Cara Mengatasi Batuk dan Pilek

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Setiap orang pasti menginginkan kesehatan yang lebih baik. Namun banyak orang dengan alasan berbagai kesibukan, tidak serius memberikan perhatian terhadap kesehatannya. Memang kesibukan pekerjaan seringkali membuat seseorang lupa terhadap kesehatan.

Batuk dan pilek misalnya, rata–rata menyerang 10% sampai dengan 25% suatu populasi manusia. Batuk merupakan respon dari tubuh untuk mengeluarkan, membersihkan lendir dari saluran pernafasan.

Lendir itu sendiri merupakan reaksi tubuh untuk meringankan peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan. Jadi tubuh sengaja memproduksi lendir guna melapisi pernafasan yang sedang meradang.

Siapapun bisa menghindari batuk dengan cara menjauhi asap rokok, atau menghilangkan kebiasaaan merokok. Bisa juga dengan menjauhi sumber debu, asap, dan sebagainya. Selain membahayakan diri sendiri, perilaku merokok juga membahayakan orang lain.

Baca Juga: Bagaimana Mengenali Gejala Jika Terinfeksi Virus Corona?

Tingkat risiko terkena penyakit pernafasan pada anak dari orangtua perokok sangat tinggi. Anak-anak sangat rentan karena belum memiliki sistem imun yang berkembang sepenuhnya.

Dalam bukunya, Prof. H. M Hembing Wijayakusuma menjelaskan bahwa influenza disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, dan C yang ditularkan lewat saluran pernafasan. Adapun gejalanya adalah suhu tubuh terasa panas secara mendadak, sakit kepala, menggigil, batuk, sakit pada otot – otot, serta badan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Jika sedang terserang influenza, pasien disarankan untuk beristirahat agar tidak terserang penyakit lain.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita influenza adalah bawang putih, bawang merah, daun mentah, jahe, sop ayam dan makanan-makanan lain yang mengandung vitamin C. Sementara makanan yang tidak dianjurkan adalah es dan daging kambing.

Baca Juga: Sari Jahe Merah dapat Menangkal Virus Corona?

Untuk menyembuhkan batuk, ramuan yang banyak dianjurkan adalah rebusan 25 gram jamur putih kering, 75 gram jali (keduanya direndam hingga lembut), dan 15 gram kulit jeruk mandarin kering dalam 600 cc air, hingga tersisa 300 cc.

Selain airnya diminum, jamur putih kering dan jalinya dapat dimakan. Ada juga yang menyarankan untuk mengkonsumsi air perasan dari 25 gram oyong yang sudah dipotong-potong dan direbus pada air secukupnya.

Sedangkan untuk penderita influenza, ramuan yang dianjurkan adalah air rebusan dua batang daun bawang putih dan dua ruas jahe. Selain itu, air rebusan 30-60 gram sawi tanah segar dan 10-15 gram bawang putih yang sudah disaring juga dapat dijadikan alternatif. (Sumber: sains.kompas.com)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of