Brush Stroke Community, Komunitas Pelukis Indonesia Didirikan di Tangerang Selatan

Hobby
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Belum lama ini seniman lukis Tangerang Selatan dan sekitarnya, bersepakat untuk mendirikan organisasi yang mereka sebut Brush Stroke Community. Organisasi ini didirikan untuk mewadahi seniman pelukis dari berbagai aliran lukisan, dari berbagai kalangan dan daerah. Organisasi sangat mengusung kebebasan berekspresi.

“Selama ini, hampir semua seniman berkarya secara individual. Yang dilakukan cuma melukis sesuai dengan gerakan hatinya. Setelah itu tidak ada upaya lebih aktif seniman untuk memperkenalkan karya kepada kolektor ataupun penikmat seni. Jika ingin berkembang lebih baik, sesama seniman harus bersinergi, bahkan sinergi dengan profesi lain, sehingga seni lukis lebih berkembang lagi”, jelas Ario Respati, salah satu pendiri Brush Stroke Community, tentang latar belakang organisasi ini didirikan.

Selain memperkenalkan pelukis dan karyanya sebagai karya kreatif yang sangat bernilai, Brush Stroke Community juga bertujuan mengedukasi masyarakat tentang seluk  beluk seni lukis. Dalam rangka itu, saat ini komunitas ini melakukan aksi melukis secara on the spot pada hari Sabtu dan Minggu pagi di Taman Kota Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan. “Dengan melukis secara on the spot ini kami ingin lebih aktif menghampiri masyarakat agar masyarakat lebih mengenal seni lukis, mengenal lukisan sebagai karya kreatif. Kami ingin masyarakat mengetahui bahwa semua lukisan mengandung pesan bernilai, pada semua lukisan ada kandungan filosofis dan ada semangat pelukisnya”, kata Amor, salah satu pelukis senior yang ikut aktif mendorong pembentukan organisasi ini.

“Setelah aksi melukis on the spot di hari ulang tahun Kota Tangerang Selatan dan rutin melukis on the spot di Taman Kota hari Sabtu dan Minggu, dukungan terhadap komunitas ini mulai bermunculan. Banyak pelukis baru menyatakan ikut bergabung di organisasi ini. Di samping itu, banyak masuk tawaran kerja sama, dan banyak dapat liputan media. Saat ini Brush Stroke Community juga telah didirikan di Bogor, Bekasi dan Bandung”, jelas Ario Respati pada Depoedu.com.

Dengan geliat ini, Brush Stroke Community sebagai organisasi baru  mudah-mudahan semakin luas dikenal, semakin mendapatkan dukungan, baik dari masyarakat,  dari pemerintah, maupun pengusaha. Dukungan dari pemerintah yang paling diharapkan adalah dibangunnya sanggar seni sebagai tempat berkarya sekaligus tempat pameran hasil karya. (Oleh: Sipri  Peren)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of