Untuk Murid SMA dan SMK Berprestasi, Beasiswa BCA Tahun 2025 Dibuka Kembali

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Bank Central Asia (BCA) membuka kembali kesempatan bagi lulusan SMA dan SMK berprestasi untuk mengikuti seleksi Program Beasiswa BCA. Seperti seleksi tahun 2024. Ada dua program yang dibuka yakni Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP), dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI).

Keunikan beasiswa ini adalah menyediakan kesempatan kerja bagi lulusannya, sesuai dengan kebutuhan perusahaan, meskipun bukan merupakan program dengan ikatan dinas. Selain itu beasiswa ini juga menyediakan biaya pendidikan dan uang saku bagi para penerima, sejak dari mereka dinyatakan diterima, sebelum tahun kuliah dimulai. 

Selain menyediakan biaya pendidikan dan uang saku, pada saat tahun kuliah berlangsung, BCA menyediakan asrama bagi peserta yang jauh dari orang tua. Sedangkan bagi mereka yang memerlukan transportasi untuk menjangkau kampus, disediakan shuttle bus oleh BCA. Pada hari kuliah disediakan juga makan siang bagi para peserta. 

Semua keunikan tersebut akan diterima oleh peserta program selama 2,5 tahun. Para peserta juga memperoleh buku pelajaran secara gratis selama program tersebut berjalan bagi semua peserta. Bagi penerima beasiswa PPTI menerima laptop khusus untuk menunjang prosess belajar yang akan mereka tempuh. 

Seperti dilansir pada laman resmi BCA kedua program beasiswa ini masing-masing memiliki persyaratan sendiri-sendiri. Berikut persyaratan-persyaratan tersebut:

Baca juga : Mengapa Peringkat Literasi Kita Nyungsep?

Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan

Untuk dapat mengikuti program ini, calon peserta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:  

  1. Warga negara Indonesia
  2. Murid kelas XII SMA atau SMK atau lulusan SMA/SMK
  3. Usia maksimum 19 tahun pada saat mendaftar. 
  4. Rata-rata nilai raport kelas X, XI dan kelas XII minimal 7,50 (SMA IPA, IPS) atau nilai produktif kelas X, XI, dan kelas XII (khusus SMK) minimal 7,50
  5. Tidak pernah tinggal kelas selama menempuh pendidikan dari SD, SMP, SMA/SMK
  6. Tidak pernah terlibat masalah terkait narkoba dan pelanggaran hukum lainnya.  
  7. Lulus dalam seluruh rangkaian proses seleksi yang diselenggarakan oleh BCA.
  8. Memiliki keinginan untuk terus belajar dan berprestasi, mudah beradaptasi, terhadap hal yang baru dan menyukai tantangan

Program Pendidikan Teknik Informatika

Untuk dapat mengikuti program ini, para peserta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Murid kelas XII atau lulusan SMA jurusan IPA/ SMK jurusan yang berkaitan dengan Teknik Informatika.
  3. Usia maksimum 19 tahun pada saat mendaftar
  4. Rata-rata nilai raport kelas X, XI dan kelas XII minimal 7.50
  5. Rata-rata nilai Matematika kelas X, XI dan kelas XII SMA IPA atau nilai produktif kelas X, XI dan kelas XII, SMK khusus Teknik Informatika minimal 7,50. 
  6. Tidak pernah tinggal kelas di SD, SMP, SMA/SMK
  7. Tidak pernah terlibat masalah narkoba dan pelanggaran hukum lainnya. 
  8. Lulus dalam seluruh rangkaian proses seleksi yang diselenggarakan oleh BCA
  9. Memiliki keinginan untuk terus belajar dan berprestasi, mudah beradaptasi, terhadap hal yang baru, dan menyukai tantangan. 

Baca juga : Langkah Ini Yang Dilakukan China Di Bidang Pendidikan, Untuk Menghadapi Perkembangan Artificial Intelligence

Pendaftaran akan dibuka secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 1 April-13 September 2024. Untuk melakukan pendaftaran, para peminat cukup mengakses website BCA https://karir.bca.co.id/beasiswa-bca. Pendaftar hanya boleh memilih salah satu dari dua program yang tersedia sesuai dengan minat. 

Setelah mendaftar, proses seleksi yang akan dilalui adalah seleksi administrasi, tes online, psikotes online, wawancara, dan tes kesehatan. Ayo para peminat beasiswa BCA, tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu sekarang juga. 

Foto: Tribunnewsmaker.com

5 2 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments