Ini Tanda-tanda yang Terlihat Ketika Kamu Bahagia! Ada berapa yang ada Padamu?

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Banyak orang berkata bahwa kebahagiaan itu abstrak. Kebahagiaan itu ukurannya tidak sama. Semua orang memiliki ukurannya sendiri-sendiri. Ada pula yang mengatakan bahwa kebahagiaan itu tidak mudah dijelaskan dengan kata-kata. Pun bahwa kebahagiaan itu adalah pilihan.

Jadi baik, karena alasan itulah kita memberi definisi yang abstrak pula. Kebahagiaan bisa didefinisikan sebagai suatu keadaan di dalam pikiran yang berisi kesenangan, kepuasan, cinta, kenikmatan atau kegembiraan yang intens yang bisa dirasakan secara jasmani, emosional, sosial, dan psikologis.

Suatu kondisi intens yang demikian ini tidak mudah teralihkan oleh apapun. Pun tidak mudah dikacaukan oleh siapapun. Benar bahwa gambaran tentang kebahagiaan memang abstrak.

Jika kebahagiaan itu sangat abstrak, sulit didefinisikan, lalu buat apa kita masih membaca tulisan-tulisan yang mencoba menguraikan kebahagiaan (seperti tulisan ini)? Apakah setelah  membaca  kita bisa merasa bahagia?

Ada yang bilang kebahagiaan bisa diukur. Walaupun sangat subjektif, tergantung masing-masing orang, namun konon katanya, kebahagiaan bisa diukur.

Tidak ada alat ukur pasti untuk mengukur kebahagiaan seseorang. Karena itu alat ukur kebahagiaan tidak bisa dikalibrasi. Walaupun demikian beberapa ukuran umum ini barangkali bisa membantu kita untuk memeriksa seberapa besar kebahagiaan kita.

Pertama; Skala subjektif, yang berisi pertanyaan langsung kepada seseorang untuk mengukur kebahagiaannya secara umum. “Apakah kamu bahagia?’ kira-kira demikian pertanyaannya.

Baca juga : Efek Samping AI: Dari Etika Hingga Kejahatan

Kedua: kesejahteraan emosional, merupakan evaluasi terhadap perasaan. Apakah perasaan kita hari ini; negatif atau positif.

Ketiga; kepuasan hidup. Hal yang ingin diketahui lewat ukuran ini adalah mengenai aspek-aspek kehidupan, seperti pekerjaan, relasi dengan sesama, tentang kesehatan jiwa dan raga, serta aspek finansial.

Berikutnya, keempat, hubungan sosial: adalah dengan melihat seberapa dalam hubungan interpersonal serta dukungan sosial yang diterimanya dari orang lain.

Lima: aspek makna dan tujuan hidup yang merupakan persepsi individu mengenai tujuan hidup, pengalaman berarti serta seberapa besar kontribusi kepada dunia.

Keenam: kesehatan badan dan jiwa yang menguji tingkatan kesehatan fisik maupun kesehatan mental individu.

Ketujuh: keseimbangan hidup. Ukuran ini untuk menggambarkan keseimbangan antara pekerjaan, penggunaan waktu luang.

Kedelapan: keterlibatan dan pencapaian. Untuk mengukur sejauh mana seseorang terlibat dalam berbagai aktivitas bermakna, dan berupaya sebagai media belajar untuk memicu bakat bakat yang baru. Termasuk di dalamnya pencapaian terhadap tujuan hidup.

Pertanyaan terakhir adalah, bagaimana melihat dengan mata telanjang seseorang yang boleh dikatakan sedang bahagia?

Baca juga : Mengenal Tujuh Kampus Terbaik Di Asia 2023

Dalam sebuah kesempatan misa hari Minggu, seorang romo, pastor tamu yang membantu tugas di gereja kami mengungkapkan mengenai tanda-tanda seorang bahagia dari apa yang ditampilkannya.

Pertama: Orang yang menggemuk secara perlahan-lahan. Jadi ciri pertama adalah jika seseorang menggemuk perlahan-lahan tahun demi tahun.

Ciri kedua: selalu bertemu teman. Ciri orang bahagia berikutnya adalah memiliki banyak teman, sehingga di manapun dia berada, dalam momen apapun, di banyak tempat dia selalu bertemu dengan teman-teman baiknya.

Ciri ketiga: gampang tertidur. Orang yang gampang tertidur bisa dibilang sebagai orang yang bahagia. Tidak peduli di manapun, atau dalam momen apapun dapat tertidur tanpa kesulitan.

Dan yang terakhir, keempat: tertawa lepas. Ciri orang bahagia berikutnya adalah selalu tertawa lepas untuk hal-hal yang patut ditertawakan.

Bukan tertawa sinis, tertawa sembunyi-sembunyi, tertawa di dalam hati, apalagi tertawa-tertawa sendiri. Jika tertawa sendiri, apalagi tidak tampak seseorang atau sesuatu yang patut ditertawakan, itu bukan ciri bahagia, tapi gangguan.

Jadi Eduers, dari keempat ciri tersebut seberapa sering kamu mengalami salah satunya?

Foto:Pexels

Tulisan ini pernah ditayangkan di eposdigi.com; ditayangkan kembali dengan seizin penulis.

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Ini Tanda-Tanda Yang Terlihat Ketika Kamu Bahagia! Ada Berapa Yang Ada Padamu? […]