Frans Berek Menerima Tanda Kehormatan Satyalancana dari Presiden Jokowi

Tokoh
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Frans Berek, Kepala SMPK St. Isidorus Lewotala, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur, yang juga adalah Pembina Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Flores Timur, menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Joko Widodo.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia tanggal 15 Desember 2022. Penghargaan ini biasanya diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan pada Pancasila dan UUD 1945, negara dan pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin dalam jangka waktu paling singkat 10 (sepuluh) tahun.

Satyalancana Karya Satya X tahun yang diterima oleh Frans Berek adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor: 115/ TK/ 2022.

Satyalancana ini diberikan dengan tujuan untuk menghargai jasa-jasa serta sebagai pendorong untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja sehingga dapat dijadikan teladan bagi Pegawai Negeri Sipil yang lain.

Baca juga : Minat Baca Masyarakat Indonesia Hanya 0.001 Persen

Frans Berek, yang dihubungi Depoedu.com via whatsaap membenarkan adanya penerimaan anugerah ini. Ini adalah penghargaan tahunan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia, kepada mereka yang memenuhi persyaratan, menjelang ulang tahun Kemerdekaan.

Ketika ditanya faktor apa yang membuatnya bisa menerima anugerah ini, Frans Berek, dengan ikon senyum, mengatakan, “Sepertinya pengabdian, kerja keras, kerja tulus, dan kerja ikhlas, adalah cara terbaik mendapatkan anugerah ini”.

Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya adalah bukti pengabdian Frans Berek pada dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya, dan pendidikan di Flores Timur pada khususnya.

Mantan Ketua IGI Flores Timur ini adalah salah seorang guru yang aktif mendorong transformasi pendidikan di Kabupaten Flores Timur, khususnya dalam hal digitalisasi pendidikan.

Pada masa pandemi covid 19, Frans Berek dan tim IGI Flores Timur terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong pembelajaran online agar proses belajar mengajar terus berlangsung, meskipun berbagai kendala menghadang.

Sejak tahun 2021, Frans Berek terlibat aktif di Program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik atau Mentor Guru Pengerak. Sejak tahun 2022 ia diangkat menjadi Fasilisator Guru Penggerak sekaligus sebagai Kepala Sekolah Penggerak.

Sedangkan sekolah yang ia pimpin, SMPK Isidorus Lewotala, saat ini, menjadi satu-satunya sekolah swasta di Kabupaten Flores Timur yang ditetapkan pemerintah sebagai Sekolah Penggerak.

Baca juga : SMA Stella Duce 1 Dan 2 Yogyakarta Menjalin Kerjasama Dengan Himeji International School Jepang Dalam Program Beasiswa

Di organisasi profesi, Frans Berek aktif di Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan merintis berdirinya IGI Flores Timur, serta menjadi ketua IGI Flores Timur yang pertama. Ia kemudian melepas jabatan tersebut karena terpilih menjadi salah satu ketua dalam struktur kepemimpinan IGI Pusat.

Saai ini di IGI Pusat Frans Berek menjabat sebagai Ketua Bidang Keanggotaan dengan tugas pokoknya adalah menyelenggarakan program-program terkait keanggotaan IGI di seluruh Indonesia.

Itulah kiprah Frans Berek di dunia pendidikan yang membuatnya layak memperoleh  Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Sapta. Proficiat untuk Frans Berek, semoga tetap semangat untuk mengabdi lebih hebat di masa yang akan datang. 

4.1 10 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments