The Power of Belief

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Manusia memiliki kekuatan dari dalam dirinya yang kerapkali melebihi kemampuannya melakukan sesuatu. Darmadi Darmawangsa dan Imam Munadhi memaparkan beberapa poin penting untuk meraih sukses yang berawal dari keyakinan kita. Hal ini berlaku dalam hal apapun. Silahkan simak dan praktekkan dalam keseharian anda.

The Invisible Power (Kekuatan Yang Tak Terlihat)

Pernahkah anda memikirkan rahasia sesungguhnya dari kesuksesan? Di dunia ini ada banyak orang sukses tetapi mengapa lebih banyak orang yang gagal? Menurut Earl Nightingale (guru motivasi), kunci kesuksesan hanya lima kata saja. Namun kelima kata ini bukan hanya merupakan kunci sukses melainkan bisa juga menjadi kunci kegagalan. Apakah kelima kata kunci tersebut? “We Become What We Think” (Kita akan menjadi seperti apa yang kita pikirkan). Sikap anda sangat bergantung pada keyakinan yang anda miliki. Mary Kay Ash mengatakan “You’ve  Got to Fake It Till You Make It”, anda harus berkeyakinan bahwa hal yang belum terjadi telah terjadi sampai hal itu benar-benar terjadi. Tidak ada keyakinan yang benar ataupun salah, yang ada hanyalah keyakinan yang memberdayakan dan keyakinan yang tidak memberdayakan. Keyakinan yang memberdayakan akan membawa anda ke tangga kesuksesan, pintu-pintu keberhasilan akan terbuka satu demi satu, jika anda berpikir anda bisa maka anda pasti bisa.

Your Beliefs Are The Product Of Your Past Experiences (Keyakinan anda adalah hasil dari pengalaman masa lalu anda)

Keyakinan adalah hal-hal yang terjadi pada masa lalu yang menjadi pengalaman baik atau buruk, dan diyakini masih berlaku sampai saat ini. Periksalah keyakinan-keyakinan anda dan putuskanlah apakah keyakinan itu memberdayakan anda atau sebaliknya mengerdilkan anda. Anda harus menghindari mengonsumsi anggapan-anggapan keliru dalam hidup anda, karena apapun anggapan yang masuk ke dalam otak anda, akan secara otomatis diproses dan disahkan oleh otak menjadi suatu keyakinan.

Mind’s Power (Kekuatan Pikiran)

Kita kadang tidak menyadari betapa hebatnya kekuatan otak kita, sebagian besar manusia belum menggunakan kekuatan yang tersimpan di dalam otaknya secara maksimal. Menurut Dr. William James ”Bahkan manusia yang paling efektif pun baru menggunakan kurang dari 10%  potensi otaknya”.  Otak manusia dapat diibaratkan seperti otot, ia dapat mengembang dan mengerut tergantung pada perlakuan anda terhadapnya. Otak manusia bersifat mekanis, menyimpan sekitar 800 informasi per detik selama rata-rata 75 tahun hidup manusia tanpa pernah merasa lelah. Jangan pernah menyepelekan kemampuan otak anda, berilah dia tugas yang sulit, ia pasti dapat menyelesaikannya. Pikiran manusia diibaratkan seperti tangki bahan bakar mobil, jika kita memasukkan bahan bakar berkualitas tinggi mobil itu akan berjalan optimal. Begitu juga dengan pikiran kita sangat sensitif dengan isinya, maka isilah pikiran anda dengan hal-hal yang positif. Berhati-hatilah dalam menggunakan pikiran anda, karena ia memiliki kekuatan yang luar biasa. Kesuksesan anda berawal dari pikiran anda.

If You Believe You Can, You Can! (Bila anda yakin bahwa anda bisa, anda pasti bisa!)

 “Jika anda yakin bahwa anda bisa, anda pasti bisa!” inilah pernyataan yang dibuat oleh Dr. Danis Waitley. Kebanyakan manusia yang tidak berani mencoba atau ragu-ragu untuk melakukan sesuatu karena bersumber dari kurangnya rasa percaya diri (self-confidence). Pikirkan apa yang terjadi pada diri anda jika anda memiliki rasa percaya diri yang hebat, yang selalu membuat anda berpikir bahwa anda bisa dan selalu mampu melakukan segala sesuatu?  Yang menyebabkan anda tidak takut akan kegagalan? Jika anda melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh orang-orang yang penuh percaya diri, anda juga akan merasakan hal yang sama dan hasil yang sama. Kuncinya jujur pada diri sendiri, menjalani hidup dengan konsisten dengan nilai tertinggi ini akan mengarahkan anda pada keyakinan yang positif, yang bernilai dan berpengaruh besar dalam hidup anda.

Can You Predict Your Future? (Bisakah anda meramalkan masa depan anda?)

Berhati-hatilah terhadap apa yang menjadi keyakinan anda, karena apapun yang anda yakini bisa menjadi kenyataan. Dengan keyakinan positif anda bisa melampaui batasan-batasan yang dibuat manusia, karena batasan tidaklah nyata hanya ada dalam pikiran kita.

Self – Limiting Belief (Keyakinan yang membelenggu diri)

Kita semua sebenarnya sudah “diprogram” dengan batasan-batasan diri kita sendiri, di mana ini mengekang sebagian besar potensi kita. Semua batasan itu tidak nyata, hanya bersemayam dalam pikiran kita, dan semua itu adalah keyakinan yang tidak memberdayakan. Dengan pikiran yang membelenggu dan membatasi pikiran kita, maka kita tidak bisa mencapai hasil yang maksimal, target yang lebih tinggi, ataupun sukses yang lebih besar dalam hidup kita. Kita pun bisa kehilangan peluang untuk

memperoleh penghasilan yang lebih besar dari yang kita capai saat ini, mencapai jenjang karier yang lebih tinggi seperti yang selalu kita impikan, juga untuk mencapai mimpi dan cita-cita kita. Kita memiliki belenggu yang mungkin mengikat kita dari pengalaman-pengalaman kita terdahulu. Sudah saatnya mematahkan belenggu itu untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar lagi.

How High You Jump? (Setinggi apa anda mampu melompat?)

Kebanyakan manusia hidup dengan “membatasi” diri dan tidak pernah mencapai potensi maksimalnya. Mereka menganggap apa yang selama ini dilakukan adalah sesuatu yang telah maksimal yang dapat mereka lakukan. Mereka merasa sudah bekerja maksimal, berpikir maksimal,  mendapat “bayaran”secara maksimal. Padahal selama ini mereka bisa jadi berada dalam “toples” tertutup. Sehebat apapun yang dilakukan, hasilnya hanya sampai tutup toples, celakanya mereka tidak menyadari hal ini. Maka mulai saat ini kuatkan tekad untuk melompat keluar dari toples kehidupan anda.

The Impossible Becomes Possible! (Hal yang tak mungkin menjadi mungkin)

 Jangan batasi diri anda hanya karena orang lain berkata bahwa hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Sebaliknya, tantang diri anda untuk membuktikan kepada mereka, bahwa anda mampu mengubah sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin. Ciptakan keinginan dan kekuatan yang melampaui batasan-batasan yang telah dibuat oleh manusia. Anda tidak perlu menjadi orang paling hebat di atas bumi ini, tetapi anda perlu menanamkan dalam diri anda keinginan dan keyakinan untuk menjadi bagian dari orang-orang yang mau berusaha untuk mencapai prestasi tertinggi di bidang apapun.

Self–Fulfilling Prophecy (Memenuhi harga diri yang selayaknya)

Jika ada pertanyaan, “Berapa sih harga diri anda jika ada seseorang ingin barter seluruh diri anda?”  Mulailah dengan menghitung berapa anda rela untuk “menjual” tangan anda, mata, hidung, telinga, sampai akhirnya seluruh badan anda, berapa harga yang pantas untuk diri anda?  Pada kenyataannya kita lebih sering tidak menghargai nilai diri kita. Kurangnya self confidence dan self-image menyebabkan nilai diri anda sebatas angka yang ada pada slip gaji atau hasil yang  anda bawa pulang setiap bulannya. Jika anda yakin bahwa nilai anda tak ternilai, semestinya anda mampu menghadapi setiap kenyataan apapun dalam hidup ini. Self-image adalah unsur penting dalam meraih sukses. Bawalah self-image yang positif dalam menghadapi tantangan hidup. Ketahuilah bahwa anda adalah yang terbaik, yakinkanlah diri anda.

Building Your Self-esteem (Bangun Kepercayaan diri anda)

Self-esteem dapat diartikan sebagai suatu perasaan di mana seseorang merasa dirinya berharga dan merasa bangga terhadap dirinya. Orang dengan self-esteem yang tinggi mempunyai pandangan yang sangat jelas mengenai tujuan hidup dan jati dirinya. Dr. Joyce Brothers mengungkapkan bahwa self esteem anda menentukan karier yang anda miliki sekarang, penghasilan yang terima saat ini, pasangan hidup yang anda pilih, perlakuan yang diberikan orang kepada anda. Self-esteem seseorang sangatlah dipengaruhi oleh kehidupan masa anak-anaknya. Anak -anak dapat dengan mudah mengasosiasikan diri dengan apa yang sering diucapkan oleh orangtua kepada mereka. Jika orangtua sering memberikan pujian dan kata-kata positif, anak akan tumbuh menjadi orang yang mempunyai rasa percaya diri tinggi. Orang dewasa mampu memilih, menolak, dan menciptakan rasa percaya diri yang ia kehendaki. Pada dasarnya setiap orang mempunyai kapasitas untuk menjadi manusia yang memiliki rasa percaya diri tinggi.(Oleh: F.Prasongko / Foto: sayabelumtahu.blogspot,com)

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: The Power of Belief […]