Urgensi Beasiswa British Council bagi Perempuan

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Beasiswa dapat diartikan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, penghargaan itu dapat berupa akses tertentu pada suatu instansi atau penghargaan berupa bantuan keungan.

British Council meluncurkan program beasiswa bekerja sama dengan 19 institusi pendidikan Inggris bertujuan untuk mendukung perempuan di negara–negara Amerika, Asia Selatan dan Asia Timur.

British Council mencari perempuan dengan latar belakang di bidang STEM yang mampu mendemonstrasikan kebutuhan mereka akan dukungan finansial dan memiliki harapan untuk memberikan inspirasi bagi generasi perempuan untuk mengembangkan karier di bidang STEM.

STEM singkatan dari Science, Technology, Engineering, and Mathematics, atau dalam Bahasa Indonesia, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika. Istilah STEM merujuk pada pendekatan pendidikan interdisipliner.

British Council adalah salah satu organisasi budaya Inggris yang bergerak di bidang pendidikan. Didirikan pada 1943 dan sudah ada di Indonesia sejak 1948, salah satu pelindungnya adalah Queen Elizabeth II dan ketuanya adalah Lord Kinnock, mantan pemimpin Labour Party.

Baca juga : Tahun 2025, Dunia Memasuki Era Green Jobs. Apa Yang Harus Dilakukan Lembaga Pendidikan Agar, Generasi Muda Siap?

Saat ini British Council beroperasi di 109 negara. Beberapa kegiatannya antara lain: mempublikasikan tentang budaya dan kesempatan belajar di Inggris.

Program beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kesempatan–kesempatan di bidang STEM bagi para perempuan. Menurut data dari UN Scientific Education and Cultural Organization (UNESCO), kurang dari 30% peneliti di dunia adalah perempuan dan hanya 30% dari murid perempuan memilih jurusan terkait STEM di tingkat pendidikan tinggi.

Program British Council Scholarship for Women in STEM ini terbuka bagi para perempuan yang fokus berkarier di bidang sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM).

Uniknya, beasiswa ini tidak memiliki batasan usia dan bahkan memberikan kesempatan pelamar untuk mendaftar lebih dari satu perguruan tinggi. Selain itu, perempuan yang sudah memiliki anak juga tetap bisa mendaftar beasiswa ini. Nantinya, mahasiswa yang lolos akan mendapat dana penuh untuk kuliah gratis dan juga beberapa tunjangan lainnya.

Baca juga : Lintas Jurusan Di Perguruan Tinggi, Perlu Diikuti Di SMA Dengan Kebijakan Ini

Dengan mendapatkan beasiswa ini, diharapkan para perempuan bisa berkontribusi di bidang STEM lebih banyak dari tahun ke tahun.

Cakupan British Council Scholarship for Women in STEM

– Biaya kuliah penuh

– Tunjangan hidup

– Biaya perjalanan

– Biaya visa dan jaminan kesehatan

– Pengembalian dana tes Bahasa Inggris IELTS, jika diperlukan.

Dengan skema beasisswa seperti ini berarti sama dengan studi gratis jika mendapatkan beasiswa ini. Tunggu apa lagi, bagi yang berminat, segera manfaatkan kesempatan ini.

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments