Dua Guru Flores Timur Menerima ‘Anugerah Guru Indonesia’ 2019

Event
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Anugerah Guru Indonesia (AGI) adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI). AGI adalah bentuk apresiasi kepada figur-figur pendidik kreatif yang selalu meng-upgrade diri dengan metode pengajaran yang bervariasi. Kreativitas pengajaran dengan melibatkan  berbagai perangkat teknologi modern.

Hari ini, para guru, termasuk yang mengajar  di pelosok manapun di Indonesia diharuskan melek teknologi. Hal ini sudah tidak terhindarkan, mengingat kita tengah berada pada  era revolusi  Industri 4.0. Sebuah Era yang ditandai dengan digitalisasi dan integrasi di segala dimensi kehidupan, termasuk dunia pendidikan.

Tahun 2019 ini, IGI bekerjasama dengan salah satu perusahaan raksasa elektronik memberikan anugerah bergengsi ini kepada guru dari 34 propinsi di Indonesia. Para guru ini dianggap telah membuktikan kiprahnya dan menjadi teladan dalam meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menyongsong Indonesia Emas. Mereka dinilai telah menerapkan cara belajar era revolusi industri 4.0.

Sungguh membanggakan bahwa Kabupaten Flores Timur, di tengah berbagai keterbatasan, mewakilkan dua orang guru terbaiknya. Bersama dengan 115 guru lain dari seluruh Indonesia, mereka menerima Anugerah Guru Indonesia.

Adalah Emanuel Fernandez Numba, S.T.  Sarjana Teknik Elektro dari ITN Malang ini, kesehariannya mengampu mata pelajaran Teknik Informasi Komputer (TIK) serta mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU). Suami dari Netty Silalahi ini mengajar di SMA Swasta Katolik Frateran Podor – Larantuka. Selain sebagai pengajar, guru kelahiran 14 Maret 1976 ini juga dipercaya sebagai penanggungjawab laboratorium multimedia dan sebagai helpdesk UNBK di Kabupaten Flores Timur.

Guru lainnya yang menerima AGI – 2019 bersama Emanuel Fernandez  adalah Fransiskus Xaverius Berek. M.Pd. Guru mata pelajaran IPA kelahiran 16 Februari 1984 ini mengajar di SMP Negeri 1 Titehena. Ayah dari Yosep dan William ini, juga menjabat sebagai Kepala Urusan Kurikulum di sekolahnya.

Dalam bidang organisasi, guru yang mengajar sejak tahun 2006, dan suami dari Maria Fatima Nogo Openg ini, dipercaya menjadi Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Flores Timur.

Acara penerimaan  Anugerah Guru Indonesia ini sedianya akan berlangsung pada Jumat, 20 September 2019, bertempat di Area Pameran dan Konferensi Pendidikan Internasional, Global Educational Supplies & Solution (GESS) di Jakarta Convention Center – Jakarta.

Kita tentu berharap, Anugerah Guru Indonesia 2019 ini memberikan motivasi bagi para guru lain untuk tetap belajar meng-upgrade diri. Sehingga pada gilirannya memberikan yang terbaik bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

*Penulis adalah Sekertaris Ikatan Guru Indonesia Flores Timur.

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
David Krisifu
David Krisifu
4 years ago

selamat dan sukses

trackback

[…] Baca Juga : Dua Guru Flores Timur Menerima ‘Anugerah Guru Indonesia’ 2019 […]