Tarakanita: Membidik Mimpi Meraih Prestasi

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Rabu, 10 Maret 2021 Yayasan Tarakanita kembali menyelenggarakan program alumni mengajar bertajuk “Membidik Mimpi Untuk Meraih Prestasi”. Hadir sebagai narasumber Veronica Angelina Windy Hapsari, S.Si, M.M. Putri Pariwisata Indonesia Berbakat 2020, yang juga merupakan alumnus SD Tarakanita 2 dan SMP Tarakanita 1 Jakarta.

Program alumni mengajar kali ini diikuti oleh siswa-siswi SMP Tarakanita se-Indonesia secara virtual dan disiarkan live streaming melalui cannal youtube Sekolah Tarakanita dan Hidup TV. Program dimoderatori oleh Elisabeth Ida Purwanti, M.Pd. yang merupakan guru SMP Tarakanita 1 Jakarta.

“Berserah diri dan percayakan pada Tuhan, maka akan selalu ada jalan” demikian ungkap Vero mengawali sharingnya.

“Bahwa dalam kehidupan terutama dalam membidik mimpi untuk meraih prestasi yang dilakukan dengan berbagai aktivitas dan dalam perjumpaan dengan banyak orang akan menghadapi banyak tantangan dan hambatan, namun ketika kita berserah pada Tuhan maka Tuhan akan buka jalan”, lanjut Vero.

Baca Juga: Hari Studi Guru Tarakanita Wilayah Jakarta: Manajemen Diri Meningkatkan Motivasi Kerja Di Masa Pandemi

Hal yang harus dilakukan agar segala aktivitas dapat berjalan lancar pertama-tama kita harus memiliki passion yang akan membawa kita pada semangat yang menggebu-gebu dan niat yang tulus dalam diri kita.

Niat yang tulus ditambah hati yang murni akan membawa kita pada kebahagiaan dan dengan memancarkan kebahagiaan kita juga memancarkan berkat bagi orang di sekitar kita.

“Setiap orang punya mimpi, maka untuk membidik mimpi kita harus mengenal diri kita dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dengan segala tantangan dan kesempatan yang ada.

Kita juga harus berani melihat mimpi yang terpendam selama ini, apa yang menjadi penghalangnya. Kita harus mulai melangkah step by step, setahap demi setahap secara konsisten dan itu semua didasari dengan KOMITMEN” papar Vero di bagian lain.

Untuk meraih prestasi, menurut Vero ada tiga hal yang harus diperhatikan:

  1. Confidence. Kita harus yakin akan potensi diri sendiri. Percaya diri dalam setiap kesempatan. Kalau diberi dan ada kesempatan ambil saja, karena kesempatan tidak datang dua kali.
  2. Ignorance. Kalau sudah punya mimpi harus fokus. Akan banyak godaan dan tantangan maka harus pasang “kaca mata kuda”. Maju terus!
  3. Consistent. Tulis target dan tulis di jurnal buku. Buat skala prioritas, mana yang pertama dan utama. Melangkah terus dan disiplin. Motivasi datang dari diri sendiri.

“Akan banyak godaan, tantangan, dan saingan. Maka kita harus fokus, harus punya arah, dan komunikasikan pada Tuhan, biarlah yang terjadi kehendak Tuhan” ucap Vero.

Baca Juga: Berbagi Hati: Menjadi Pendamping Di Masa Pandemi

Empat hal yang harus selalu diingat dalam meraih prestasi menurut Vero:

  1. Preparation. Selalu mempersiapkan tugas yang akan datang.
  2. Searching for value. Nikmati prosesnya, bukan perkara hasil.
  3. Time management. Atur jadwal, tulis di jurnal, be on time.
  4. Berpegang pada Allah. Berserah pada kehendak dan rencana Allah, Dia tahu yang terbaik untuk kita.

“Marilah terbang bersama mimpi kita, nikmati prosesnya dan jangan takut bermimpi” ucap Vero mengakhiri sharingnya.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of