Frans Berek Mundur dari Jabatan Ketua IGI Flores Timur

Tokoh
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Di sekitar kita sungguh sangat jarang terjadi ada pejabat atau pimpinan organisasi yang sedang dalam posisi puncak dan kemudian mengundurkan diri. Hal ini mungkin terjadi karena mengundurkan diri dianggap sebagai bentuk kegagalan menjalankan amanat.

Padahal tidak selamanya mengundurkan diri adalah sebuah aib karena kegagalan dalam bertugas. Di lain pihak, bagi banyak orang mendapatkan jabatan merupakan sesuatu anugerah dan patut disyukuri. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan jabatan yang dimilikinya.

Fransiskus Xaverius Berek, M. Pd yang dikenal sebagai Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur periode 2018-2023, pada Jumat (19/02/2021) telah mengundurkan diri. Pengunduran diri ditandai dengan surat yang ditujukan kepada Ketua IGI Wilayah Nusa Tenggara Timur.

Apa gerangan dengan pengunduran diri ini? Apakah tak sanggup lagi menahkodai satu Organisasi Profesi Guru? Mungkinkah ia gagal memimpin IGI Flores Timur selama satu periode?

Baca Juga: PGRI Flores Timur Selenggarakan Webinar Kenaikan Pangkat Guru

Pengunduran diri dari tampuk pimpinan Organisasi Profesi IGI Flores Timur bukan tanpa alasan. Keputusan yang diambil ini terkait dengan aturan organisasi. Sesuai Pasal 20 ayat 6 Anggaran Dasar Ikatan Guru Indonesia, bahwa pengurus pusat tidak boleh merangkap jabatan sebagai pengurus wilayah dan/atau pengurus daerah.

Jelas bahwa pernyataan pengunduran diri dari jabatan Ketua IGI Daerah Flores Timur karena mendapatkan amanah untuk menjadi Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (PP IGI).

Jabatannya tertuang di dalam Surat Keputusan Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia Nomor: 001/KEP/PP.0000/II/2021 tentang Susunan Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia periode 2021-2026.

Baca Juga: Konfercab PGRI Kecamatan Lewolema, Wilem Wajo Masih Dipercayakan Jadi Ketua

Adapun Susunan Pengurus Pusat terdiri dari: Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, Bendahara Umum, 5 Wakil Ketua Umum, 3 Wakil Sekretaris Jenderal, 3 Wakil Bendahara Umum, 3 Direktur Program dan 8 Bidang.

Dari 8 bidang yang ada, Frans Berek dipercayakan sebagai Ketua Bidang Keanggotaan. Patut diacungkan jempol karena satu-satunya Guru Flores Timur yang terpilih mewakili ribuan guru se-NTT untuk berada di jajaran Pengurus IGI Pusat.

Sosok yang dikenal ceria dan murah senyum ini seharusnya masih memimpin IGI Flores Timur hingga berakhir masa jabatan. Namun kepercayaan menjadi Pengurus Pusat pun tak dapat dihindari.

Baca Juga: Depoedu.Com, “Jembatan” Bagi Penulis Dan Pembaca

“Saya mengucapkan terima kasih atas segala sesuatu yang menjadi pengalaman dan pembelajaran berharga selama menjadi pengurus IGI Daerah Flores Timur dan saya tetap siap membantu jika diperlukan”, ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada sesama pengurus dan segenap anggota IGI Flores Timur apabila ada kesalahan atau kekurangan selama menjadi Ketua. “Semoga kita tetap dapat bersinergi untuk IGI yang lebih baik. Sharing and Growing Together”, pesannya.

Banyak agenda yang sudah, sedang dan akan dikerjakan bersama rekan-rekan guru Flores Timur di bidang Pendidikan. Untuk tujuan mulia ini, Beliau juga dipercayakan sebagai Pengurus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Watogokok Larantuka.

Selain itu, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga serta organisasi profesi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Flores Timur.

Sebarkan Artikel Ini:

3
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
2 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
Sipri perenWilly Wekingfrans berek Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
frans berek
Guest
frans berek

Terima kasih banyak untuk semuanya

Willy Weking
Guest
Willy Weking

Selamat menjalankan tugas baru di tingkat nasional buat Pak Frans Berek.

Sipri peren
Guest

Terimakasih Untuk sinergi dengan Depoedu.com dan Eposdigi.com. Mudah mudahan kita bisa terus bersinergi.