Memulai Mewujudkan Mimpi di SMAK Kolese Santo Yusuf Malang

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Kemarau yang panjang di Kota Malang, yang diwarnai cuaca terik di siang hari dan perubahan cuaca menenjadi sangat dingin di sore hingga pagi hari, tidak menjadi penghalang bagi warga Kosayu, untuk tetap bersemangat menyambut Ekspo Perguruan Tinggi, ke-25 tahun 2023 yang digelar pada tanggal 1 dan 2 September 2023.

Kegiatan ini adalah rangkaian panjang dari sebuah perjalanan sekaligus persaudaraan untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita bagi anak Kosayu. Mengapa dibilang panjang? Karena kegiatan ini telah diawali dengan Ekspo Karier yang tahun ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2023 lalu.

Pada Ekspo Karier Kosayu, para alumni dari berbagai disiplin ilmu dan bidang kerja, yang berdomisili di berbagai negara, hadir secara offline dan online untuk memberikan sharing pengalaman dan wawasan kepada adik-adik yang masih belajar di SMA.

Baca juga : Berlebihan, 19 Murid SMP Dibotaki Gurunya, Karena Tidak Mengenakan Dalaman Jilbab

Pada sessi pleno, hadir sebagai pembicara utama adalah Cece Esther Irawati Setiawan dari Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya, dan Koko David Moeljadi dari Kanda University of International Studies Jepang. Cece dan Koko adalah panggilan untuk semua alumni Kosayu tanpa membedakan umur.

Selain sessi pleno, para siswa juga dikelompokkan berdasarkan pilihan karier yang dicita-citakan, menjadi 48 bidang karier yang disampaikan oleh 109 alumni Kosayu, yang tergabung dalam wadah Persaudaraan Eks Siswa Siswi Kolese Santo Yusup (PEKSY).

Lalu mengapa bisa memunculkan persaudaraan? Karena kegiatan tahunan ini selalu dinanti-nanti oleh para alumni dalam Ekspo Karier dan dinanti-nanti oleh Institusi Perguruan Tinggi yang bermitra dengan SMAK Kolese Santo Yusup Malang dalam Ekspo Perguruan Tinggi.

Bahkan kegiatan ini juga ditunggu-tunggu oleh kebanyakan siswa SMA sekolah lain di Kota Malang untuk hadir dalam Ekspo Perguruan Tinggi di Kosayu. Salah satu alasan mereka hadir di Kosayu adalah karena Ekspo di Kosayu pesertanya selalu paling banyak dan lengkap.

Selain itu hospitality warga Kosayu yang sangat baik menyambut kehadiran para tamu dari luar Kosayu dalam keberagaman persaudaraan.

Secara umum Ekspo Perguruan Tinggi SMAK Kolese Santo Yusup Malang terbagi dalam dua sessi besar, yaitu sessi presentasi dan juga sessi pameran. Semua perencanaan disiapkan secara terpadu oleh panitia yang melibatkan hampir semua guru karyawan di Kosayu.

Baca juga : Prestasi Nasional, Internasional, Diraih Peserta Didik SMP Tarakanita 1 Jakarta

Untuk mendampingi para presenter dari ruang pameran menuju ke ruang presentasi, mereka dibantu para siswa kelas X yang bertugas dalam Liaison Officer. Didukung oleh fasilitas areal sekolah yang sangat luas dan hospitality dari adik-adik Liaison Officer yang sangat bagus, hari pertama Ekspo Perguruan Tinggi berjalan dengan sangat baik.

Pada tahun 2023 ini Ekspo Perguruan Tinggi di Kolese Santo Yusup Malang dihadiri oleh 70 Perguruan Tinggi dan Biro Pendidikan dari dalam dan luar negeri.

Jumlah ini sesuai dengan kapasitas yang disediakan oleh panitia dan hampir setiap tahun selalu penuh diisi oleh para undangan mitra Kosayu. Menariknya tahun ini adalah tahun terakhir bagi SMAK Kosayu mengikuti kurikulum 2013.

Sehingga Ekspo Perguruan Tinggi yang biasanya hanya untuk siswa kelas XII, tetapi kali ini siswa kelas X dan kelas XI yang mengikuti Kurikulum Merdeka juga dilibatkan dalam Ekspo Perguruan Tinggi.

Jadi semua siswa Kosayu yang tahun ini sebanyak 1.174 siswa mendapatkan jadwal dan agenda kegiatan dalam ekspo ini.

Selain kunjungan para siswa dari sekolah lain, para orangtua juga meluangkan waktu datang dari berbagai kota untuk mengikuti Ekspo Perguruan Tinggi ini, sekaligus berdiskusi bersama putra-putrinya, memilih tempat yang sesuai untuk mewujudkan cita-cita masa depannya.

Cita-cita tersebut mulai dibangun dan dirintis di SMAK Kolese Santo Yusup tercinta. Tentu saja hal ini melengkapi persaudaraan dan rasa bangga akan prestasi SMAK Kosayu yang bulan Juli memperoleh Gold Award dalam Singapore Internatioanal Choir Festival 2023 dan juga Finalis DBL East Java Series 2023 di bulan Agustus.

Salam tetap bersemangat

5 2 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments