Teknik Informatika ITS Jadi Jurusan yang Banyak Diminati Mahasiswa

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjadi salah satu perguruan tinggi favorit pada pelaksanaan SBMPTN 2021. Dari beragam jurusan di ITS, Terdapat satu jurusan yang paling banyak diminati oleh peserta ITS yaitu Departemen Teknik Informatika.

Menurut Direktur Pendidikan ITS, Siti Machmudah, program studi di ITS yang paling bayak diminati dalam SBMPTN 2021 adalah Departemen Teknik Informatika. Hal ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Departemen Teknik Informatika masih kembali menjadi yang favorit pada SBMPTN 2021,” ungkap Siti dalm laman resmi ITS dikutip depoedu.com, Selasa (22/6/2021).

Selain jurusan dengan peminat terbanyak, Departemen Teknik Informatika juga menjadi jurusan dengan penerima mahasiswa terbanyak di jalur SBMPTN 2021, yakni sebanyak 95 orang. Kemudian disusul oleh Teknik Elektro yang menerima sebanyak 85 orang sebagai calon mahasiswa.

Baca Juga : Rektor UNIKA Santo Paulus Ruteng: Adaptif Dengan Transformasi Teknologi

“Teknik Mesin sebanyak 81 calon mahasiswa baru,” sambung dia.

Tercatat, sebanyak 16 ribu peserta memilih ITS sebagai PTN pilihannya di SBMPTN 2021. Namun, tahun ini ITS hanya menerima 1.899 sebagai calon mahasiswa baru yang didominasi oleh daerah asal Provinsi Jawa Timur pada jalur SBMPTN 2021.

Machmudah juga mengungkapkan bahwa jumlah pendaftar yang diterima pada jalur SBMPTN 2021 tahun ini mengalami kenaikan sebesar 243 peserta. Sebab Fakultas Vokasi mulai tahun ini masuk dalam salah satu pilihan SBMPTN 2021.

Pada jalur SBMPTN 2021 kemarin, ITS juga menorehkan prestasi. ITS menduduki posisi ke-7 terbaik dalam kategori rata-rata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi kelompok saintek dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia.

Baca Juga : Mencermati Fenomena Munculnya Program Studi Baru Di Tahun Kuliah 2020-2021

Sementara itu, untuk rata-rata nilai UTBK program studi sosial humaniora (soshum), ITS menempati peringkat ke-6 nasional. Hal ini diakui Machmudah sebagai hal positif dari masuknya ITS ke dalam jajaran 10 besar PTN nasional.

Sebagai penutup, Direktur Pendidikan ITS ini berharap bahwa semua calon mahasiswa baru yang diterima pada seleksi kemarin dapat memanfaatkan waktunya dengan baik selama berkuliah di ITS.

“Harapannya, setelah diterima di kampus ITS mahasiswa dapat lancar dalam studinya di ITS dan dapat lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan,” tutup Machmudah yang juga seorang dosen Departemen Teknik Kimia ITS tersebut.

Foto : quiper.com

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments