5 Tips Mahir Berbicara Bahasa Inggris

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

 

Depoedu – Pernah dengar analogi batu dan air? Konon dalam analogi tersebut dikisahkan bahwa batu yang ditetesi air secara konsisten dalam waktu yang lama, meskipun hanya setetes demi setetes, kelak akan pecah jua. Padahal bisa dibayangkan kan betapa kerasnya sebuah batu dan betapa rapuhnya setetes air. Yup, konsistensi dan intensitas memang punya daya yang kuat tak terkira. Kira-kira begitu juga ketika kamu mau belajar bicara bahasa Inggris. Siapa bilang belajar bahasa baru itu mudah dan cepat!? Apalagi bahasa itu bukan bahasa keduamu, tetapi bahasa asing. Tapi ibarat air terhadap batu, kamu tetap bisa mengusahakan hal-hal kecil secara konsisten dan dengan intensitas yang besar maka kelak kamu bisa mahir juga. Berikut kami rangkum 5 tips sederhana tetapi ampuh yang bisa bantu kamu mahir berbicara bahasa Inggris.

1. Sering-seringlah berbicara kepada dirimu sendiri di depan cermin.

Saat kamu ingin belajar bahasa Inggris, bukan tidak mungkin kamu pasti rajin juga mendengarkan orang lain berbicara bahasa tersebut kan. Di masa sekarang hal itu sama sekali tidak sulit. Ada youtube.com, film-film berbahasa Inggris dan juga video-video pendek menarik yang dibawakan dalam bahasa Inggris bertebaran di dunia maya. Tetapi kalau kamu hanya menonton dan mendengarkannya saja, bisa dipastikan kemampuanmu untuk berbicara akan lambat berkembang. Cobalah trik ini, berbicara kepada dirimu sendiri di depan cermin. Pikirkan hal-hal sederhana yang ingin kamu ungkapkan kepada diri sendiri dan berbicaralah. Mungkin tentang bagaimana kamu memulai harimu tadi pagi, siapa saja yang kami temui di sekolah atau kampus atau apa saja yang kamu rencanakan untuk kamu lakukan untuk hari ini. Cukup luangkan waktu lima sampai sepuluh menit saja untuk tips ini setiap hari. Jangan lupa, kamu harus taat melakukannya secara rutin ya.

2. Namai benda-benda di sekitarmu dalam bahasa Inggris.

Untuk menambah kosakata kamu harus rajin mengenal kata-kata baru. Salah satu hal sederhana adalah dengan menamai benda-benda di sekeliling kamu. Kamu bisa memanfaatkan sticky notes atau kerta-kertas bekas yang bisa kamu gunting menjadi kotak-kotak kecil. Tuliskan nama benda yang ada di sekitarmu dalam bahasa Inggris dan tempelkan pada benda tersebut. Cara ini memudahkan kamu mengingat nama-nama benda yang sering kamu lihat dalam bahasa Inggris. Jangan hanya benda-benda di kamarmu saja. Coba juga dengan benda-benda di bagian lain rumah atau kos-an kamu. Jangan lupa kompromikan dengan anggota keluarga lain yang juga menempati rumahmu ya. Siapa tahu mereka juga ingin belajar sama seperti kamu. Pasti lebih seru.

3. Catat common expression dan gunakan dalam sesi berbicara di depan cerminmu.

Dalam belajar bicara bahasa Inggris, bukan hanya kosakata saja yang penting. Tetapi juga English expression yang biasa digunakan. Misalnya, “It’s interesting”“I’m afraid that …”, “In my opinion…”, “It’s better to … “, dan sebagainya. Bagaimana cara mendapatkan contoh-contoh seperti itu? Sekarang banyak sekali website menyedia contoh-contoh seperti itu, salah satunya www.pinterest.com. Kamu tinggal membuat akun di sana dan masukan English sebagai interest-mu. Di sana tersedia banyak informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Catat informasi-informasi kecil itu dan praktekkan dalam sesi berbicara di depan cerminmu.

4. Tiru!

Lafal atau pronunciation dalam proses belajar bahasa Inggris sangat penting. Dan meniru adalah salah satu cara mudah yang efektif. Kamu tidak harus merasa terpaksa dengan mengikuti aksen tertentu seperti American accent atau British accent. Karena dalam bahasa Inggris aksen tidak menjadi penentu apakah seseorang fasih atau tidak, melainkan pelafalan. Maka jangan segan-segan untuk meniru pelafalan yang bisa kamu dengar dan pelajari dari film-film atau video tadi. Cobalah praktekkan dalam sesi bicara di depan cerminmu. Untuk memantau apakah pelavalanmu sudah benar atau masih kurang tepat, tidak masalah jika kamu mau mencoba merekam sesi tersebut. Cara ini baik juga kan biar kamu bisa tahu mana yang sudah tepat dan mana yang masih harus kamu perbaiki.

5. Jangan malu untuk merasa malu.

Hal ini nampak sederhana tetapi bisa jadi hal yang paling susah kita taklukan ketika kita mulai belajar bahasa Inggris atau bahasa lainnya, yakni kita sering malu untuk merasa malu. Sebab rasa malu ada bermacam-macam. Kadang kita malu saat mencoba berbicara di depan orang lain dan mungkin ditertawakan karena pelafalan dan aksen kita masih aneh. Atau mungkin kita juga bisa jadi malu kalau masih harus membuka-buka kamus atau terlihat bingung ketika mendengarkan orang lain menyebutkan kata-kata yang sama sekali baru. Atau bisa jadi (ini pengalaman nyata) kita jadi malu karena grammar kita sanga buruk sampai kalimat yang kita ucapkan malah jadi bermakna aneh bahkan lain sama sekali dari yang kita maksudkan. Satu tips terakhir adalah mengalahkan rasa malu tersebut. Jika kita mau maju, terimalah segala sesuatu termasuk jika kamu harus merasa malu. Jika ditertawakan atau dikoreksi di depan umum terimalah itu sebagai satu lagi hal yang membantumu bisa lancar berbahasa Inggris. Karena dari momen-momen yang membuat malu itu kamu pasti secara otomatis memepelajari hal baru. Tidak semua hal yang menyenangkan pasti berbuah baik, kan. Jadi, jangan menyerah ya.

Sekian lima tips yang bisa kami rangkum buat kamu yang ingin mahir berbicara bahasa Inggris. Sekali lagi tentang analogi air dan batu, tidak ada hal yang mudah dan cepat yang bisa membawa kita kepada sesuatu pencapaian yang maksimal. There is no such an overnight success. Dan juga, it’s intensity not length that matters most. Lebih baik jika kamu konsisten mendengar, membaca, dan praktek bicara bahasa Inggris selama 30 menit sehari selama seminggu misalnya. Daripada masuk kelas bahasa Inggris hanya selama 2 jam dalam seminggu selama sebulan. Terdengar sederhana tetapi hasilnya beda jauh lho.

Semoga bermanfaat ya!

Erlyn Lasar, mahasiswa di Universitas Sanata Dharma Yogya.

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments