1001 Buku untuk NTT

Aksi Sosial
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Kabar baik kembali datang dari Komunitas Keluarga NTT-Bandung. Sejalan dengan gairah dan perhatian besar yang ditujukan pada bidang pendidikan, organisasi yang didirikan Oktober tahun lalu ini tengah mengumpulkan donasi berupa buku untuk disalurkan ke sekolah-sekolah dan taman bacaan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain buku, Komunitas Keluarga NTT-Bandung juga menerima sumbangan dalam bentuk uang untuk menunjang keperluan operasional.

Sejak diumumkan melalui media sosial pada tanggal 5 Februari, aksi bertajuk “1001 Buku untuk NTT” ini langsung mendapat sambutan positif dari masyarakat Bandung dan sekitarnya. Dalam waktu tiga hari saja, telah terkumpul lebih dari 500 buku yang disumbangkan atas nama pribadi maupun instansi. Aksi ini merupakan realisasi pertama dari program yang dicanangkan berkelanjutan, dimana pengiriman buku akan dilakukan tanggal 17 setiap bulannya.

Menurut Ketua Divisi Eksternal Komunitas Keluarga NTT-Bandung, Firhan Adi Suwares, alasan dipilihnya program ini adalah sulitnya akses menuju buku-buku bermutu di NTT, khususnya di kampung-kampung yang jauh dari perkotaan. Ia juga menyoroti fungsi buku yang tidak tergantikan dalam kegiatan belajar-mengajar, sehingga kekurangan buku menjadi masalah yang sangat mendesak untuk ditangani. Itulah sebabnya Firhan dan rekan-rekannya mendahulukan program pengumpulan buku ketimbang perlengkapan sekolah lainnya, seperti seragam atau alat tulis.
Firhan menilai, hingga saat ini masih banyak masyarakat NTT yang belum sadar akan pentingnya pendidikan. Untuk itu, program ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat NTT untuk terus belajar, serta dapat memberi kontribusi terhadap kemajuan pendidikan di NTT secara keseluruhan. Mahasiswa jurusan Teknik Industri Universitas Islam Bandung ini juga mengungkapkan harapannya agar program ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia, khususnya di Bandung dan sekitarnya, terhadap masalah kesenjangan yang terjadi di wilayah-wilayah Indonesia bagian Timur, termasuk NTT.

1001 Buku untuk NTT membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi eduers yang ingin membuat perbedaan melalui tindakan kecil yang berdampak nyata. Untuk berpartisipasi, Komunitas Keluarga NTT-Bandung dapat dihubungi melalui berbagai platform media sosial yang tersedia, atau sekretariat yang berlokasi di daerah Tamansari, Bandung (informasi selengkapnya tertera di poster). Jenis buku yang disarankan adalah buku pelajaran, buku pengetahuan, dan buku cerita anak-anak. (Ignatius Samon)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of