Menanamkan Semangat Kewirausahaan pada Peserta Didik

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Sebagai orangtua murid kadang kala kita merasa bingung saat putera puteri kita menyelesaikan jenjang pendidikan menengah atas, yakni SMA atau SMK. Terlebih bila terdapat keterbatasan dan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Dalam kondisi tersebut, pilihan yang terbuka adalah bekerja di sektor swasta atau membuka usaha sendiri dengan keterampilan yang dimiliki. Syaratnya, jenjang pendidikan menengah atas yang dilewati, membekali mereka dengan pengalaman kewirausahaan yang memadai.

Demikian hal yang terjadi di lembaga SMA dan SMK Setia Bhakti yang beralamat di Jalan Kisamaun No 171 Tangerang. Penyelenggaraan pendidikan di kedua unit sekolah tersebut sangat getol menanamkan semangat kewirausahaan.

Baca Juga: Stella Maris Sekolah Penggerak Pendidikan Entrepreneur

Sejak tahun 2016, di Sekolah Setia Bhakti telah ditanamkan semangat untuk berwirausaha. Pernyataan ini disampaikan oleh Serius Zebua, S.Pd, guru pengampu bidang studi Seni Budaya dan Keterampilan di sekolah tersebut. Dengan upaya ini diharapkan, setiap lulusan sudah terampil membuat produk yang telah diajarkan. Produk yang dihasilkan kemudian bisa dijual  dan memperoleh keuntungan.

‘’Mulai tahun 2016 saya mengajarkan kepada mereka tentang cara membuat batik tulis, motif Banten, dengan ciri khas oriental khas cina benteng. Selain itu saya mendorong mereka untuk membuat mozaik, dan aneka kerajinan lain yang bisa dijual untuk mendapatkan uang.

“Pada event-event tertentu yang diselenggarakan sekolah, hasil karya kerajinan tersebut dipamerkan. Para pengunjung maupun konsumen yang membutuhkan, berkesempatan membeli hasil karya yang dipamerkan’”, jelas Serius Zebua kepada Depoedu.

Perguruan Setia Bhakti yang menyelenggarakan pendidikan di SMA dan SMK Setia Bhakti ini, didirikan oleh Perkumpulan Boen Tek Bio, sebuah lembaga sosial dan keagamaan yang kini berusia 108 tahun. Lembaga pendidikan ini memiliki keunggulan yang luar biasa karena sejak usia kelas  sepuluh peserta didik di SMA maupun SMK telah dibekali dengan kewirausahaan. Setelah siswa –siswi menyelesaikan  pendidikan tersebut ia boleh bekerja sendiri  dengan bekal keterampilan wirausaha yang telah diajarkan.

Pernyataan di atas disampaikan oleh Edy Kurniawan, SE, MM, Pelaksana Harian Perguruan Setia Bhakti,  di sela-sela acara Seminar tentang Peran Boen Tek Bio  (BTB)  di Universitas  Buddhi Dharma Tangerang, Sabtu, 21  Desember 2019 lalu. “Di sekolah ini”, lanjut Edy Kurniawan, “mereka telah dibekali cara membuat produk, sampai pada penjualan produk itu”.

Baca Juga: SMA Candle Tree Serpong, Melaunching 2 Buku Bahasa Inggris Karya Murid

‘’Anak–anak yang mengenyam pendidikan di Setia Bhakti pasti mengenal dan mempraktikkan cara membuat batik tulis, khas cina benteng  dengan motif oriental. Maka setiap kali ada kegiatan misalnya hari ulang tahun BTB atau kesempatan lainnya, lembaga ini pasti memamerkan produk-produk yang telah dibuat,’’ jelasnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah memberikan kepercayaan lembaga ini untuk mendidikan putera-puterinya. Dan buktinya banyak lulusan dari lembaga ini yang telah sukses di bidang yang mereka geluti masing-masing.

*Ket Foto : Edy Kurniawan SE, MM saat memberikan keterangan mengenai lembaga pendidikan SMA dan SMK Setia Bhakti

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of