Lima Universitas Swasta Termahal di Indonesia dan Aneka Fasilitas yang Disediakan

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu-com.Saat ini, meskipun tahun kuliah 2021/2022 baru dimulai, namun perguruan tinggi swasta, terutama di pulau Jawa, sudah mulai melakukan proses rekrutmen mahasiswa baru, untuk tahun ajaran 2022/2023.

Masyarakat, terutama calon mahasiswa baru dan orang tua/wali, sudah mulai harus mengolek berbagai informasi dalam rangka mengambil keputusan memasuki universitas yang mana.

Masyarakat membutuhkan informasi tentang mutu perguruan tinggi, status akreditas, fasilitas fisik yang disediakan, aneka jenis kegiatan yang tersedia, kualitas dosen yang mengajar, dan biaya yang dibayar mahasiswa.

Semua itu harus dipertimbangkan dengan matang agar keputusan yang diambil bukan keputusan yang salah. Sumber informasi yang paling mudah diakses adalah publikasi yang dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Baik melalui pamphlet, brosur, maupun melalui website resmi dari perguruan tinggi tersebut. Semakin banyak infomrasi yang dapat diakses dan dipertimbangkan, semakin baik dalam proses pengambilan keputusan tersebut.

Berikut ini lima universitas swasta termahal di Indonesia, berdasarkan rangkuman yang dilansir pada laman detikedu.com. Rangkuman tersebut dibuat berdasarkan sumber informasi yang dirilis oleh masing-masing perguruan tinggi pada websitenya.

Baca Juga : Lima Puluh Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Di Indonesia Versi Webometrics

Daftar tersebut dilengkapi dengan program studi yang ditawarkan, fasilitas yang disediakan, dan daftar biaya yang bakal ditanggung oleh calon mahasiswa untuk menjadi pertimbangan. Berikut daftar tersebut kami sajikan kembali.

Universitas Trisakti

Universitas Trisakti didirikan 1965, dilengkapi dengan berbagai program studi diantaranya; Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Teknologi Kebumian dan Energi.

Fakultas lain yang diselenggarakan adalah Fakultas Ekonomi, Arsitektur Landscape dan Teknologi Lingkungan, Fakultas Seni Rupa dan Disain, Teknik Sipil dan Perencanaan, serta Teknik Industri.

Fasilitas yang disediakan oleh Universitas Trisakti adalah Perpustakaan Kampus, Perpustakaan Fakultas, bahkan Perpustakaan Jurusan. Juga tersedia Laboratorium, Studio, Pusat Penelitian Politeknik, dan lain-lain.

Biaya kuliah di universitas ini terdiri dari sumbangan pengembangan, mulai dari Rp 14 juta hingga Rp 130 juta, sesuai dengan program studi. Di samping itu, biaya kuliah per semester berkisar dari Rp 33,4 juta hingga 332,2 juta, sesuai dengan program studi. Biaya ini terdiri dari biaya pokok semester, biaya tambahan per-SKS, biaya SKS, dan biaya prkatikum.

Hingga lulus, rata-rata mahasiswa Trisakti membutuhkan biaya sebesar 131,3 juta hingga Rp 606 juta. Angka ini menjadikan Universitas Trisaksi salah satu universitas termahal di Indonesia.

Swiss German University

Swiss German University (SGU) adalah salah satu universitas internasional yang didirikan atas kerja sama pihak swasta Indonesia dan pihak Jerman, Swiss, dan Austria. Kampusnya terletak di Tangerang, Banten.

Baca Juga : 12 Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia Menurut Kemenristekdikti Tahun 2019

Mahasiswa SGU mengalami pengalaman magang internasional, karena setelah melewati 3 semester magang di Indonesia, dan semester 6 magang di Jerman, Swiss atau Austria.

Fasilitas yang disediakan oleh SGU adalah Fitness dan Gym, lapangan indoor badminton, tennis, futsal, squash, kolam renang ukuran olympiade, whirpool, tenis meja, dan The Prominence Tower.

Biaya kuliah SGU program S1 per 2021 terdiri dari: confirmation fee sebesar Rp 10 juta, dan development fee Rp 58,5 juta. Setelah itu, mahasiswa harus membayar uang kuliah sebesar Rp 27,5 juta-Rp 30 juta per semester, termasuk jacket kampus, biaya masa orientasi, dan asuransi jiwa.

Khusus mahasiswa double degree program, uang kuliah Rp 65,7 juta-Rp 81,1 juta. Khusus mahasiswa International Culinary Bussiness, double degree program, membayar biaya sebesar Rp 471 juta per semester. Biaya ini mencakup entry visa, asuransi jiwa, biaya pendaftaran ke kampus mitra, cooperation and examination.

Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan (UPH) memiliki berbagai program studi, mulai dari Kedokteran Umum, Arsitektur, Bioteknologi, Matematika Terapan dan Aktuaria, Edukasi, Pengelolaan Perhotelan.

Program studi lain yang dikelola oleh UPH adalah Teknik Industri, Hubungan Internasional, Desain Produk, Industri Perjalanan dan Pariwisata, serta Disain Komunikasi Visual.

UPH dilengkapi dengan Rumah Sakit praktek dan klinik, Hope Counseling and Assesment Centre, gym. kolam renang, lapangan badminton, lapangan sepak bola, lapangan futsal, lapangan basket, dan fasilitas bilyar.

Baca Juga : Webometrics Rilis 10 Universitas Terbaik Di Indonesia

Biaya kuliah untuk program studi S1 terdiri dari biaya kuliah semester pertama Rp 41,6 juta-Rp 171,75 juta, sesuai dengan program studi yang dimasuki. Biaya tersebut sudah mencakup admission fee, credit fee, semester fee, biaya learning facilities, termasuk jacket dan orientasi.

Mahasiswa masih harus membayar di semester 2 dan seterusnya sebesar Rp 12,6 juta-Rp 50,75 juta per semester. Khusus mahasiswa program studi kedokteran, masih harus membayar re-registration fee. Total biaya kuliah di UPH hingga semester akhir berkisar antara Rp 179,95-Rp 697 juta.

President University

President University adalah salah satu universitas di Indonesia yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahannya. Kampusnya berlokasi di Jababeka, Cikarang, Bekasi. Kampus ini memiliki student exchange program dengan 53 universitas mitra di luar negeri.

Fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa di antaranya President Executive Club, Jababeka Golf and Country Club, kolam renang ukuran olympiade, lapangan tennis, sepak bola, dan basket.

Kampus ini juga menyediakan fasilitas auditorium, laboratorium, Jababeka Convention Centre, serta layanan rawat inap dan rawat jalan gratis bagi mahasiswa di medical centre.

Presiden University memiliki program magang kerja 1-2 semester, dan program penempatan kerja yang dikelola internship and career centre.

Biaya kuliah di universitas ini (data tahun 2017), uang kuliah Rp 30 juta-Rp 300 juta persemester, untuk satu masa kuliah hingga 10 semester. Biaya tersebut masih ditambah biaya program matrikulasi dan biaya masa orientasi studi sebesar Rp 5 juta dan uang pembangunan sebesar 10 juta.

Baca Juga : 10 Universitas Swasta Terbaik Indonesia Tahun 2021, Versi QS World University Ranking

Universitas ini juga menyediakan asrama dengan biaya sebesar Rp 5,8 juta persemester atau 16 juta per tahun. Mahasiswa wajib masuk asrama pad atahun pertama. Masih ditambah biaya pelatihan TOEIC sebesar Rp 2,5 juta.

Bina Nusantara University

Setiap tahun universitas ini selalu menempati peringkat terbaik berdasarkan peringkat internasional dari berbagai lembaga peringkat dunia, mulai dari QS WUR University Ranking, Webometric Ranking, The Impact Ranking, hingga The Woorld University Ranking.

Binus University memiliki kampus tersebar di berbagai kota seperti di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Malang.

Fasilitas yang disediakan untuk menunjang studi mahasiswa adalah perpustakaan di dalam dan di luar ruangan, lab resto and kitchen, mocup room seperti kamar hotel JW Marriot untuk jurusan Hotel Management dan layanan karier, relasi alumni, serta pengembangan bisnis.

Biaya kuliah di Binus University terbaru (2022-2023) terdiri dari uang kuliah semester pertama Rp 18.7 juta-Rp 25,2 juta sesuai program studi.

Mahasiswa masih harus membayar biaya lab Rp 1,75 juta-Rp 4,25 juta. Biaya lab tersebut bagi mahasiswa Binus Greater Jakarta, mulai dari semester 1-4. Di samping itu, masih ada biaya sumbangan DP3 sebesar Rp 35 juta-Rp 45 juta pada awal masa kuliah.

Itulah lima universitas swasta termahal di Indonesia berdasarkan informasi pada laman website universitas-universitas tersebut. Informasi selengkapnya dapat dicek langsung pada laman universitas tersebut.

Tentu saja, selain 5 universitas tersebut masih ada sangat banyak uiniversitas swasta di Indonesia dengan program studi, fasilitas dan tawaran biaya yang beragam. Silakan dipertimbangkan dan dipilih sesuai dengan rencana masa depan dan kemampuan masing-masing. Selamat memilih universitas terbaik.

Foto:daftaruniversitasindonesia.web.id

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Lima Universitas Swasta Termahal Di Indonesia Dan Aneka Fasilitas Yang Disediakan […]