Delapan Hidangan Buka Puasa Sehat di Bulan Ramadhan

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Sebentar lagi Umat Muslim akan memasuki Bulan Ramadhan. Bulan di mana umat Muslim menjalankan ritual puasa selama satu bulan penuh. Setelah seharian berpuasa, tubuh kehilangan energi dan cairan tubuh. Maka saat berbuka, hendaknya berbuka puasa dengan makanan yang sehat dan bergizi, agar energi dan cairan yang hilang tesebut tergantikan, sehingga dapat menjelang hari Lebaran dalam keadaan yang sehat.

Berikut ini, delapan hidangan sehat untuk berbuka puasa :

  1. Hidangan Karbohidrat

Ada beberapa pilihan hidangan karbo seperti nasi merah, nasi jagung, kentang tumbuk, atau nasi goreng quinao yang berserat tinggi. Dianjurkan untuk tidak dimakan dalam jumlah yang banyak dan tidak pada urutan pertama.

  1. Buah Segar

Buah segar dapat jadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa lantaran mudah dicerna oleh usus. Buah yang dianjurkan adalah melon, pisang, dan pepaya. Jenis buah tersebut dapat menjadi pilihan karena kaya serat dan dapat segera mengembalikan energi yang hilang. Pilihan lainnya adalah buah-buah dengan kandungan air tinggi seperti semangka.

  1. Sayur-sayuran Segar

Saat berpuasa, lambung beristirahat, sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim dalam tubuh berkurang. Dalam kondidi itulah diperlukan sayuran, karena sayuran adalah makanan yang mudah dicerna. Jika pada saat buka puasa yang dikonsumsi adalah makanan yang sulit dicerna, maka lambung akan menjadi shock dan tiba-tiba bekerja terlalu keras, setelah seharian beristirahat.

Sayuran yang baik adalah sayuran hijau, karena mengandung banyak nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, dan zat besi, yang sangat berguna bagi tubuh. Sayurannya bisa ditumis, bisa jadi lalapan, dibuat sop, atau direbus.

  1. Madu

Jenis makanan ini sangat kaya manfaat untuk tubuh karena mengandung anti oksidan, vitamin, Kalium, Zat Besi, Magnesium, Sulfur, dan Mangan. Selain kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat, madu dapat melancarkan metabolisme tubuh, mudah diserap, sehingga cepat mengembalikan energi dan stamina yang hilang. Madu juga baik untuk mengatasi gangguan pencernaan pada masa puasa.

  1. Kurma

Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa, dan sukrosa, dengan kandungan kalori yang rendah. Oleh karena itu, kurma dapat dengan seketika mengembalikan energi yang hilang. Sangat dianjurkan agar sebelum menyantap hidangan berbuka yang lain, makan terlebih dahulu 2 atau 3 butir kurma. Kadar gula alami yang rendah pada kurma membuat kurma dianjurkan oleh para ahli gizi untuk menggantikan fungsi takjil yang mengandung gula tinggi, yang tidak baik untuk kesehatan. Daripada takjil, minum air putih saja, karena manis dari takjil sudah digantikan oleh kurma.

  1. Ikan

Agar lengkap unsurnya, hidangan dapat ditambah dengan unsure protein. Ikan dapat menjadi pilihan yang paling bermanfaat karena kandungan proteinnya tinggi. Ikan juga mengandung Omega 3, anti oksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

  1. Telur

     Telur adalah makanan yang mudah disiapkan, juga gampang dicerna tubuh. Di samping itu, kandungan proteinnya sangat tinggi. Dalam satu butir telur terkandung enam gram protein, dan sembilan macam asam amino yang sangat bermanfaat bai tubuh.

  1. Yoghurt

Hidangan yang terakhir adalah yoghurt. Produk susu olahan ini sangat baik menjadi menu berbuka puasa karena nutrisinya sangat bermanfaat, karena mengandung sumber energi, vitamin, dan mineral.                                                                                                                                                                                                                                                      Demikian delapan menu yang bisa dihidangkan, agar Eduers dapat menjalankan Ibadah puasa dengan kesehatan prima, hingga Hari Raya Idul Fitri menjelang. Selamat memasuki Bulan Suci Ramadhan!. (Foto: ruangdakwahislam.blogspot.com).

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments