HSPP Tarakanita Bengkulu “Membuat Sabun Eco Enzyme”

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Hari Studi Pembantu Pelaksana (HSPP), sebuah ajang berbagi ilmu dan praktik bersama bagi karyawan Yayasan Tarakanita Bengkulu, khususnya fungsi Pembantu Pelaksana, telah berjalan rutin sejak masa pandemi.

Mengawali tahun ajaran baru, HSPP dilaksanakan bulan ini, pada tanggal 12 Agustus 2023 lalu dengan mengusung judul “Praktik Bersama Pembuatan Sabun Eco Enzyme”, melanjutkan pengetahuan mengenai eco enzyme yang telah diperoleh dalam HSPP sebelumnya.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 – 11.00 bertempat di Laboratorium IPA SMP Sint Carolus Tarakanita Bengkulu. Kegiatan HSPP kali ini diikuti oleh 12 karyawan dari TK hingga kantor wilayah.

Bapak Antonius Teguh Sunaryo, selaku moderator membuka kegiatan dengan doa dan pengantar, dilanjutkan pemaparan oleh Bapak Lukas Daswanto sebagai narasumber. Keduanya merupakan karyawan kantor wilayah Yayasan Tarakanita Bengkulu.

Baca juga : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMA Sint Carolus Bengkulu: Inovasi Pembuatan Eco Enzyme, Pupuk Cair, Dan Kompos Ramah Lingkungan

Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk mengetahui dan memahami manfaat lain dari Eco Enzyme yaitu sebagai bahan dasar pembuatan sabun, mempelajari cara membuat sabun Eco Enzyme serta membudayanya pemakaian Eco Enzyme dalam kehidupan sehari-hari.

Mengawali pemaparan materi, Pak Lukas menyampaikan tujuan dan berbagai manfaat Eco Enzyme, dilanjutkan dengan menyiapkan peralatan yang digunakan dalam pembuatan sabun Eco Enzyme, yakni teko takar, centong kayu, pengocok telur, hand mixer, mangkuk, timbangan digital, dan cetakan sabun.

Selain peralatan, yang paling utama dalam pembuatan sabun ini adalah cairan Eco Enzyme, sedangkan bahan tambahan lain adalah Virgin Coconut Oli (VCO), NaOH (Soda Api), Essen (aroma) Lemon, dan Foam Booster (pembusa sabun).

Bahan-bahan yang digunakan merupakan hasil belajar dari beberapa sumber (Youtube, Jurnal, dan komunitas Eco Enzyme) dan beberapa kali percobaan sehingga sudah dipastikan berhasil.

Setelah menjelaskan alat dan bahan, para peserta HSPP menyimak video pembuatan sabun Eco Enzyme. Adapun cara pembuatan sabun Eco Enzyme adalah (1) tuang cairan Eco Enzyme ke dalam mangkuk; (2) masukkan soda api (NaOH), diaduk hingga soda api benar-benar larut;

(3) diamkan 5–10 menit agar dingin; (4) Sementara menunggu, masukkan Eco Enzyme ke dalam teko takar; (5) masukkan VCO, aduk hingga tercampur rata; (6) tambahkan aroma lemon dan pembusa sabun (Foam Booster), aduk hingga rata;

(7) masukkan campuran Eco Enzyme 1 + soda api, aduk hingga tercampur rata; (8) tuang larutan ke dalam cetakan sabun; (9) diamkan selama 6 hari untuk mengeluarkan sabun dari cetakan (10) diamkan selama 4 minggu. Setelah itu sabun siap untuk dipakai.

Baca juga : Frans Berek Menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Dari Presiden Jokowi

Setelah pemaparan disampaikan, peserta HSPP melakukan praktik bersama membuat sabun Eco Enzyme, dibagi dalam 3 kelompok. Setelah praktik selesai, hasil dari setiap kelompok di-review bersama.

Pak Lukas memberi penekanan dan trik supaya menghasilkan sabun yang bagus, yakni ketepatan ukuran dan pengadukan bahan. Kegiatan ditutup dengan doa oleh moderator.

Semoga kegiatan HSPP ini semakin menginspirasi karyawan, khususnya Pembantu Pelaksana untuk memanfaatkan Eco Enzyme dalam kehidupan sehari-hari dan membagikan berbagi ilmu kepada sesama.

5 2 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments