yang menggunakan media Aplikasi Mobile (Android & iOs).

Fitur utama yang ditawarkannya berupa video pembelajaran yang dibawakan oleh guru-guru terkualifikasi, dilengkapi oleh animasi yang memperjelas materi yang disampaikan. Dengan memperhatikan pendekatan dan metode pembelajaran yang ada pada Ruang guru ada banyak hal efektip yang terjadi.

Materi disajikan dalam video singkat namun sangat jelas. Tidak hanya itu, setelah menjelaskan materi melalui video, ruang guru juga memberikan kuis singkat sebagai bentuk konfirmasi. Itu adalah salah satu poin penting yang hilang dari pembelajaran daring, konfirmasi dari guru.

Baca juga: Terinspirasi Melalui Pengajaran Guru Di Sekolah, Greta Thunberg Menjadi Pejuang Belia Lingkungan

 Keunggulan  lain  ruangguru adalah mengisi ruang yang selama ini kosong dan tidak merata untuk peserta didik. Mudahnya, melalui aplikasi Ruang Guru, anak dapat bertemu dengan guru-nya kapan saja, tanpa harus kelelahan dan jenuh dengan membaca catatan atau buku paket sekolah.

Aplikasi ini juga memberikan nilai lebih bagi gawai yang dimiliki anak. Kini, mereka memiliki satu aplikasi tambahan yang dapat membantu proses belajar dari sumber rujukan tepercaya dan sesuai dengan kurikulum. Kenyataan ini mendorong banyak pihak mengapresiasi kehadiran ruang guru dalam proses pembelajaran

Sumber foto: republika.co.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of